5 Makanan Khas Myanmar Yang Menjadi Favorit Wisatawan

Posted on

Nikmati makanan khas Myanmar yang sudah populer di sana dan banyak dicari oleh wisatawan. Myanmar, salah satu negara di Asia ini dulunya memiliki nama Burma karena banyaknya orang Burman di sana. Karena sempat tidak disetujui, akhirnya pemerintah mengganti namanya menjadi Myanmar.

Myanmar memiliki sebutan khusus yaitu Zamrud Asia. Negara ini disebut-sebut sebagai salah satu negara terindah di Asia. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan ada banyak hal unik yang dapat ditemukan ketika wisatawan datang ke sana.

Berbicara tentang Myanmar, ada banyak tempat wisata indah yang dapat Anda kunjungi di sana. Tak hanya itu, Anda juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas sana yang sudah melegenda. Apa saja makanan khas Myanmar yang dapat Anda coba?

Makanan Khas Myanmar

1. Laphet Thohk

5 Makanan Khas Myanmar Yang Menjadi Favorit Wisatawan Makanan

Apakah Anda pernah merasakan cita rasa salad yang berbeda di lidah Anda? Mungkin beberapa orang hanya mengenal salad dengan gambaran umum yang ada di beberapa wilayah. Di Myanmar, ada salad yang cukup unik karena bahan yang digunakan adalah daun teh yang difermentasikan.

Lihat juga makanan khas pacitan

Lephet Thohk biasa disantap untuk makanan pembuka ataupun pendamping nasi, atau bahkan sebagai camilan. Proses pembuatan makanan ini memang cukup panjang. Cara memasaknya adalah dengan mencampurkan daun teh fermentasi dengan kacang, kubis, tomat, bawang merah dan putih.

2. Nga htamin

5 Makanan Khas Myanmar Yang Menjadi Favorit Wisatawan Makanan

Jika dilihat dari look-nya Anda pasti akan menganggap bahwa makanan ini mirip seperti nasi kuning. Makanan ini memiliki cerita sejarah yang cukup populer di kalangan warga sekitar. Makanan ini sudah dikenal sejak adanya suku Shan, sekolompok etnis yang beragama Buddha.

Tidak rumit dalam membuatnya, nasi ini dalam proses pemasakan nya sebenarnya hampir sama dengan membuat nasi kuning. Makanan ini biasa dimasak dengan cara mencampur kan beras, kunyit, dan rempah-rempah dalam pembuatan nya. Setelah nasi sudah matang, nasi bisa dihidangkan dengan berbagai lauk pauk sesuai dengan selera Anda.

3. Mohinga

5 Makanan Khas Myanmar Yang Menjadi Favorit Wisatawan Makanan

Mohinga sudah dianggap sebagai makanan nasional Myanmar, sehingga makanan ini sudah cukup dikenal oleh banyak orang. Bahan untuk membuat makanan ini adalah tepung beras dan biasanya disantap dengan kaldu daun bawang. Makanan ini sudah menjadi favorit masyarakat sekitar bahkan wisatawan pun juga menyukai nya.

Beberapa campuran yang membuat nya semakin lezat ketika disantap yaitu telur rebus, cabai kering, rempeyek lentil, pelepah pisang, dan lainnya. Makanan ini bisa dimakan kapan saja sesuai dengan selera Anda. Baik pagi, siang, malam, makanan ini tetap enak disantap walaupun hanya dijadikan camilan saja.

4.  Sanwin Makin

5 Makanan Khas Myanmar Yang Menjadi Favorit Wisatawan Makanan

Makanan yang juga terkenal di Myanmar adalah Sanwin Makin. Makanan ini biasa dihidangkan sebagai makanan penutup. Sanwin Makin sendiri adalah sejenis kue manis yang memiliki warna cokelat.

Makanan ini terbuat dari gandum, gula, kelapa, dan mentega. Masyarakat setempat menganggap bahwa rasa dari makanan ini sangatlah enak dan membuat mood naik. Selain itu, makanan ini juga mengandung nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh.

5. Mont Di

5 Makanan Khas Myanmar Yang Menjadi Favorit Wisatawan Makanan

Jika Amerika Serikat punya makanan cepat saji, sama dengan halnya di Myanmar. Makanan ini terbuat dari bihun yang biasanya disajikan dengan sup yang terbuat dari pasta ikan yang disebut nga-pi. Makanan ini memiliki rasa yang lezat dan tidak sulit dalam proses pembuatan nya.

Selain cepat dalam penyajiannya, Mont Di juga dianggap lebih ramah kantong. Selain itu, makanan ini juga dijual dengan harga yang tidak mahal, pas di kantong semua kalangan. Jika Anda tidak suka memakannya dengan kuah, Anda bisa menyantap nya dengan ikan goreng saja.

Lihat juga makanan khas sumbawa

Nah, itu tadi adalah paparan tentang daftar makanan khas Myanmar yang wajib Anda coba ketika datang ke sana. Myanmar adalah negara yang memiliki banyak keunikan. Tidak ada salahnya bukan jika Anda datang ke sana untuk menghabiskan liburan Anda bersama keluarga.



Tags: makanan khas mynmar, makanan khas myanmar, keunikan makanan myanmar, makanan pembuka mynmar
Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *