10 Makanan Khas Bugis Yang Enak

Bugis merupakan salah satu wilayah yang menghasilkan beragam makanan khas Bugis dengan rasa nikmat dan lezat. Jika kamu sedang berada di kota Makasar atau memiliki rencana untuk mengunjungi suku Bugis maka jangan lupa untuk menikmati beragam sajian lezatnya. Di Makasar terdapat banyak makanan asli Bugis yang unik-unik sehingga sangat sayang sekali manakala dilewatkan.\

Lihat juga Makanan Khas Makasar Yang Terkenal Enak

Berikut ini sudah kami rangkum beberapa makanan khas Bugis yang bukan hanya terkenal di Indonesia saja melainkan juga sudah terkenal hingga ke penjuru dunia. Berikut uraian lengkapnya hanya di makananoleholeh.com.

Makanan Khas Bugis yang Enak dan Lezat

1. Coto Makasar Bugis

10 Makanan Khas Bugis Yang Enak Makanan

Loading...

Kuliner dari Makasar yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Makasar adalah Coto Makasar. Coto Makasar memiliki nama lain Coto Mangkasara yang merupakan makanan asli dari Suku Bugis Makasar serta sudah dikenal dibeberapa kota besar lainnya.

Coto Makasar merupakan jenis makanan berkuah yang didalamnya terdapat campuran jeroan. Sebelum dihidangkan jeroan sapi direbus terlebih dahulu dengan menggunakan bumbu yang secara khusus sudah diracik. Coto Makasar ini akan disajikan dengan ketupat serta burasa.

Burasa adalah nama makanan khas bugis dan juga Makassar yang dikenal juga dengan sebutan lapat dan lontong bersantan.

Bentuk dari burasa itu sendiri mirip semisal lontong dengan ukuran sedikit pipih dan proses memasaknya dengan cara tersendiri. Kalau kamu ada keinginan untuk mencicipi coto Makassar ini langsung dari tempat asalnya, kamu bisa datang ke warung-warung makan di pinggiran jalan Kota Makassar.

2. Pallu Basa Makanan Khas Bugis

10 Makanan Khas Bugis Yang Enak Makanan

Masih dengan olahan sapi, makanan dari Makasar yang kedua ini menggunakan jeroan dari sapi serta kerbau. Secara sekilas Pallubasa ini memiliki tampilan seperti Coto Makassar akan tetapi ketika dinikmati keduanya ternyata berbeda.

Yang membedakan antara keduanya yaitu terletak pada proses memasak daging serta cara menyajikannya.

Jika Coto Makasar disajikan dengan menggunakan burasa, berbeda dengan Pallu basa yang disajikan dengan menggunakan nasi putih. Makanan satu ini menjadi salah makanan wajib yang harus dicicipi ketika berkunjung ke Makasar.

3. Konro

Konro merupakan hidangan dengan menggunakan iga sapi sebagai bahan dasarnya. Daging sapi tersebut kemudian direbus bersamaan dengan asam jawa, kayu manis serta beberapa jenis bahan lainnya.

Selain itu juga ditambahkan beberapa tumisan seperti pala, merica, kacang merah dan beberapa bahan lainnya yang dituangkan dalam rebusan iga sapi. Konro menghasilkan warna glep yang terbuat dari buah kluwak yang memang memiliki warna hitam.

4. Konro Bakar Makanan Khas Bugis

10 Makanan Khas Bugis Yang Enak Makanan

Konro juga ada yang berbentuk bakar. Jika pada sup konro iga sapinya direbus, berbeda dengan konro bakar yang yang cara penyajiannya dengan cara dibakar kemudian disajikan. Untuk rasanya tidak perlu ditanyakan lagi, konro bakar ini juga memiliki rasa yang tidak kalah lezatnya dengan sup konro.

Tulang yang masih terbungkus tersebut kemudian dihidangkan bersama dengan guyuran bumbu kacang serta kuah sup konro dengan warna kehitaman.

5. Pallumara

10 Makanan Khas Bugis Yang Enak Makanan

Secara sekilas pallumara ini terdengar sama dengan pallubasa. Akan tetapi pallumara menggunakan rempah-rempah sebagai bahan utamanya sehingga akan Nampak perbedaan yang mencolok.

Jika kamu yang baru mendengar namanya, Pallumara ini merupakan jenis makanan berkuah dengan bahan utama berupa daging ikan atau kepala ikan kakap merah besar. Daging ikan tersebut kemudian ditenggelamkan dalam kuah kental.

Makanan satu ini juga cukup unik dimana kuahnya tidak menggunakan santan kelapa melainkan menggunakan kemiri. Tidak hanya itu saja, kuah sup ikan ini juga dibuat bersama dengan campuran rempah sehingga akan menghasilkan cita rasa yang gurih, asam serta pedas.

6. Pallu Kacci Makanan Khas Bugis

10 Makanan Khas Bugis Yang Enak Makanan

Masih dengan nama pallu, dalam Bahasa Indonesia Pallu memiliki makna masak atau masakan sedangkan kacci berarti asam. Dengan ini maka bisa disimpulkan jika pallu kaci ini memiliki artian makanan dengan cita rasa asam. Sajian nikmat dari Makasar ini adalah jenis makanan berkuah seperti sup dan memiliki warna kuah berwarna kuning.

Pallu kacci ini merupakan jenis olahan dengan menggunakan bahan dasar ikan.

Orang Makassar biasanya menggunakan ikan bolu atau di daerah yang lain lebih umum dengan sebutan ikan bandeng. Selain ikan bandeng, ikan cakalang dan tuna juga merupakan ikan yang biasa dipilih untuk memasak makanan khas yang satu ini.

7. Ikan Bakar Khas Makasar

10 Makanan Khas Bugis Yang Enak Makanan

Ikan bakar yang berasal dari Suku Bugis ini sudah terkenal kelezatannya yang mampu menggoyang lidah siapa saja yang mencicipinya. Ikan bakar khas Makasar ini menggunakan ikan laut yang masih segar sebagai bahan utamanya.

Ikan bawal, ikan baronang, ikan papakulu, ikan bandeng serta ikan sukang merupakan jenis ikan yang banyak digunakan. Sebelum dibakar, terlebih dahulu ikan diberikan bumbu ringan seperti garam, kunyit, bawang putih serta jahe.

Cara penyajiannya sama dengan penyajian ikan dibeberapa daerah lain dimana ikan khas Makasar ini dapat dinikmati bersama dengan kecap dan lalapan sayur seperti timun, tomat serta kemangi.

8. Sop Ubi

Setelah ikan bakar maka beralih ke makanan yang berkuah. Makanan berkuah dari Makasar ini adalah Sop Ubi. Hanya di Makasar kamu bisa menjumpai ubi yang digunakan sebagai Sop. Sop ubi merupakan jenis kuliner yang tinggi akan kerbohidrat sehingga siap mengganjal perut kamu.

Sop ubi ini mirip dengan sup pada umumnya dimana terdapat kuah kaldu serta beberapa macam sayuran. Bukan hanya sayuran saja, sop ubi juga diberi beberapa bahan seperti daun bawang, bihun, serta perasan jeruk nipis.

Sop ubi ini memiliki lemak tinggi sehingga diperlukan jeruk nipis untuk menetralisir rasanya.

9. Es Pisang Hijau

Es pisang hijau merupakan jenis minuman yang cukup digemari oleh banyak orang. Es pisang hijau disukai banyak orang bukan karena rasanya saja yang enak melainkan juga tampilannya yang cantik. Bahan utama yang digunakan untuk membuat es pisang ijo yaitu pisang. Pisang yang digunakan merupakan pisang yang masih segar sehingga memberikan warna yang segar.

Setelah pisang sudah dalam keadaan terbungkus adonan, berikutnya sebelum disajikan harus dikukus terlebih dahulu. Penyajian es pisang ijo umumnya dicampur dengan bubur sumsum, es batu, susu kental dan sirup dengan warna merah.

10. Es Palu Butung

10 Makanan Khas Bugis Yang Enak Makanan

Kota Makasar juga memiliki minuman unik yang mirip dengan es pisang hijau, namanya es pallu butung. Es pallu butung ini juga menggunakan pisang sebagai bahan utamanya. Yang membedakan antara es pallu butung dengan es pisang hijau yaitu pada cara pengolahannya.

Pada es pallu butung, terlebih dahulu pisang direbus, kalau sudah direbus lalu dipotong-potong kecil dan kemudian disiram menggunakan bubur dengan warna putih yang terbuat dari bahan tepung beras dan santan.

Lihat juga Makanan Khas Kudus 

Itulah 10 Makanan khas Bugis yang bisa dijadikan sebagai referensi manakala berkunjung ke Makasar. Selamat menikmati.

10 Makanan Khas Bugis Yang Enak Makanan

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5