Makanan Khas Lebaran

Lebaran bagi umat muslim tentu saja menjadi hal yang sangat dinantikan. Bukan hanya oleh umat muslim saja namun seluruh masyarakat indonesia turut merasakan betapa meriahnya momen lebaran. Setelah berpuasa selama sebulan penuh, masyarakat indonesia biasanya akan membuat makanan khas lebaran yang lezat dan juga begitu istimewa. Ada banyak sekali makanan yang akan menjadi sajian wajib lebaran.

Saat keluarga berkumpul tentu merupakan kebahagian yang tak bisa dijelaskan, apalagi saat hari lebaran telah tiba tentu para ibu membuat menu makanan yang memiliki rasa nikmat sepanjang tahun tersebut karena tahun tersebut merupakan tahun kebahagiaan.

Lihat juga makanan khas bali halal

Sanak saudara berkumpul dan saling menikmati menu masakan ibu, berbagi kebahagian bersama memang hal yang paling menyenangkan dan mengesankan. Tak heran  menu makanan lebaran menjadi pilihan untuk menjadikan keluarga lebih harmonis dan romantis.

Makanan Khas Lebaran

Nah apa saja makanan khas lebarang yang sering di sajikan oleh para ibu-ibu rumah tanggan, berikut beberapa diantaranya akan kita bahas bersama sehingga anda juga bisa mempersiapkan menu lebaran anda tahun ini dengan lebih baik.

1. Ketupat Lebaran

Makanan pertama yang wajib ada di meja makan pada saat momen lebaran adalah ketupat. Masakan ini sederhana sekali namun memiliki makna dan filosofi yang sangat baik. Ketupat terbuat dari beras yang dimasak dalam wadah berbentuk seperti segi empat dari daun kelapa. Makanan ini memang terasa hambar jika dimakan sendiri tanpa ada lauk namun apabila sudah di sajian bersama dengan opor, gulai, sayuran atau berbagai macam lauk khas lebaran tentu saja rasanya akan sangat lezat. Filosofi dari ketupat adalah menggambarkan kehidupan manusia yang rumit dan banyak masalah seperti dalam cara pembuat ketupat yang sulit. Namun jika mampu mensejajarkan dan menyelaraskan hidup makan akan menjadikan hidup begitu indah, saling bersatu dan juga penuh dengan kenyamanan.

2. Opor ayam Lebaran

Makanan khas lebaran yang tidak akan pernah dilewatkan oleh banyak keluarga di indonesia adalah opor ayam. Menu masakan ini memang sangatlah pas jika disajikan dengan ketupat. Asa opor sangatlah lezat karena terbuat dari ayam segar yang dimasak dengan kuah santan kental dan juga diberi bumbu istimewa. Makanan ini memang sangat gurih sehingga siapapun yang menyantapnya di hari lebaran akan semakin merasakan betapa istimewanya hari tersebut. Menu masakan ini memang menjadi menu masakan khas di hari yang fitri namun banyak juga yang menjadikan opor sebagai menu masak rumahan.

3. Sambal goreng ati

Sambal goreng ati juga tidak kalah istimewa dengan opor ayam. Makanan ini akan menjadi pelengkap masakan opor dan juga ketupat. Sambal goreng ati memiliki cita rasa yang manis, gurih dan sedikit pedas. Ati yang digunakan biasanya ati ayam atau bahkan ati sapi. Anda tentu saja juga sangat menyukai makanan yang satu ini. Selain dijadikan menu khas lebaran, kenikmatan dari sambal goreng ati ini juga menjadikan masyarakat banyak yang memasaknya ketika memang sedang menginginkan makanan lezat di hari biasa.

4. Rendang

Makanan yang sering disebut rendang adalah makanan khas dari padang. Meskipun berasal dari padang namun sudah banyak masyarakat indonesia yang menjadikan makanan ini sebagai salah satu makanan khas hari lebaran. Rendang memang sangat lezat sehingga sangat pas jika disajikan di meja makan saat hari lebaran. Momen berkumpul dengan keluarga akan menjadi lebih terasa hangat jika menu yang disajikan adalah menu-menu dengan citarasa yang lezat. Seperti yang telah diketahui oleh masyarakat, rendang adalah masakan yang sangat lezat dan bahkan merupakan salah satu makanan terlezat di dunia versi cnn.

5. Semur

Makanan yang juga sangat khas di hari lebaran adalah semur. Ada banyak sekali jenis semur berdasarkan bahan utamanya. Anda bisa menemukan semur jengkol, ayam, kentang atau bahkan sapi. Namun untuk menu lebaran biasanya bahan utama untuk membuat semur adalah daging sapi. Daging sapi memang berada pada level tinggi dalam kelas daging sehingga makanan yang terbuat dari daging sapi biasanya banyak disukai oleh masyarakat indonesia. Semur ini memang merupakan makanan yang lezat dengan rasa kuah yang lezat dan manis. Anda bisa membuat semur terbaik anda untuk menu hidangan di hari yang dinantikan yaitu lebaran.

6. Nastar dan kastangel

Nastar dan kastangel adalah makanan yang berasal dari belanda seperti semur namun makanan ini sekarang menjadi makanan yang sangat disukai dan banyak terdapat di meja tamu saat lebaran. Kue ini sangat terkenal karena memiliki rasa yang lezat dengan taburan keju yang gurih. Saat lebaran tiba, akan ada banyak orang yang datang ke rumah untuk bersilaturahmi, kastangel dan nastar akan menjadi suguhan istimewa dan menjadikan momen lebaran semakin khas dan istimewa.

7. Kacang goreng

Makanan lebaran yang selalu ada juga dimeja tamu saat hari lebaran adalah kacang goreng. Hampir sebagian besar masyarakat akan menyediakan cemilan yang satu ini. Ada banyak sekali jenis kacang goreng yang bisa ditemukan di kacang goreng bawang, kacang goreng dengan daun jeruk, kacang goreng dengan tepung manis dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada banyak sekali kreasi kacang goreng yang menggoda sehingga kacang akan sangat mudah ditemukan di saat lebaran telah tiba.

8. Kue putri salju

Makanan berikutnya yang merupakan makanan khas saat lebaran adalah kue putri salju. Makanan ini sangat khas karena memang banyak menjadi makanan dihari lebaran. Rasa kue ini sangat manis dengan taburan gula esa yang menyegarkan. Jika anda ingin menyediakan makanan ini sebagai sajian lebaran maka bisa membuat sendiri kue putri salju. Bahan yang digunakan untuk membuat kue ini juga sangatlah mudah yakni seperti tepung, mentega, telur dan juga susu bubuk. Buat adonan hingga membentuk love lalu dipanggang hingga menjadi kue kering yang gurih, empuk, enak dan manis. Selanjutnya beri taburan gula bubuk yang berkesan dingin diatasnya.

9. Astor

Makanan selanjutnya yang juga begitu pas disajikan saat lebaran telah tiba adalah astor. Makanan ini sudah ada sejak lama dan akan muncul dengan meriah saat hari lebaran telah tiba. Astor ada banyak jenis saat ini mulai dari astor panjang, sedang hingga yang pendek-pendek. Rasa dari stik wafer astor ini juga sangat bervariasi karena memang banyak pilihannya. Anda bisa membeli astor rasa coklat, kopi, vanilla, jeruk dan masih banyak lagi yang lainnya. Saking banyaknya orang yang memajang makanan ini dimeja tamu membuat astor menjadi salah satu makanan lebaran.

10. Kuping gajah

Makanan atau cemilan yang sering disebut sebagai kuping gajah ini juga merupakan salah satu makanan khas momen lebaran. Banyak dari masyarakat yang menyebutnya kuping lawa atau kelelawar. Bentuknya seperti telinga dan terdiri dari dua warna biasanya dengan motif spiral. Makanan ini memang sangat khas dan juga begitu pas jika disajikan saat lebaran. Rasa kue yang krispi dan manis menjadikan makanan ini banyak digemari baik anak-anak atau bahkan orang dewasa.

11. Bebek Gulai Kurma

Bebek gulai kurma ini meskipun bernama kurma bukan berarti terdapat kandungan kurma di dalamnya. Makanan ini dinamakan bebek kurma karena berasal dari Kota Serambi Mekah. Dimana, Mekah di Arab Saudi terkenal dengan oleh-oleh hajinya berupa buah kurma. Bumbu dan bahan-bahannya tetap saja rempah-rempah khas Indonesia.

12. Gulai Nangka

Lebaran di Medan tidak lengkap jika tak menyantap makanan ini. Gulai nangka ini isinya daging ayam, bisa juga daging sapi. Kemudian dicampur dengan daging buah nangka yang masih muda, dipadukan dengan iga sapi, atau ceker ayam. Lalu ada tambahan sayur kacang panjang di dalamnya. Bahan-bahan itu disatukan dengan kuah santan kental dan gurih.

13. Rendang

Makanan satu ini tentu sudah tak asing lagi. Terlebih bagi kamu pecinta nasi padang, atau makanan lainnya di rumah makan Padang. Daerah yang khas akan makanan kaya rempah dan pedas ini banyak sekali penggemarnya dari pelosok nusantara.

Rendang khas Minang ini populer di mana saja. Tentu di Padang sendiri tetap populer. Rendang merupakan makanan favorit banyak orang dari berbagai suku. Dan ternyata merupakan makanan yang wajib ada saat Hari Raya Idul Fitri di kota asalnya.

Kuah santan ini kaya akan rempah. Sangat pas untuk dimakan bersama ketupat lebaran. Boleh juga ditambah kerupuk bagi yang suka.

14. Ayam Anam

Kali ini mampir ke daerah Sumatera Selatan, tepatnya di ibukotanya, Kota Palembang. Makanan lebaran di sini tidak jauh-jauh dari kuliner sehari-hari orang Palembang. Ayam anam ini merupakan menu wajib ketika lebaran di Kota Empek-Empek ini.

Ayam anam sebenarnya daging ayam yang dimasak dengan bumbu anam. Anam adalah bumbu khas Palembang. Jika di Jawa mirip dengan gulai ayam dengan kuah kekuning-kuningan. Ayam dimasak dengan bumbu kemudian direbus dengan santan kental. Rasanya gurih dan nikmat. Dihidangkan dengan ketupat.

15. Gulai Ikan Patin

Masih di Pulau Sumatera bagian selatan kita singgah ke Provinsi Riau. Saat lebaran tiba, berbeda dengan daerah lain yang menggunakan daging-dagingan pada masakannya. Riau memilih ikan untuk dijadikan menu khas utamanya.

Gulai ikan patin ini merupakan salah satu makanan khas lebaran yang memiliki citarasa kuat dan menggugah selera. Disajikan dengan kuah kuning pekat. Memasaknya dicampur dengan bunga kecombrang yang beraroma wangi.

Lihat juga menu buka puasa

Makanan khas lebaran apa yang sudah anda nantikan bahkan sejak sebelum puasa? Jajanan atau kue-kue lebaran sudah banyak yang menggugah mata. Bahkan, iklan-iklan kuliner khas Bulan Ramadhan sudah banyak menghiasi media.

Momen lebaran bukan hanya sebuah wujud ibadah dan hadiah hari raya untuk umat muslim. Lebih dari itu, lebaran merupakan momen dan kesempatan berkumpul bersama keluarga. Merayakan kemenangan, kumpul keluarga dan bersilaturahmi untuk bermaaf-maafan dan nikmati hidangan khas lebaran.

Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang luas. Umat muslim di Indonesia mencapai 90% dari jumlah total penduduk Indonesia. tentunya makanan khas lebaran setiap daerah memiliki makanan yang berbeda-beda. Berbagai hidangan biasanya disesuaikan juga dengan citarasa setempat. Kali ini, yuk, mencicipi kuliner khas lebaran dari pulau paling barat Indonesia, Pulau Sumatera.

Setelah anda mengetahui 10 makanan khas lebaran maka selanjutnya akan semakin mudah untuk membuat sajian terbaik khas lebaran. Apalagi bagi para keluarga baru yang belum terbiasa masak sendiri terkadang akan sangat membutuhkan informasi mengenai menu apa saja yang sebaiknya disediakan saat lebaran. Sekian informasi mengenai makanan khas di hari yang dinantikan yakni lebaran. Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk anda. Makanan khas lebaran ada banyak yang bisa disediakan namun tentu saja anda tidak akan menyediakan semuanya di rumah. Paling tidak 10 makanan khas lebaran ada di meja anda.



Tags: makanan khas lebaran, makanan lebaran, masakan lebaran, Cerita tentang hidangan lebaran sederhana, yang lebaran, Hidangan lebaran sangat sederhana, jenis kue lebaran, makanan buat lebaran
Candra

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita bisa email saya di [email protected]

Leave a Comment