10 Makanan Khas Nusantara Indonesia Yang Menggoda

Posted on

Indonesia adalah kaya yang sangat kaya. Kekayaannya mambuat negara ini banyak membuat ini negara lain. Salah satu kekayaan negara ini ada pada kulinernya yang begitu lezat dan kaya akan rempah. Masyarakat Indonesia perlu untuk berbangga dengan kuliner Indonesia karena beberapa makanannya masuk sebagai makanan paling lezat di dunia.

Lihat juga Makanan Khas Sunda

Berikut ini adalah 10 makanan khas nusantara yang memiliki cita rasa yang menggoda dan juga mudah dijumpai di daerah asalnya. Dengan mengetahui makanan khas dari nusantara, anda akan semakin mencintai makanan yang dimiliki dan juga akan semakin bersyukur dengan kekayaan kuliner yang ada di negeri tercinta ini. Kami dari makananoleholeh.com telah merangkum beberapa makanan khas nusantara yang enak dan tentu dari gambarnya sangat menggoda. Untuk lebih detailnya bisa dilihat dibawah ini.

10 Makanan Khas Nusantara Indonesia Yang Menggoda

1. Mie kocok bandung

10 Makanan Khas Nusantara Indonesia Yang Menggoda Makanan

Makanan pertama yang menjadi salah satu makanan khas dari negara ini adalah mie kocok bandung. Mie kocok merupakan makanan khas dari kota bandung yang memiliki rasa segar, gurih, dan juga nikmat. Salah satu mangkuk mie kocok anda akan menemukan beberapa bahan makanan seperti mie gepeng, sayur tauge, dan juga potongan kikil. Makanan ini akan memberikan anda pengalaman menikmati mie yang sangat khas. Kelezatan makanan ini sudah sangat terkenal di banyak wilayah. Jika anda sedang berkunjung ke kota bandung sebaiknya mencoba mencicipi makanan yang satu ini. Banyak dari masyarakat bandung bahkan dari luar daerah yang sangat menyukai mie kocok.

2. Ayam betutu Bali

10 Makanan Khas Nusantara Indonesia Yang Menggoda Makanan

Makanan berikutnya yang masuk sebagai salah satu makanan khas nusantara yang lezat adalah ayam betutu Bali. Makanan ini sangat khas Indonesia karena kaya akan rempah-rempah. Cara masak ayam ini sangat unik sehingga menjadikan rasanya terasa berbeda dengan makanan dengan bahan ayam lainnya. Cara memasak ayam betutu ini adalah dengan ayam utuh yang di beri bumbu special kemudian dibakar. Makanan ini merupakan makanan khas dari pulau bali. Rasa ayam yang lembut dan juga kaya akan rempah akan membuat pengalaman anda selama di bali semakin terasa lengkap dan tak terlupakan.

3. Papeda irian jaya

10 Makanan Khas Nusantara Indonesia Yang Menggoda Makanan

Makanan khas nusantara yang selanjutnya adalah papeda. Makanan ini begitu unik karena memiliki tekstur seperti lem yang lengket. Bahan utama dari papeda adalah sagu yang dimasak dengan air. Meskipun tawar namun papeda akan terasa sangat nikmat apabila dinikmati dengan sayur atau pelengkap seperti ikan bumbu kuning, sambal, gulai dan yang lainnya. Anda yang belum pernah merasakannya sebaiknya mencoba untuk mencicipi papeda. Sebagai makanan tradisional khas dari papua, papeda memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga akan sangat mengenyangkan sama seperti makan nasi.

4. Rendang padang

10 Makanan Khas Nusantara Indonesia Yang Menggoda Makanan

Makanan yang sangat popular di Indonesia bahkan di dunia adalah rendang. Rendang merupakan makanan khas dari padang yang memiliki rasa begitu menggugah selera. Rendah menjadi salah satu makanan paling enak didunia karena memang rasanya begitu meninggalkan bekas di lidah dan dihati. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah daging sapi yang dimasak lama dengan bumbu rempah yang kaya. Anda tentu saja sudah sangat mengenal rasa dari rendang karena banyak dijual dirumah makan padang, restoran modern bahkan banyak restoran luar negeri yang juga menjual makanan ini.

5. Tinutuan Manado

10 Makanan Khas Nusantara Indonesia Yang Menggoda Makanan

Makanan yang juga tidak kalah istimewa yang dimiliki oleh nusantara adalah tinutuan. Makanan ini banyak disebut dengan nama bubur manado. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah singkong atau bahkan ubi jalar yang dihaluskan. Bahan tersebut dicampur dengan jagung muda, ikan, sayuran dan juga bumbu khas dari Sulawesi utara. Makanan ini ini memiliki rasa yang sangat nikmat bahkan bisa dikatakan sebagai bubur yang paling nikmat yang pernah ada di Indonesia. Jika anda penasaran dengan makanan ini sebaiknya datang ke manado atau bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dengan mengikuti resep yang ada.

6. Gudeg jogja

10 Makanan Khas Nusantara Indonesia Yang Menggoda Makanan

Makanan khas dari kota jogja ini juga merupakan salah satu makanan khas nusantara yang sangat banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Anda yang merupakan masyarakat jogja tentu saja sudah sangat mengenali bagaimana cita rasa dari makanan yang satu ini. Bahan yang digunakan untuk membuat gudeg adalah nangka muda yang dimasak dengan rempah yang lengkap dan juga diberi gula merah sehingga rasanya manis. Gudeg akan dihidangkan dengan berbagai macam lauk yang menggoda seperti ayam, telur, tempe atau tahu bacem istimewa.

7. Pempek palembang

10 Makanan Khas Nusantara Indonesia Yang Menggoda Makanan

Makanan khas Palembang yang sering disebut dengan pempek ini juga merupakan makanan yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia baik di wilayah Palembang atau di daerah lain. Kelezatan dari pempek sudah sangat terkenal dan juga banyak sekali pedagang di jawa yang menjual makanan ini. Pempek terbuat dari ikan dan tepung kemudian dinikmati dengan kuah cuka yang dicampur gula dan garam sedikit.

8. Gulai belacan riau

10 Makanan Khas Nusantara Indonesia Yang Menggoda Makanan

Makanan yang selanjutnya adalah gulai blacan. Makanan ini merupakan makanan yang sangat lezat dan banyak digemari oleh para turis mancanegara rahasia bumbu yang membuat gulai belacan dari ruay ini begitu istimewa adalah pada bumbu terasi dan rempah lainnya khas Indonesia. Isian dari gulai ada berbagai jenis sayuran yang dimasak dengan ikan laut dan juga lobster. Makanan ini memiliki cita rasa yang kaya rempah namun tetap terasa sangat lezat dan unik.

9. Kwe kia theng aliung pontianak

10 Makanan Khas Nusantara Indonesia Yang Menggoda Makanan

Jika anda berada di Pontianak sebaiknya mencicipi makanan yang disebut dengan Kwe kia theng aliung Pontianak. Makanan ini merupakan kue tiau yang dinikmati dengan kaldu kecap dan juga dicampur dengan telur dan juga daging. Makanan ini sangat menarik karena memiliki rasa sapi yang khas dan juga terdapat jeroan yang gurih. Anda akan sangat menyukai kenikmatan yang ditawarkan oleh makanan ini.

10. Gohu ikan maluku

10 Makanan Khas Nusantara Indonesia Yang Menggoda Makanan

Gohu ikan maluku adalah makanan yang memiliki nama andalan sashimi. Makanan ini memang merupakan makanan khas Indonesia yang sangat mirip dengan makanan jepang. Asal dari gohu ikan ini adalah dari ternate. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan tersebut adalah dari ikan tuna yang masih sangat segar dan kemudian diberi tambahan garam, perasan lemon dan juga kemangi. Kemudian ikan dilumuri dengan minyak kelapa, cabe dan bawang merah. Selanjutnya akan diberi tambahan kacang goreng tumbuk yang gurih. Makanan ini termasuk sebagai salah satu makanan khas nusantara yang mirip dengan makanan jepang.

Lihat juga Makanan Khas Garut

Setelah anda mengetahui 10 makanan khas nusantara selanjutnya anda bisa mencoba untuk menikmati semuanya. Ada banyak sekali makanan khas Indonesia lainnya yang bisa anda temukan. Hampir di setiap wilayah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing. Anda akan sangat menyukai makanan dari negeri ini karena memang terbuat dari bahan yang berkualitas, sehat dan juga memiliki rasa yang kaya. Kekayaan rasa dari kuliner Indonesia merupakan anugerah yang mampu menjadikan wisatawan begitu senang berkunjung ke Indonesia.

Makanan khas nusantara ada banyak yang bisa anda temukan. Anda akan sangat senang menikmati makanan khas dari negara Indonesia yang kaya rempah dan juga bercita rasa tinggi.

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *