5 Makanan Khas Blora Ini Wajib Dicibo Buat Wisata Kuliner

Posted on

Tidak hanya keindahan wisatanya saja, Makanan Khas Blora pun berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia. Kuliner Blora siap memanjakan lidah Anda dengan cita rasa yang unik. Kualitas rasa dari Blora pun tidak diragukan lagi bukan?

Tidak hanya traveller saja yang menyempatkan waktu untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Namun juga para pecinta kuliner tidak enggan untuk berkunjung ket Blora ini. Berikut beberapa makanan khas Blora yang direkomendasikan Anda.

Makanan khas blora

1. Dumbeg

5 Makanan Khas Blora Ini Wajib Dicibo Buat Wisata Kuliner Makanan

Dumbeg merupakan Makanan Khas Blora yang sangat berbeda dengan makanan tradisional lainnya. Bentuk dari Dumbeg yaitu menyerupai terompet dimana menjadi keunikan dari makanan yang satu ini. Dumbeg selalu ada pada acara-acara tertentu seperti acara sedekah bumi yang dilakukan setahun sekali.

Lihat juga makanan khas jawa tengah

Selain rasa Dumbeg yang begitu lezat, makanan ini juga beraroma begitu harum. Aroma tersebut berasal dari janur yang digunakan untuk membungkus dumbeg ketika dengan dimasak. Bahan dasar dari Dumbeg sendiri yaitu tepung beras, gula pasir atau gula aren dan garam kemudian dililit dengan menggunakan daun lontar sehingga menyerupai terompet.

2. Sate Ayam Blora

5 Makanan Khas Blora Ini Wajib Dicibo Buat Wisata Kuliner Makanan

Siapa yang tidak kenal dengan Soto Ayam Blora yang satu ini? Makanan andalan Blora disajikan dengan bentuk sate yang dipotong kecil-kecil dan kemudian ditusukan. Agar semakin nikmat dan tetap dengan suasana tradisional, penyajian sate ayam yaitu menggunakan pincuk daun jati.

Perbedaan dari sate ayam blora dengan sate ayam daerah lain yaitu bahan dasarnya dan bumbu yang digunakan yaitu khusus dari kuah lodeh dengan rasa yang nikmat. Bahan dasar pembuatan sate ayam yaitu menggunakan daging ayam yang masih muda. Hal tersebut untuk menghindari sate yang bertekstur keras.

3. Soto Kletuk

5 Makanan Khas Blora Ini Wajib Dicibo Buat Wisata Kuliner Makanan

Makanan khas Blora selanjutnya yaitu Soto Kletuk yang berhasil memikat banyak orang. Soto Kletuk menyuguhkan soto ayam dengan kuah bening yang ditemani getuk singkong gurih dengan rasa begitu lezat.

Perbedaan yang begitu jelas yaitu pada kletuk merupakan singkong kukus dipotong kecil-kecil. Singkong tersebut kemudian digoreng hingga kering.

4. Lontong Tahu

5 Makanan Khas Blora Ini Wajib Dicibo Buat Wisata Kuliner Makanan

Lontong tahu juga menjadi salah satu makanan khas yang diburu oleh orang yang berkunjung di Blora. Meskipun anda juga bisa menemukan lontong tahu di kota lain, namun rasa khas dari lontong tentu hanya akan anda dapatkan di Blora saja. Sambal yang digunakan pada lontong tahu yaitu kacang tanah yang digoreng kemudian dibuat menjadi sambal.

Sesuai dengan namanya, lontong tahu terdiri dari lontong dan tahu yang disajikan menjadi satu. Makanan tersebut disajikan dengan kecap manis khas Blora dan cabai yang merupakan olahan sendiri. Lontong asli Blora selalu dikemas menggunakan daun pisang yang berguna untuk menjaga kualitasnya dan mempunyai aroma yang harum.

5. Sate Daging Sapi Blora

5 Makanan Khas Blora Ini Wajib Dicibo Buat Wisata Kuliner Makanan

Sate Daging Sapi Blora yaitu berbahan dasar daging sapi yang disajikan dengan empuk dan dicampur bumbu gulai. Makanan khas ini tentu rasanya lebih unik dan lezat dibandingkan dengan sate sapi di daerah lainnya.

Keunikan pada sate terlihat pada saus yang digunakan pada pada sate. Saus tidak menggunakan kacang tetapi kecap dengan ulekan cabai, merica tomat, ketumbar dan irisan bawang merah yang banyak.

Lihat juga makanan khas kudus

Berbagai Makanan Khas Blora tersebut bisa Anda coba dimana saja, tetapi rasa yang khas hanya akan Anda dapatkan di Blora saja. Jangan lupa mencicipi berbagai makanan khas yang lezat tersebut ketika Anda mengunjungi Blora. Kuliner khas Blora siap memanjakan lidah Anda.

Tags: oleh oleh khas blora

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *