Written by 07:23 Makanan Khas

Makanan Khas Cilegon

Sudah pernah berkunjung ke kota Cilegon? Jika belum sepertinya liburan tahun depan wajib memasukkan kota baja ini dalam daftar daerah yang akan disinggahi. 

Banyak hal menarik yang bisa dilihat juga terdapat 10 makanan khas Cilegon yang bisa dicicipi.

Dijamin rasanya enak dan membuat ketagihan! Penasaran apa saja makanannya?

Makanan Khas Cilegon yang Lezat dan Bikin Nagih

Mungkin belum banyak orang tahu apa saja makanan khas Cilegon. Padahal rasanya lezat dan bikin nagih. Berikut beberapa makanan khas Cilegon yang unik dengan rasanya yang lezat.

Makanan Khas Cilegon

[powerkit_toc title=”Daftar isi” depth=”2″ min_count=”4″ min_characters=”1000″]

Rabeg

Makanan Khas Cilegon

Dilihat sepintas, makanan khas yang dulunya hanya disajikan saat acara pernikahan orang Cilegon ini mirip kari sapi.

Karena terbuat dari daging sapi dan jeroannya yang dikolaborasikan dengan bumbu dan rempah khas Cilegon. Tapi perbedaannya terletak pada penggunaan santan yang tidak ada sama sekali pada makanan ini.

Lihat juga makanan khas daerah

Jadi kuahnya terbuat dari air yang kemudian bercampur alami dengan lemak dan minyak dari daging sapi.

Untuk mencari makanan khas Cilegon ini, sangat mudah karena banyak restoran hingga warung kaki lima yang menyediakannya dengan harga berkisar Rp17.000 saja. Biasanya untuk menikmatinya ditemani nasi hangat dan kerupuk.

Sate Bebek

Kalau sate biasanya dibuat dari daging sapi, kambing atau ayam, di Cilegon terdapat sate khas yang dibuat dari daging bebek tapi dipastikan tidak akan ada aroma amis.

Hal itu disebabkan proses mengolah daging bebek yang sempurna, apalagi ditambah pemanggangan menggunakan bumbu merah yang membuat daging jadi manis dan gurih.

Untuk menikmati sate bebek ini biasanya dilengkapi dengan kuah soto khas Cilegon dan nasi putih.

Harga satu tusuk sate ini juga super murah hanya berkisar seribu saja, jadi bisa puas mau makan berapa tusuk sate. Salah satu rekomendasi sate bebek paling enak adalah di kawasan Pantai Anyer.

Nasi Sumsum

Mungkin terdengar agak aneh, karena biasanya orang menjual bubur sumsum yang dibuat dari tepung beras.

Di Cilegon ada kuliner yang memadukan nasi putih yang dicampur sumsum sapi, proses pengolahannya dengan membungkus nasi tersebut dengan daun pisang dan dipanggang hingga matang.

Aroma sumsum yang sudah diberi bumbu khusus sangat khas ketika membuka bungkusan nasi ini.

Apalagi kalau dimakan dengan telur asin dan sambal asli Cilegon, satu porsi mungkin tidak akan cukup. Makanan yang satu ini mudah didapat di berbagai pasar tradisional dengan harga murah yaitu sekitar Rp13 ribu saja.

Nasi Gonjleng

Satu lagi makanan khas Cilegon yang harus dinikmati saat berkunjung ke kota baja tersebut, yaitu nasi gonjleng Cilegon.

Sepintas mungkin mirip nasi kebuli arab, tapi soal rasa sangatlah gurih. Perpaduan nasi berbumbu yang diberi irisan daging sapi goreng bumbu hasilnya membuat lidah bergoyang.

Jika ingin menyantap satu porsi nasi lengkap dengan acar timun, sambal goreng, dan kerupuk emping cukup membayar Rp15 ribu saja.

Cocok untuk menu sarapan atau makan malam, karena satu porsi membuat kenyang maksimal. Tapi banyak yang bilang nasi ini bisa membuat orang ketagihan, hingga menyantap beberapa porsi sendirian.

Ayam Bekakak Kranggot

Hampir semua daerah di Indonesia punya kuliner ayam bakar, Cilegon salah satunya dan sudah terkenal luas.

Bumbu ciri khas makanan Cilegon yang digunakan saat mengolah ayam, membuat dagingnya jadi super empuk dan gurih. Kalau mau merasakan sensasi pedasnya, tinggal cocol ke dalam sambal goreng lalu disantap dengan nasi.

Lihat juga makanan khas indonesia

Untuk satu ekor ayam bekakak harganya Rp70 ribu, lengkap dengan sambal terong, timun, tomat dan petai.

Bisa untuk makan sekeluarga, atau dibawa pulang untuk santap malam di rumah. Mau rekomendasi ayam bekakak paling enak? Datang saja ke Jalan Raya Kranggot Cilegon, tepatnya di rumah makan Hj. Maksum.

Sate Bandeng

Jangan takut ketemu duri di sate bandeng ini, karena di Cilegon dipastikan sate khas yang jadi incaran wisatawan ini tanpa duri.

Bumbunya sangat unik yaitu menggunakan parutan kelapa yang dicampur rempah-rempah khusus, kemudian dibalurkan pada ikan bandeng. Selanjutnya dibungkus daun pisang dan dibakar.

Berapa harganya? Cukup dengan Rp30 ribu saja sudah bisa membawa pulang satu porsi sate ini. Biasanya dimakan dengan nasi atau dimakan langsung karena sudah sangat enak dan mengenyangkan.

Mau coba? Datanglah ke Jalan Krunu Kaujon Tengah Cilegon, disana ada rumah makan Hj. Maryam, tersedia sate bandeng paling enak dari kota baja.

 Ceplis

Cemilan yang satu ini juga sangat favorit di kalangan masyarakat dan pendatang, dibuat dari biji melinjo yang dipipihkan dan dijemur kemudian digoreng hingga kriuk. Awalnya ceplis hanya punya rasa original asin saja, tapi akibat modifikasi dan kreatifitas masyarakat setempat sekarang sudah ada berbagai varian rasanya.

Ada rasa balado, manis, gurih juga asin yang dibanderol dengan harga Rp15 ribu untuk setiap bungkusnya.

Kuliner khas Cilegon ini bisa didapatkan di pusat oleh-oleh yang tersebar di kota tersebut. Tak lengkap rasanya kalau tak membelinya sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat.

Kerupuk Dapros

Satu lagi kerupuk yang jadi kuliner khas kota baja ini, yaitu kerupuk dapros. Bentuknya dibuat seperti bunga mawar, dengan warna warni cerah yang menggoda. Bahan utamanya adalah tepung beras dan tepung terigu yang diuleni lengkap dengan sejumlah rempah alami tanpa pengawet,

Bagi orang Cilegon, kerupuk ini adalah cemilan wajib di hari-hari penting. Seperti hari raya Idul Fitri bagi umat muslim, acara formal, hingga pernikahan yang menggunakan adat Cilegon. Dengan harga hanya belasan ribu perbungkus, bisa juga dijadikan buah tangan saat hendak pulang ke kampung halaman.

Kue Ketan Bintul

Mau cemilan asli Cilegon lainnya? Jangan lupa mencoba rasa unik dari kue ketan bintul yang dibuat dari beras ketan yang dimasak hingga matang, kemudian penyajiannya menggunakan taburan kelapa goreng yang gurih. Cocok untuk teman minum teh sore hari atau jadi penganan saat acara pernikahan.

Karena sangat digemari oleh penduduk lokal hingga turis, kue ini sangat mudah didapatkan.

Di warung pinggir jalan sampai restoran ternama, menyediakannya sebagai salah satu menu cemilan utama. Cukup dengan membayar Rp15 ribu saja, sudah bisa mendapatkan satu bungkus kue ketan beraroma daun pisang ini.

Kue Gipang

Terakhir adalah kue yang dibuat dari beras ketan yang diberi paduan air gula alami, rasanya manis dan renyah saat digigit.

Buat para pecinta kue manis, ini adalah salah satu pilihan utama yang wajib dibawa pulang. Apalagi untuk membelinya sangat mudah, terutama di berbagai pusat oleh-oleh dan tempat wisata di Kota Cilegon.

Dengan harga berkisar Rp15 ribuan saja, satu bungkus kue gipang siap menjadi santapan saat nonton televisi atau mengerjakan tugas kantor. Dijamin tidak akan bosan, karena rasa manisnya pas di lidah.

Lihat juga makanan khas jogja

Itulah 10 makanan khas Cilegon yang bisa jadi referensi oleh-oleh, karena rasa uniknya yang lezat membuat ketagihan.

Pilih saja beberapa yang sesuai selera, kemudian beli dan rasakan sendiri bagaimana perpaduan bumbunya menjadi sebuah rasa nikmat sempurna.

Last modified: 3 November 2020