Makanan Khas Cilacap 1
Makanan Khas

Makanan Khas Cilacap

Makanan khas Cilacap biasanya banyak disajikan saat ada momen tertentu. Misalnya saat hari raya idul fitri, perayaan pernikahan, ataupun perayaan lainnya.

Terdapat berbagai macam makanan khas cilacap yang disajikan terutama pada hari lebaran.

Tiap rumah akan menyajikan hidangan khas daerah Cilacap yang jarang ditemui di hari biasa.

Jika kamu ingin belajar memasak hidangan tersebut, kamu bisa meminta bantuan dari Internet.

Banyak aneka makanan cilacap yang bisa kamu buat dirumah, anda tinggal mencari berbagai resep masakan cilacap baik dari google maupun dari situs resep seperti cookpad dan sebagainya.

Nah untuk mempersingkat waktu, berikut ini sebagai referensi beberapa makanan khas cilacap yang bisa anda buat dirumah.

Makanan Khas Cilacap

Soto ayam khas Cilacap

Makanan Khas Cilacap 11

Lanthing

Makanan Khas Cilacap 12

Menggleng Singkong

Makanan Khas Cilacap 13

Lotek Cilacap

Makanan Khas Cilacap 14

Kerupuk Tengiri

Makanan Khas Cilacap 15

Lepet Ketan

Makanan Khas Cilacap

Makanan yang pertama adalah lepet ketan. Lepet ketan ini merupakan makanan yang berbahan dasar beras ketan. Beras ketan dimasukkan ke dalam wadah yang terbuat dari janur. Setelah itu, lepet akan direbus hingga matang.

Lepet ini biasanya hadir sebagai kue atau makanan khas di saat tujuh bulanan. Lepet adalah makanan wajib yang harus ada saat perayaan tujuh bulanan. Makanan ini juga hadir karena adanya sejarah mengenai ibu dan calon bayi.

Lihat juga makanan khas kebumen

Di Cilacap, masyarakat mempercayai bahwa lepet merupakan simbol jenis kelamin bayi. Jika sang empu yang memiliki acara menghidangkan lepet dan lepet tersebut berasa asin. Hal tersebut merupakan tanda bahwa bayi yang dikandung adalah laki-laki.

Namun, jika lepet yang disajikan tidak berasa asin, maka bayi yang dikandung adalah perempuan. Terlepas dari mitos dan sejarah lepet, hidangan yang satu ini dapat mengenyangkan perut.

Brekecek

Makanan Khas Cilacap 16

Makanan khas Cilacap lainnya adalah brekecek. Masyarakat Cilacap menyebut hidangan ini sebagai kepala ikan jahan. Dalam bahasa Jawa Cilacap, kepala ikan jahan ini juga disebut sebagai pathak ikan.

Cara makan masakan ini cukup unik juga. Makanan ini dinikmati dengan cara menyeruput isi ikan jahan tersebut. Biasanya brekecek ikan dimasak dengan berbagai rempah pilihan.

Makanan ini memiliki cita rasa yang khas dan mirip dengan rica-rica. Penggunaan bumbu dan rempah-rempah membuat hidangan ini lebih lezat dan kaya akan rasa.

Karedok

Makanan Khas Cilacap 17

Setiap daerah di Indonesia pasi tidak asing dengan hidangan yang satu ini. Karedok merupakan hidangan khas dari Cilacap. Namun, awal mulanya, hidangan ini berasal dari Jawa Barat.

Hidangan ini hadir karena wilayah Cilacap yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat. Karedok terbuat dari beragam sayuran mentah seperti kacang panjang, kobis, wortel, dan juga kecambah.

Seluruh sayuran mentah tersebut kemudian dicampur dengan  bumbu kacang. Sekilas saja makanan ini mirip dengan pecel, namun sayurannya mentah.

Masyarakat Cilacap seringkali menghidangkan karedok dengan kerupuk banggi yang gurih. Sebagian orang juga menambahkan tahu sebagai lauk. Tak lupa karedok disajikan dengan ketupat agar lebih mengenyangkan.

Cenil dan Cetil

Makanan Khas Cilacap 18

Nama makanan yang satu ini sangat unik. Tak hanya itu, tampilannya pun cukup menarik. Cenil dan cetil adalah makanan yang diolah dari bahan dasar sari pati singkong.

Sari pati ini kemudian diolah dan diberi warna. Setelah itu dibentuk bulat ataupun kotak sesuai selera. Makanan ini dimasak dengan cara direbus begitu saja.

Namun, dalam penyajiannya, cenil dan cetil disajikan dengan parutan kelapa dan juga kuah gula aren. Kuah ini sangat manis dan juga kental. Rasa gurih dari parutan kelapa menambah lezat cemilan yang satu ini.

Keripik Sukun

Makanan Khas Cilacap 19

Keripik sukun juga makanan asli yang berasal dari Cilacap. Sama seperti keripik pada umumnya, panganan yang satu ini sangat tipis dan renyah. Keripik ini terbuat dari sukun, salah satu hasil pertanian warga Cilacap.

Lihat juga makanan khas italia

Makanan khas Cilacap ini berasal dari buah sukun. Walaupun tanpa tambahan bumbu, keripik sukun ini sudah memiliki rasa gurih. Jika sukun diolah menjadi keripik, maka sukun akan digoreng tipis.



Tags: makanan cilacap, cemilan cilacap, makanan khas lebaran dari ketan, makanan yang lezat di cilacap

Title : Makanan Khas Cilacap

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *