Makanan Khas Afrika

Afrika tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga dengan makanan khas Afrika yang menggugah selera. Kombinasi unik dari bumbu dan cita rasa alami membuat hidangan-hidangan ini tak terlupakan.

Salah satu hidangan yang populer adalah Jollof Rice, nasi merah yang dimasak dengan saus tomat kaya rasa dan bumbu-bumbu tradisional. Rasanya yang gurih dan aroma yang menggoda membuatnya menjadi favorit di seluruh Afrika Barat.

Tidak ketinggalan, ada pula Injera, sejenis roti asal Ethiopia yang terbuat dari tepung gandum fermentasi. Injera memiliki tekstur yang lembut dan berlapis-lapis, serta memberikan sensasi unik saat disantap bersama hidangan berbumbu seperti Doro Wat (ayam berempah khas Ethiopia).

Lihat juga makanan khas bojonegoro

Selain itu, jangan lewatkan juga Bunny Chow, hidangan khas Afrika Selatan yang terdiri dari roti bundar yang diisi dengan kari daging atau kari sayuran. Rasanya yang kaya dan tekstur roti yang lembut membuatnya menjadi pilihan yang mengenyangkan.

Dalam makanan khas Afrika, Anda juga akan menemukan hidangan panggang yang lezat seperti Suya, daging yang dipanggang dengan rempah-rempah khas Nigeria, dan Braai, metode pemanggangan yang populer di Afrika Selatan.

Jadi, jika Anda ingin menjelajahi kelezatan kuliner Afrika, beranikah mencicipi hidangan-hidangan makanan khas Afrika ini yang kaya akan keunikan dan cita rasa yang tak tertandingi.

 

Makanan Khas Afrika Adalah

Bobotie

Makanan satu ini berasal dari Afrika Selatan, tepatnya dari Tanjung Harapan. Rasanya merupakan perpaduan antara manis dan pedas. Isinya adalah daging sapi cincang, roti dan berbagai biji-bijian yang dipanggang atau dioven.

Bumbunya adalah bumbu kari. Terbuat dari jahe, marjoram dan kulit lemon.ada juga yang menambahkan potongan bawang di dalamnya. Bobotie ini dipanggang dengan buah kismis. Bisa juga dengan pisang, walnut, atau chutney. Di atasnya diletakkan topping krim.

Lihat juga makanan khas arab saudi

Kuliner satu ini konon merupakan resep dari zaman Kolonial Belanda. Nama dalam bahasa Indonesianya adalah botok. Namun di Indonesia biasa menggunakan ikan atau tempe, buka daging.

Kachumbari

Kachumbari merupakan jenis makanan yang serupa salad jika di Indonesia. Jadi seringkali disebut salad khas Afrika. Kachumbari ini terdiri dari campuran tomat segar dengan sayuran kubis dan bawang-bawangan.

Kuliner ini cocok untuk kamu yang sedang program diet. Makanan khas Afrika yang satu ini bisa ditemukan  di Madagaskar, Afrika Timur, dan Great Lakes Africa.

Ayam piri-piri

Ayam piri-piri afrika

Makanan ini disajikan dengan matapa, yaitu sejenis daun singkong yang dimasak dengan saus kacang. Yang lezat adalah paduan bumbu rempahnya yang dicampur dengan parutan kelapa.

Ini merupakan makanan tradisional dengan bumbu dan sajian tradisional pula. Masakan ini adalah salah satu favorit wisatawan yang datang ke Afrika.

Fufu

Fufu adalah fufu makanan khas afrika yang terbuat dari umbi-umbian seperti ubi jalar, singkong, atau kentang. Bisa juga dibuat dengan tepung jagung, gandum, atau tepung pisang. Ubi atau kentang ini ditumbuk hingga lembut. Pas dimakan dengan sup, pasta atau lauk pauk.

Nama fufu ini lebih dikenal di Afrika Barat. Di Nigeria Utara dikenal dengan nama Sakora. Sedangkan jika di Kamerun (Afrika Utara) disebut Couscos. Makanan ini dikenalkan oleh penjajah asal Portugis yang menduduki Afri saat itu.

Fufu mengandung banyak nutrisi di antaranya, protein, lemak, karbohidrat dan kalori. Fuuf bisa menjadi pengganti makan pokok orang Afrika seperti posho, sadza, pap, ugali atau nsima.

Mandazi

Mandasi ini sangat mirip donat jika di Indonesia. Makanan ini berasal dari Afrika Timur. Namun meski demikian bisa dengan mudah ditemukan di seluruh Afrika pada umumnya.

Mandazi terbuat dari campuran air, gula, tepung ragi, dan susu.

Karena termasuk street food yang cukup populer di Afrika, mandazi bisa ditemukan dan dijual di kaki lima. Banyak disajikan dengan varian topping rasa-rasa yang beragam.

Demikian lima jenis makanan khas Afrika yang bisa kamu coba ketika melakukan perjalanan ke benua ini. Benua ini memang benua termiskin di dunia, namun sumber daya alam yang ada sangatlah melimpah. Jadi tidak heran jika makanan-makanan dari sana sangat beragam dan memiliki citarasa yang luar biasa.

Lihat juga makanan khas indonesia

Makanan khas afrika lainnya adalah

Boerewors

Tak heran jika makanan Boerewors Afrika sering menjadi menu utama dalam acara-acara seperti pesta barbekyu atau festival kuliner di Afrika Selatan. Jika Anda memiliki kesempatan, jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan sosis Boerewors yang autentik ini.

Bokkoms

Bokkoms adalah hidangan tradisional yang terkenal di daerah pantai Barat Laut Afrika Selatan. Hidangan ini terdiri dari ikan Capelin yang dikeringkan dan diasap. Ikan-ikan kecil tersebut kemudian diikat dan digantungkan untuk dijemur dan mengalami proses pematangan.

Koeksisters

Koeksisters adalah hidangan manis yang terkenal di Afrika Selatan. Hidangan ini terdiri dari adonan yang digulung, digoreng, dan direndam dalam sirup manis yang kental. Koeksisters memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam.

Puding malva

Jika Anda mengunjungi Afrika Selatan, jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan manis dari Puding Malva ini. Menikmati hidangan penutup yang menggoda seperti ini akan memanjakan selera Anda dan menjadi kenangan tak terlupakan dari perjalanan Anda.

Milktart

Milktart adalah hidangan penutup khas yang terkenal di Afrika Selatan. Hidangan ini terdiri dari kulit pastry yang renyah dan diisi dengan campuran krim susu manis yang lembut. Milktart memiliki tekstur yang lembut dan rasa susu yang kaya.

Afrika dengan berjuta keistimewaannya bisa menjadi destinasi sejarah peradaban dan wisata kuliner yang menarik. Jadi, kamu menyukai makanan khas Afrika yang mana?



Tags: makanan afrika, makanan khas afrika, sebutkan 5 makanan khas negara great asia afrika, https://makananoleholeh com/makanan-khas-afrika/, resep makanan afrika, makanan pokok africa, masakan afrika, sebutkan 5 makanan khas negara yang berada di great asia afrika
Candra

Pecinta Kuliner Indonesia dan Makanan Daerah...