10 Makanan Khas Jombang Yang Wajib Dicicipi

Jawa merupakan salah satu kawasan yang terdiri dari beberapa bagian. Diantaranya adalah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Bagian ini juga terdiri dari beberapa daerah atau kota didalamnya. Setiap bagian atau daerahnya umumnya memiliki ciri khas masing-masing. Baik dari tempat wisatanya hingga ciri khas untuk kulinernya. Jika anda pernah ke kawasan atau daerah Jawa Timur. Anda tentu tidak asing dengan beberapa daerah yang ada di Jawa Timur. Seperti Jombang salah satunya. Jombang itu sendiri juga menyajikan berbagai makanan khas Jombang yang bisa anda cicipi dan juga nikmati. Untuk lebih jelasnya dapat disimak pada ulasan dibawah ini hanya di makananoleholeh.com

Lihat juga Makanan Khas Jawa Timur Terkenal Enak

Jombang merupakan salah satu daerah yang berada di Jawa Timur. Anda mungkin mengenal Jombang ini sebagai daerah yang mana dikenal dengan sebutan kota santri. Hal ini dikarenakan daerah Jombang itu sendiri terdiri dari beberapa sekolah Islam. Bukan hanya beberapa namun bisa dibilang cukup banyak. Terlebih lagi juga terdapat pondok pesantren yang kemudian membuat daerah ini dijuluki sebagai kota santri. Namun bukan hanya itu saja yang menonjol dari daerah atau kota ini. Makanan khas yang ada di Jombang juga menjadi salah satu hal yang menarik. Sehingga banyak orang tertarik untuk berkunjung ke daerah ini. Mari kita intip beberapa makanan khas dari Jombang yang bisa dinikmati.

Beberapa Makanan Khas Jombang Ini Wajib Dicicipi

Makanan adalah salah satu yang paling dicari ketika kita berkunjung ke suatu tempat yang bisa dibilang masih asing. Hal ini karena setiap daerah memiliki wisata kuliner yang menyajikan cita rasa berbeda. Dalam hal ini, Jombang pun memiliki beberapa makanan khas yang wajib untuk dicicipi. Keunikan makanan yang ditawarkan oleh daerah Jombang ini bukan hanya cita rasanya saja. Namun juga nama unik yang membuat orang semakin tertarik untuk mencobanya. Nah,bagi anda yang ingin berkunjung ke daerah Jombang ini. Maka sebelumnya anda harus mengetahui makanan-makanan khas dari daerah Jombang terlebih dahulu. Sehingga anda tidak bingung memilih makanan mana yang ingin dicoba.

1. Pecel Rengkek Makanan Khas Jombang

10 Makanan Khas Jombang Yang Wajib Dicicipi Makanan

Jika dilihat dari namanya yang tidak lain adalah pecel rengkek. Maka anda tentu akan tertarik untuk mencoba makanan yang satu ini.Untuk pecel rengkek itu sendiri merupakan makanan khas yang disajikan dengan menggunakan pincuk. Nama pecel rengkek ini juga sebenarnya diambil dari penjual yang merupakan kaum ibu paruh baya. Kemudian menggunakan box kayu yang sering disebut dengan ronjot dan ditaruh diatas motor. Nama yang unik tersebut membuat makanan ini menjadi salah satu makanan khas daerah ini.

2. Kikil Makanan Khas Jombang

10 Makanan Khas Jombang Yang Wajib Dicicipi Makanan

Makanan khas dari Jombang yang selanjutnya adalah kikil. Anda tentu sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Untuk kikil khas Jombang ini pada dasarnya hampir sama dengan kikil yang dimasak pada umumnya. Bedanya adalah pada bumbu yang dibuat. Pada kikil khas Jombang ini dimasak menggunakan bumbu khas dan juga santan. Sehingga cita rasanya menjadi lebih nikmat dan menggugah selera ketika dinikmati. Kikil khas Jombang ini disajikan dengan kering tempe atau tahu, menggunakan sayur bung dan empal daging yang dibacem.

3. Sego Sadukan Makanan Khas Jombang

10 Makanan Khas Jombang Yang Wajib Dicicipi Makanan

Makanan khas selanjutnya yang berasal dari daerah Jombang ini adalah sego sadukan. Untuk sego sadukan sendiri merupakan nasi sekepal dilengkapi dengan lauk tahu tempe yang sudah dalam bentuk irisan, dilengkapi mie dan ada tambahan teri. Sadukan itu sendiri memiliki makna tendangan. Sebutan yang unik ini juga menjadikan makanan khas ini mengundang rasa penasaran tentunya. Dengan isinya yang terbilang minimalis, sehingga sekali santap akan langsung habis.

4. Sop Buntut Bakar Khas Jombang

10 Makanan Khas Jombang Yang Wajib Dicicipi Makanan

Bagi anda yang datang ke daerah Jombang, maka anda akan menemukan makanan khas Jombang yang satu ini. Makanan yang cukup ini adalah sop buntut bakar. Jika dilihat dari namanya saja sudah terdengar cukup unik. Sop buntut bakar ini cocok dijadikan sebagai menu untuk makan siang anda. Cita rasa yang ditawarkan pun lezat dan tentu tidak akan mengecewakan. Bagi anda yang berkunjung ke Jombang wajib untuk mencicipi menu makanan yang satu ini.

5. Ketan Merdeka

Makanan khas selanjutnya yang berasal dari Jombang adalah ketan merdeka. Ketan merdeka ini merupakan makanan yang memiliki warna beragam dalam penyajiannya. Mulai dari ketan hitam, putih dan lain sebagainya. Jika dipagi hari anda ingin menikmati menu sehat namun juga mengenyangkan. Maka ketan merdeka ini sangat cocok untuk anda. Untuk ketan merdeka ini biasanya sudah habis dipagi hari. Sehingga anda harus bangun pagi-pagi untuk bisa menemukan ketan merdeka yang satu ini.

6. Kue Jenang Kupas

Makanan ringan yang merupakan makanan khas dari Jombang adalah kue jenang kupas. Untuk kue jenang ini juga hampir sama dengan jenang dodol yang bisa anda temukan di daerah lain. Cita rasa yang ditawarkan oleh kue jenang ini sudah pasti manis dan juga legit. Sehingga enak untuk dinikmati. Anda juga mungkin akan ketagihan dan tidak cukup jika hanya menikmatinya satu saja. Anda bisa datang ke pasar tradisional untuk bisa menemukan makanan yang satu ini. Anda bisa menemukan kue jenang kupas ini dengan mudah.

7. Onde-onde kacang merah

Makanan khas dari Jombang yang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh adalah onde-onde kacang merah. Anda mungkin sudah sering menikmati onde-onde yang ada di daerah lain. Pada dasarnya onde-onde dari Jombang ini pun hampir sama dengan onde-onde pada umumnya. Namun isian untuk onde-onde khas Jombang ini adalah kacang merah. Sehingga cita rasanya pun sudah pasti nikmat, apalagi jika dinikmati bersama dengan teh manis.

8. Sate Ringin Contong

10 Makanan Khas Jombang Yang Wajib Dicicipi Makanan

Makanan khas yang selanjutnya yang bisa anda temukan di Jombang adalah sate ringin contong. Untuk sate ringin ini menggunakan daging kambing yang kemudian dimasak dengan bumbu khas. Sehingga cita rasa yang disajikan oleh sate ringin contong ini berbeda dengan sate pada umumnya. Anda juga bisa mengkonsumsi sop kambing sekaligus dilengkapi dengan nasi untuk mengenyangkan.

9. Ayam Panggang Urap Khas Jombang

10 Makanan Khas Jombang Yang Wajib Dicicipi Makanan

Makanan lainnya yang hanya bisa ditemukan di daerah Jombang adalah ayam panggang urap. Makanan yang satu ini sudah cukup populer di daerah Jawa Timur. Ayam yang digunakan pun biasanya adalah ayam kampung. Sehingga cita rasa yang dihasilkan juga lebih nikmat dan juga gurih. Pembuatan dari ayam panggang urap ini mudah. Hanya perlu mengolesi bumbu bertahap hingga merata. Sehingga membuat cita rasanya semakin meresap ketika dinikmati.

10. Nasi Bali Daging Khas Jombang

10 Makanan Khas Jombang Yang Wajib Dicicipi Makanan

Makanan khas dari Jombang yang selanjutnya adalah nasi bali daging. Anda bisa menemukan makanan yang satu ini di tempat wisata di daerah Jombang. Dalam hal ini, makanan nasi bali daging ini merupakan makanan yang cukup favorit. Bagian daging yang digunakan pada masakan ini adalah sanding lamur. Kemudian diberi bumbu rempah dan juga cabai tentunya. Cita rasa yang nikmat akan membuat anda ketagihan untuk terus menyantap makanan yang satu ini.

Lihat juga Makanan Khas Bugis

Itulah beberapa makanan khas Jombang yang wajib untuk anda cicipi. Dengan mengetahui apa saja makanan khas yang ada di daerah Jombang tersebut. Maka ketika anda berkunjung ke Jombang, anda tidak perlu bingung akan menyantap makanan atau menu siang apa. Anda bisa mengisi perut anda sekaligus mencoba kuliner khas Jombang. Semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat. Terutama untuk anda yang akan berkunjung ke Jombang.

tempatwisataindonesia.id
Review
5