Written by 07:51 Makanan Khas Indonesia A-Z

5 Makanan Khas Kupang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Kupang menjadi makanan yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Anda bisa berwisata asyik sambil menikmati berbagai makanan kuliner khas di Pulau Komodo ini.

Kota Kupang yang menjadi ibukota Nusa Tenggara Timur menyuguhkan berbagai macam kuliner khas yang kelezatannya hanya akan Anda dapatkan disana.  Tidak lengkap rasanya jika Anda sedang berlibur maupun sedang berkunjung di Kota Kupang namun tidak mencicipi berbagai makanan khasnya. Nah, Berikut ini beberapa makanan khas yang bisa Anda coba di Kupang.

Makanan Khas Kupang

1. Se’i

5 Makanan Khas Kupang Wajib Anda Coba Makanan Khas Indonesia A-Z

Se’i merupakan Makanan Khas Kupang yang berbahan dasar daging sapi dimana cara memasaknya yaitu menggunakan asap. Pengasapan pada daging sapi akan membuat daging bisa bertahan lama dan dapat menghilangkan kelembaban pada daging. Selain itu, pengasapan juga berguna untuk menghalangi berkembangnya bakteri pembusuk makanan.

Lihat juga makanan khas nusa tenggara barat

Se’i berasal dari bahasa Pulau Rote yang artinya daging tipis yang memanjang. Sebelum dilakukan pengasapan, daging dipotong tipis dan memanjang terlebih dahulu. Makanan khas kupang ini bisa anda santap bersama dengan nasi putih hangat sehingga se’i semakin nikmat.

2. Kolo

5 Makanan Khas Kupang Wajib Anda Coba Makanan Khas Indonesia A-Z

Kolo yaitu hidangan nasi bakar khas Kupang yang dimasak dalam bambu kemudian bambu tersebut dibakar. Proses pembuatannya yaitu dengan memasukkan beras pada bambu muda yang kira-kira panjangnya 30 cm. Bahan-bahan yang dimasukan ke dalam bambu yaitu beras, air, dan bumbu lainnya.

Kolo dahulunya dikonsumsi ketika ada acara-acara adat saja. Namun sekarang ini bisa Anda nikmati di berbagai rumah makan maupun restoran yang ada di Kupang. Kolo biasanya disajikan bersama dengan sayur dan lauk apa saja.

3. Ikan Kuah Belimbing

5 Makanan Khas Kupang Wajib Anda Coba Makanan Khas Indonesia A-Z

Ikan Kuah Belimbing mempunyai rasa yang asam, gurih dan segar. Makanan khas berkuah ini berbahan dasar ikan tongkol yang dimasak seperti sop. Ikan tongkol dimasak bersama dengan buah belimbing diiris tipis dan tambahan bumbu-bumbu halus spesial.

Bumbu yang digunakan untuk memasak yaitu kunyit, merica, bawang merah, bawang putih, cabai, belimbing wuluh, garam, gula pasir, jeruk purut, daun bawang dan serai. Jika Anda suka dengan rasa yang gurih, Anda bisa menambahkan bumbu penyedap rasa sesuai selera. Selain irisan belimbing, ikan kuah ini juga bisa disantap dengan sayuran lain yang anda sukai.

4. Catemak Jagung

5 Makanan Khas Kupang Wajib Anda Coba Makanan Khas Indonesia A-Z

Catemak Jagung biasanya disajikan sebagai hidangan penutup. Cateman jagung berasal dari bahan-bahan seperti kacang hijau, kacang tanah, dan jagung. Jika Anda suka labu atau sayuran lainnya, Anda bisa menambahkannya.

Seluruh bahan tersebut direbus menjadi satu pada air yang yang sudah dibumbui dengan penyedap rasa dan garam. Banyak yang mengatakan bahwa catemak jagung mirip dengan kolak, hanya perbedaannya pada rasa dan kuah yang berwarna coklat.

5. Karmanaci

5 Makanan Khas Kupang Wajib Anda Coba Makanan Khas Indonesia A-Z

Karmanaci yaitu makanan khas Kupang yang terbuat dari daging sapi cincang. Daging tersebut direbus bersama dengan rempah, garam, gula dan bumbu lain, kemudian ditumis dengan bumbu yang sudah disiapkan.

Perebusan pada daging berlangsung cukup lama, agar daging menjadi empuk dan bumbu bisa meresap. Jika daging sudah empuk, maka daging baru ditumis. Jika aroma tumisan sudah tercium dan bumbu sudah meresap kedalam daging, maka karmanaci siap disantap bersama nasi putih yang hangat.

Lihat juga makanan khas dayak 

Makanan Khas Kupang yang lezat membuat Anda tidak memperdulikan berat badan lagi. Makanan tentu akan semakin lezat jika Anda menyantapnya bersama orang tersayang. Anda akan ketagihan makanan khas yang nikmat ini.



Tags: MASAKAN KHAS KUPANG, makanan khas kupang, kue khas kupang, kupang makanna, makanan Oleh oleh khas kupang, makanan sup kupang, makanan tradisional kupang, oleh oleh kue khas kupang
(Visited 59 times, 1 visits today)