Makanan Khas Banjarnegara

Makanan Khas Banjarnegara

Makanan khas Banjarnegara wajib dicoba ketika singgah di kota ini. Banjarnegara adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Terletak didataran tinggi membuat kabupaten ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata. Tempat wisata yang paling terkenal di daerah ini adalah dataran tinggi Dieng.

Makanan khas Banjarnegara menjadi salah satu yang paling dicari wisatawan. Hal ini dikarenakan beberapa panganan daerah ini sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia.

Lihat juga makanan khas jogja

Sehingga ketika ada kesempatan maka tidak boleh melewatkan mencoba makanan itu di kota asalnya. Biasanya cita rasa yang dihasilkan ketika menikmati makanan langsung di kota asalnya itu lebih nikmat. Beberapa makanan khas itu antara lain:

Makanan Khas Banjarnegara Adalah

Bakso Ketupat

bakso ketupat banjarnegara

Salah satu makanan yang paling banyak dijumpai di indonesia. Bakso sendiri memiliki rasa yang enak gurih dan sedap karena memiliki banyak bumbu yang disajikan dalam kuahnya.

Jenang Salak

Jenang Salak banjarnegara

Salak adalah buah yang cukup digemari oleh masyakarat indonesia, selalin memiliki rasa yang manis ternyata buah ini banyak menjadi olahan sebagai jajanan kekinian. Di banjarnegara sendiri salak dibuat sebagai jenang yang dibungkus kecil-kecil mirip seperti dodol

Buntil Banjarnegara

Buntil Banjarnegara banjarnegara

Buntil adalah salah satu makanan yang menjadi favorite di kota banjarnegara. Makanan ini terbuat dari daun talas yang berisi perutan kepala muda yang telah dibumbui. Rasa yang dihasilkan sendiri cukup enak dan gurih.

Sirup Salak

Sirup Salak banjarnegara

Tidak heran banjarnegara menjadi salah satu kota yang memiliki makanan khas cukup banyak. Satu buah saja disana bisa diolah menjadi beberapa jajanan yang membuat masyarakat menyukainya.

Kerupuk Salak

Kerupuk Salak banjarnegara

Selain menjadi sirup, buah salah juga bisa diolah menjadi kerupuk salah. Hal ini memang menjadi salah satu makanan banjarnegara yang memiliki khas tersendiri. Olahannya sendiri agar kriuk ditambah dengan tepung lalu dicampur dengan bumbu2 yang membuat rasa semakin gurih.

Tempe Mendoan

Bahan makanan yang satu ini bisa dibilang menjadi bahan makanan utama masyarakat Indonesia. Tempe mendhoan menjadi makanan dari banjarnegara yang sudah tersebar hampir ke seluruh Indonesia.

Lihat juga makanan khas jawa tengah

Bahkan makanan ini bisa dibuat di rumah. Menikmati panganan ini paling enak selagi panas. Tambahkan cabe rawit saat menyantapnya maka nikmat Tuhan manalagi yang kau dustakan.

Dawet Ayu

Dawet ayu adalah salah satu jenis minuman Banjarnegara yang penjualannya tersebar diseluruh pulau Jawa. Minuman dengan cita rasa manis dan dingin ini sangat cocok dinikmati saat teriknya matahari siang. Bahkan dibeberapa tempat menjadikan dawet ayu sebagai minuman pelengkap saat perayaan.  Minuman ini bisa ditemui di sepanjang jalan Banjarnegara. Harganya pun relatif murah. Jadi jangan lupa mampir dan nikmati kesegarannya.

Mie Ongklok

Mie ongklok khas Banjarnegara ini paling enak dinikmati saat malam hari sebagai penutup hari yang melelahkan. Makanan ini dibuat dengan cara mengocok mie dengan berbagai macam bumbu special. Sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda dari mie yang lainnya. Menikmati mie ongklok ini paling enak didampingi dengan sate ayam bumbu kacang  yang juga nikmat.

Combro Kalipalet

Panganan ringan yang tak kalah enaknya adalah combro kalipalet. Combro ini biasa dinikmati dipagi hari dengan segelas teh hangat dan cabe rawit sebagai penambah rasa pedas. Cemilan ini terbuat dari olahan singkong yang diisi dengan tumis oncom yang gurih. Ada beberapa desa yang memproduksi combro ini namun yang terkenal adalah desa Kalipalet.

Soto Krandegan

Ingin makanan yang agak berat sedikit maka soto krandegan adalah pilihannya. Soto ini biasanya dijadikan makanan utama saat sarapan pagi. Potongan ketupat disiram dengan kuah kental santan nan gurih lalu ditaburi irisan daging sapi, tauge, bawang  goreng dan daun bawang tentu menggugah selera. Makanan ini bisa ditemui setiap pagi di alun-alun Banjarnegara. Tak perlu khawatir mengantri karena banyaknya penjual soto ini di alun-alun. Harga yang ditawarkan pun relatif murah. Jadi tidak perlu khawatir kantong jebol di pagi hari.

Lihat juga makanan khas wonosobo

Makanan khas Banjarnegara menjadi simbol keberanian warga Banjarnegara pergi merantau. Karena hampir semua makanan khasnya itu bisa ditemui diluar daerah Banjarnegara. Tentu saja yang membawanya pertama kali adalah perantau-perantau daerah ini. Rasanya yang khas dan enak menjadi panganan tersebut diterima baik oleh lidah-lidah masyarakat Indonesia lainnya.

Banjarnegara tak lagi dikenal karena dataran tinggi Dieng-nya saja. Tapi lebih dari itu tanpa disadari makanan yang biasa kita nikmati adalah makanan khas daerah ini. Jadi setelah berlibur menikmati keindahan alamnya jangan lupa mampir menikmati kulinernya yang khas. Kuliner menjadi pengikat kenangan selama liburan di wilayah ini.



Tags: MAKANAN KHAS BANJARNEGARA, khas banjarnegara, 5 makanan khas banjarnegara, makanan khas daerah banjarnegara, oleh oleh banjarnegara, oleh-oleh khas banjarnegara, oleh2 banjarnegara, sate khas banjarnegara
Candra

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita bisa email saya di [email protected]

Leave a Comment