Makanan Khas Purwakarta 1
Makanan Khas

Makanan Khas Purwakarta

Purwakarta adalah salah satu daerah di Jawa Barat, daerah ini memiliki berbagai makanan khas yang terkenal.

Nah, bagi Anda pecinta wisata kuliner, jangan sampai terlewatkan 10 makanan khas Purwakarta yang dijamin lezat dan nikmat.

Tidak hanya sate maranggi Purwakarta menyimpan ragam kuliner lain yang menggugah selera.

Beberapa makanan khas Purwakarta ini dijamin mampu menggoyang lidah Anda.

Makanan Khas Purwakarta

Sate Maranggi

Makanan Khas Purwakarta

Sate maranggi merupakan makanan khas Purwakarta yang terkenal nikmat dan lezat. Makanan ini sudah menjadi primadona sejak tahun 1990. Sate maranggi biasanya dibuat dari bahan daging ayam, kambing atau sapi sama seperti sate pada umumnya.

Bedanya dengan sate lainnya adalah dari proses pembuatannya. Sebelum dibakar sate maranggi direndam dahulu dalam air bumbu. Adapun bumbunya terdiri dari kecap yang dicampur jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit dan cuka.

Lihat juga makanan tradisional indonesia

Sesudah dibakar, sate tak perlu disiram lagi dengan bumbu karena sudah direndam bumbu sebelumnya. Biasanya sate maranggi disajikan dengan irisan tomat dan bawang merah. Rasanya gurih, agak asam, dan lezat pastinya.

Bila Anda tertarik dengan sate maranggi bisa berkunjung ke Warung Makan Sate Cibungur yang berada di Jln. Raya Cibungur-Purwakarta yang buka dari pukul 09.00 hingga pukul 21.00 WIB. Warung makan ini terkenal dengan sajian sate marangginya yang lezat dan nikmat.

Colenak

Makanan Khas Purwakarta 11

Salah satu khas makanan Purwakarta selanjutnya adalah colenak.

Makanan ini terbuat dari bahan dasar peuyeum yang diolah dan dibakar, lalu dicampur gula manis yang dibuat dari gula dan kelapa sangrai. Rasanya gurih dan manis serta dijamin bikin Anda ketagihan.

Mie Pelangi 3 Warna

Makanan Khas Purwakarta 12

Mie pelangi 3 warna merupakan salah satu sajian kuliner khas Purwakarta. Warna pelangi yang dihasilkan dari mie ini adalah dari warna alami seperti wortel, akar bit, buah naga, dan sosin, bukan dari pewarna kimia. Sehingga warnanya pun tidak mencolok.

Mie pelangi ini memiliki tekstur yang kenyal, lembut dan padat, dengan bumbu yang nikmat dan terasa. Jadi, bila disantap tanpa saus dan kecap pun rasanya tetap akan nikmat dan menyehatkan pastinya.

Bila Anda tertarik dan ingin mencicipinya, Anda bisa berkunjung ke Jln. Raya Situ Cikumpay, Kecamatan Campaka. Di sana terdapat tempat makan terkenal yang menyediakan mie tiga warna dengan rasa yang lezat dan dijamin akan memanjakan lidah Anda.

Soto Sadang

Makanan Khas Purwakarta 13

Seperti daerah lainnya yang juga memiliki soto sebagai makanan khasnya, begitu pula di daerah Purwakarta mempunyai soto sadang sebagai salah satu makanan khasnya.

Yang menjadi ciri khas dari soto sadang ini adalah kuah kaldunya yang bening berasal dari air rebusan daging. Rasanya gurih dan khas aroma daging.

Selain menggunakan kuah kaldu yang bening soto sadang juga bisa menggunakan kuah santan yang berwarna kuning pucat, rasanya pun gurih dan nikmat.

Soto sadang dengan kuah santan ini dibuat dari bumbu yang ringan dan sederhana, namun rasanya sama-sama nikmatnya dengan soto sadang kuah kaldu bening.

Gepuk Nyonya Ong

Makanan Khas Purwakarta 14

Gepuk merupakan makanan yang diolah dari daging sapi atau empal, dan gepuk yang terkenal di purwakarta adalah gepuk Nyonya Ong. Bentuknya yang unik dengan daging yang ditipiskan lalu digeprek, itulah ciri khasnya.

Lihat juga makanan khas daerah

Terdapat beberapa rasa gepuk yang ada di tempat ini yakni beef salty, beef ekstra pedas, beef less dan beef original.

Bila Anda berkunjung ke kota Purwakarta sempatkanlah mampir ke rumah makan yang beralamat di Jln. DR. Djunjunan No.155E Purwakarta ini, untuk menikmati gepuk yang lezat.

Simping

Makanan Khas Purwakarta 15

Simping adalah makanan khas Purwakarta dengan jenis makanan ringan, bentuknya bulat pipih dengan rasa yang manis. Simping terbuat dari campuran adonan tepung tapioka dan tepung terigu, yang diolah dan dipanggang dengan cetakan.

Dulunya simping hanya mempunyai satu varian rasa dengan warna putih saja, tapi kini seiring perkembangan zaman simping dibuat dengan berbagai varian rasa dan dengan warna-warni yang menarik.

Ada rasa pandan, coklat, nangka, strawberry, pisang, keju dan masih banyak lagi. Warnyapun disesuaikan dengan rasanya. Makanan ringan ini dapat ditemukan di toko oleh-oleh khas Purwakarta.

Peuyeum Bendul

Makanan Khas Purwakarta 16

Bila Anda melewati wilayah Purwakarta disepanjang jalan pasti akan melihat ruko yang menjual peuyeum bendul yang berderet di sepanjang jalan raya Bendul hingga sejauh 2 kilometer. Peuyeum yang digantung ini memiliki tekstur yang lembut, padat dan manis  rasanya.

Peuyeum sendiri adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong yang difermentasi. Peuyeum bendul yang ada di Purwakarta berbeda dengan peuyeum lainnya yang ada di daerah Jawa Barat.

Proses pembuatannya pun melalui berbagai tahap. Pertama singkong dikupas lalu di amplas hingga halus dengan menggunakan daun ilalang. Kemudian direbus sampai matang agar permukaannya jangan sampai pecah.

Setelah itu tiriskan dan beri ragi, lalu selanjutnya dimasukan dalam keranjang yang terbuat dari anyaman bambu, diamkan selama tiga hari.

Setelah tiga hari peuyeum bendul akan memiliki bentuk yang unik dan rasa yang manis dan kenyal, inilah yang membedakannya peuyeum bendul dengan peuyeum dari daerah lain.

Pepes Purwakarta

Makanan Khas Purwakarta 17

Sajian kuliner khas Purwakarta lainnya yang layak Anda coba adalah pepes Purwakarta yang dibuat dari macam-macam ikan.

Ada pepes ikan mas, pepes ikan peda, pepes ikan jambal, pepes teri dan sebagainya. Pepes-pepes tersebut diolah dan diracik dengan rempah pilihan, sehingga menghasilkan rasa yang khas dan lezat.

Yang terkenal di Purwakarta adalah Warung Makan Ibu Ani yang menyediakan aneka pepes khas Purwakarta yang lezat dan istimewa. Tempat makan ini berlokasi di jalan yang menuju kawasan Bendungan Jatiluhur.

Nasi Liwet

Makanan Khas Purwakarta 18

Nasi Liwet merupakan sajian kuliner khas purwakarta yang memiliki rasa lezat dan nikmat. Nasi liwet merupakan nasi yang dimasak dengan santan, mirip nasi uduk.

Biasanya nasi liwet disajikan bersama dengan sayur labu, suwiran daging ayam, serta bubur gurih yang dibuat dari kelapa. Untuk tambahan lauknya nasi liwet bisa juga disantap dengan lauk tahu, tempe, sepotong telur rebus dan ayam goreng ditambah sambal yang dijamin rasanya bikin lidah Anda bergoyang.

Bila Anda melewati kota Purwakarta sempatkan untuk singgah di rumah  makan Nasi Liwet  Bu Dini yang terkenal dengan menu makanannya yang nikmat. nasi Liwet Bu Dini beralamat di Jln. Raya Pondok Salam KM 10 – Purwakarta.

Cobek Ikan Mini

Makanan Khas Purwakarta 19

Menyantap ikan memang lebih nikmat dalam keadaan hangat dan ditambah dengan menggunakan sambal. Terlebih bila disajikan dalam sebuah cobek, seperti makanan khas Purwakarta yang satu ini.

Yang membuat kuliner ini sedap dan unik adalah ikannya yang dilumuri sambal kencur serta disajikan dalam sebuah cobek. Untuk rasanya dijamin nikmat dan bikin ketagihan.

Lihat juga makanan khas betawi jakarta

Anda bisa menikmati kelezatan cobek ikan mini ini di tempat makan Cobek Nini Citalang-Purwakarta.

Itulah, 10 makanan khas Purwakarta yang enak dan lezat serta bakal bikin lidah Anda bergoyang. Jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi sajian kuliner tersebut ya!

Title : Makanan Khas Purwakarta

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *