5 Makanan Khas Brazil Yang Paling dicari

Posted on

Makanan khas Brazil mungkin masih tabu dan tidak cocok dengan lidah orang Asia, termasuk Indonesia. Namun tidak ada salahnya mengenal dan kelak mencobanya. Meskipun tidak semua suka dengan makanan khas Negara Sepak Bola ini. Brazil merupakan negara terbesar di Amerika Selatan. Meskipun berada di Benua Amerika, bahasa resmi Brazil adalah Bahasa Portugis. Hal ini dikarenakan Brazil pernah dijajah oleh Negara Portugal.

Brazil merupakan salah satu negara penghasil Acai berry. Yaitu makanan yang sangat digemari di dunia. Brazil dijuluki Negara Sepak Bola karena pernah menjuarai piala dunia sebanyak 5 kali. Brazil merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Sungai amazon yang merupakan sungai terbesar kedua di dunia berada di sana, Berikut 5 hidangan kuliner khas negara Brazil.

Makanan Khas Brazil

1. Moqueca de camarao

5 Makanan Khas Brazil Yang Paling dicari Makanan

Makan ini sejenis gulai atau kari di Indonesia. Namun bereda dengan di Indonesia berisikan daging sapi atau daging ayam. Di Brazil gulai ini menggunakan udang atau ikan jenis ikan laut lainnya. Intinya isi dari moqueca adalah jenis seafood.

Seafood itu dipadukan dengan paprika, dan tomat yang dimasak dalam santan. Bumbunya rempah-rempah, santan kelapa, minyak sawit, potongan tomat, daun ketumbar, dan bawang bombay. Kuah santannya kental dan nikmat.

Lihat juga makanan khas mesir

Ada dua daerah yang mengakui moqueca sebagai makanan khasnya, yaitu Bahia dan Espirito Santo. Baik dan lezat disajikan dengan farofa (tepun ubi kayu goreng), nasi,  dan pirao bubur yang terbuat dari tepung ubi kayu pedas yang dicampur ikan.

2. Pao de Quiejo

5 Makanan Khas Brazil Yang Paling dicari Makanan

Makanan khas Brazil satu ini berupa roti keju panggang berbentuk bulat kecil. Roti ini di dalamnya berisi keju seperti kue nastar atau kue sus di Indonesia. Teksturnya krispi di luar dan kenyal juga lembut di dalam.

Biasanya disebut dengan julukan kue khas Brazil. Pao de Quiejo menjadi makanan ringan untuk camilan populer di Brazil.. Selain itu juga dimakan ketika sarapan.

3. Quindim

5 Makanan Khas Brazil Yang Paling dicari Makanan

Quindim artinya makanan enak diambil dari bahasa Kikongo. Di Brazil makanan ini digunakana sebagai makanan penutup atau makanan pencuci mulut. Teksturnya kenyal dan berwarna kuning keemasan.

Bagian bawah dari quindim dilapisi parutan kelapa. Sedangkan bagian atasnya mengkilap mirip puding. Terbuat dari agar-agar yang dipadukan dengan kuning telur, gula, dan parutan kelapa.

4. Cachaca

5 Makanan Khas Brazil Yang Paling dicari Makanan

Kuliner ini merupakan jenis minuman khas Brazil. Minuman satu ini tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke sana. Cachaca terbuat dari air tebu yang diolah dengan difermentasi.

Minuman ini bisa juga dijadikan campuran caipiranhas, yaitu cooktail nasional Brazil. Tapi jika dicampurkan antara cachaca dengan caipiranhas tidak terlalu nikmat. Cachaca dikenal sebagai oleh-oleh khas Brazil. Biasa diminum saat acara pesta atau siang hari.

5. Acaraje

5 Makanan Khas Brazil Yang Paling dicari Makanan

Acaraje merupakan gorengan dalam bentuk kecil (mini). Ia mirip dengan kanepe yang dibuat dari kacang tolo yang ditumbuk dan dicampur dengan minyak sayur.  Kemudian dicampurkan pula dengan pasta dan bawang Bombay. Setelah itu digoreng.setelah dibentuk tipis-tipis.

Setelah digoreng acaraje diberikan tambahan topping udang kering dan vatapa (campuran kacang mete, adonan udang, roti, diberi bumbu). Bumbu yang digunakan rasanya agak pedas.

Acaraje merupakan salah satu jenis streetfood. Oleh karena itu sangat mudah ditemukan di pinggir jalan. Cocok dimakan ketika panas dengan disiram saus cabe khas Brazil.

Lihat juga makanan khas afrika

Nah, demikian 5 makanan khas Brazil yang semoga bisa menambah wawasan kuliner dunia kamu. Bagi kamu yang suka jalan-jalan ke luar negeri, Brazil bisa jadi destinasi kamu selanjutnya. Jika sudah di sana, jangan lupa mencicipi salah satu jenis kuliner di atas, ya!

Tags: makanan khas brazil

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *