Written by 08:13 Makanan Khas Indonesia A-Z

5 Makanan Khas Kamboja Yang Sangat Lezat Dan Menggoda

Tahukah Anda bahwa makanan khas Kamboja merupakan salah satu kuliner tertua yang pernah ada? Jika Anda pernah mencoba dan mengamatinya, makanan Kamboja sendiri lebih identik perpaduan antara citarasa Vietnam dengan Thailand. Rasanya yang begitu unik dan lezat, membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk mencoba makanan dari Kamboja ini.

Masakan Kamboja atau biasa dikenal dengan istilah masakan Khmer umumnya memiliki cita rasa yang asam namun tidak terlalu pedas. Hal tersebut berbeda dengan masakan negara tetangga seperti Laos, Thailand, Malaysia dan lain sebagainya yang menjadikan cabai sebagai bumbu utama. Bagi yang belum tahu tentang apa saja makanan khas Kamboja, berikut akan disajikan beberapa alasannya.

Makanan Khas Kamboja

1. Bok l’hong papaya salad

5 Makanan Khas Kamboja Yang Sangat Lezat Dan Menggoda Makanan Khas Indonesia A-Z

Sesuai dengan namanya, makanan khas dari Kamboja ini merupakan sebuah salad yang ditumbuk dan dicampur di dalam cobek. Sekilas makanan ini hampir sama dengan makanan Tam Mak Hang khas dari negara Laos. Perbedaan nya hanya pada isi salad nya yakni berisi kemangi thai, buncis, kacang tanah yang disangrai, tomat, kepiting kecil, ikan asin, dan cabai.

Lihat juga makanan khas thailand

Untuk sausnya sendiri berupa campuran jeruk limau, kecap ikan, dan prahok. Jika di Indonesia menu yang satu ini sekilas seperti makanan rujak. Penasaran bagaimana rasanya? Jangan lupa untuk mencicipi Bok Lhong Papaya Salad saat berkunjung ke Kamboja.

2. Bai Sach Chrouk

5 Makanan Khas Kamboja Yang Sangat Lezat Dan Menggoda Makanan Khas Indonesia A-Z

Bai Sach Chrouk sendiri merupakan makanan yang sering dihidangkan untuk sarapan masyarakat Kamboja. Perlu diketahui bahwa makanan yang satu ini bisa dikatakan sangat populer bahkan saking populernya bisa dijumpai di kedai-kedai pinggir jalan. Bai Sach Chrouk sendiri merupakan makanan khas dari Kamboja yang terbuat dari daging babi yang diiris tipis yang diolesi dengan kecap.

Daging yang sudah diolesi tersebut kemudian dibumbui dengan bawang putih dan dipanggang diatas batu arang agar rasa manisnya keluar. Biasanya masyarakat kamboja menyajikan menu ini bersama nasi acar mentimun. Sebagai pelengkapnya juga tersedia kaldu ayam yang sudah ditaburi dengan bawang goreng di atasnya.

3. Ang Dtray-Meuk

5 Makanan Khas Kamboja Yang Sangat Lezat Dan Menggoda Makanan Khas Indonesia A-Z

Menu makanan khas dari Kamboja yang tidak kalah enak adalah Ang dtray-meuk. Bagi Anda yang masih belum tahu makanan apa ini, Ang Dtray-Meuk ini merupakan hidangan cumi-cumi utuh yang dipanggang. Biasanya jajanan Ang dtray meuk ini sering dijumpai di kota-kota pesisir seperti di Sihanoukville dan Kep. Para.

Cara membuat menu sebenarnya sangatlah sederhana. Anda hanya perlu mengolesi cumi-cumi dengan perasan jeruk nipis atau saus ikan yang dipanggang diatas bara arang. Biasanya untuk penyajiannya disediakan saus khas Kamboja yang rasanya tidak terlalu pedas.

4. Kari Merah Khmer

5 Makanan Khas Kamboja Yang Sangat Lezat Dan Menggoda Makanan Khas Indonesia A-Z

Seperti yang diketahui kari merupakan makanan khas Asia yang bisa dijumpai hampir di setiap negara. Biasanya masing-masing negara memiliki resep khas tak terkecuali dengan Kamboja. Perlu diketahui bahwa di Kamboja makanan kari ini sering disajikan dengan menggunakan kuah merah yang kental.

Sekilas warna dan bentuknya hampir sama dengan kari dari Thailand. Namun jika Anda pernah mencoba kari dari Kamboja dan Thailand pasti Anda bisa menemukan perbedaannya. Meski warna dan tekstur nya merah dan kental, kari dari Kamboja ini tidak se pedas kari khas dari Thailand.

5. Fish Amok

5 Makanan Khas Kamboja Yang Sangat Lezat Dan Menggoda Makanan Khas Indonesia A-Z

Selain kari merah, Fisk Amok juga menjadi makanan yang sangat populer di Kamboja. Makanan yang satu memiliki bentuk yang hampir sama dengan puding namun memiliki citarasa yang gurih. Salah satu keunikan dari makanan ini yaitu memiliki rasa pahit karena mengandung slok gor yaitu rempah khas Kamboja.

Lihat juga makanan khas vietnam

Itulah makanan khas Kamboja yang sangat sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa untuk menikmati beberapa makanan yang sudah disebutkan diatas saat Anda berkesempatan pergi ke Kamboja. Semoga informasi diatas bermanfaat dan menginspirasi.



Tags: makanan khas kamboja, wisata kuliner di kamboja, bumbu rujak kamboja, kuliner khas kamboja, makanan dan minuman khas negara kamboja, makanan kamboja, makanan khas kamnoja, makanan ringan dari kamboja
(Visited 286 times, 19 visits today)