5 Makanan Khas Rusia Buat Kulineran Wajib Wisatawan

Posted on

Makanan khas Rusia terkenal dengan bumbu-bumbunya yang pekat. Rusia merupakan negara terluas yang ada di dunia. Luasnya hampir seperdelapan luas daratan bumi. Dengan cakupan wilayah yang sangat besar itu menciptakan beragam makanan dengan aneka cita rasa.

Makanan khas Rusia mulai dikenal masyarakat dunia sejak diadakannya Piala Dunia di negara itu pada tahun 2018 yang lalu. Berlimpah ruah wisatawan datang ke negara ini menyaksikan Piala Dunia. Dengan banyaknya wisatawan yang hadir itu tak ayal meningkatkan sektor pariwisata dan kuliner negara ini. Beberapa makanan khas yang wajib di coba saat berada di Rusia antara lain :

Makanan Khas Rusia

1. Shchi

5 Makanan Khas Rusia Buat Kulineran Wajib Wisatawan Makanan

Shchi adalah sup khas Rusia yang sudah terkenal sejak abad ke-9. Bahan utama sup ini adalah kubis, rempah-rempah dan jamur. Seiring berjalannya waktu pada abad ke – 15 sup ini ditambahkan tepung, lada hitam dan daun salam dalam campurannya. Sup ini relatif mudah untuk dibuat. Sehingga membuat makanan ini menjadi makanan favorit masyarakat Rusia. Roti gandum menjadi makanan pendamping sup ini.

2. Kulebyaka

5 Makanan Khas Rusia Buat Kulineran Wajib Wisatawan Makanan

Makanan khas lain dari negara dengan penduduk terbanyak kesembilan di dunia ini adalah kulebyaka. Kulebyaka adalah kue pai khas Rusia. Makanan ini terdiri dari berbagai macam isian.

Lihat juga mananan khas inggris

Biasanya isian dai makanan ini berupa daging salmon, telur rebus, kol, bawang, jamur, nasi dan lain sebagainya. Pada masa kekaisaran Rusia tingkat kekayaan seseorang bisa dilihat dari banyaknya lapisan isian dari kulebyaka ini. Semakin banyak lapisan isian maka menandakan semakin kaya pemilik rumah.

3. Pelmeni

5 Makanan Khas Rusia Buat Kulineran Wajib Wisatawan Makanan

Pelmeni adalah makanan Rusia yang sepintas mirip dengan dumpling atau pangsit. Pelmeni biasanya berisi daging cincang dan daun bawang yang dibungkus dengan adonan tepung. Sejalannya waktu warga Rusia mulai mengisi pelmeni dengan daging ikan, sayur mayur dan jamur.

4. Stroganoff

5 Makanan Khas Rusia Buat Kulineran Wajib Wisatawan Makanan

Stroganoff adalah salah satu makanan khas negara ini yang sudah mendunia. Makanan ini terbuat dari potongan daging yang dicampur dengan saus asam yang biasa disebut saus Smetana. Makanan ini termasuk dalam kategori makanan tradisional. Karena sudah disantap oleh masyarakat Rusia sejak tahun 1800an.

Pada tahun 1890, makanan ini dibuat dari potongan dadu daging sapi yang ditumis kemudian disiram dengan saus mustard dan kaldu daging. Tak lupa sentuhan akhirnya diberikan saus asam dibagian atasnya. Pada tahun 1900-an awal ditambahkan bawang bombay dan saus tomat pada resep ini. Pendamping utama makanan ini adalah renyahnya parutan kentang.

5. Blini

5 Makanan Khas Rusia Buat Kulineran Wajib Wisatawan Makanan

Jika ingin merasakan pancake khas Rusia maka cobalah blini. Blini terbuat dari adonan campuran tepung soba, susu asam dan air yang dipanggang dalam oven. Blini biasanya disajikan dengan kaviar, quark, mentega, krim asam dan lain-lainnya.

Makanan khas Rusia bisa menjadi pilihan bagi wisatawan saat berwisata kuliner di negara ini. Meskipun pada awalnya mungkin agak terasa aneh di lidah masyarakat Indonesia. Namun lambat laun kita bisa ketagihan dengan makanan-makanan tersebut. Hampir seluruh makanan tersebut adalah makanan tradisional yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu.

Lihat juga makanan khas arab saudi

Bisa dibayangkan bagaimana resep-resep makanan itu bisa bertahan selama ratusan tahun tanpa perubahan rasa yang berarti. Mengetahui hal itu saja tentu membuat wisatawan ingin merasakan juga cita rasa panganan berusia tua tersebut. Nilai historical dan sejarahnya semakin membuat nikmat saat melahapnya.  Jadi siapa yang tidak mau menjadi bagian dari sejarah dengan mecicipi resep makanan yang berusia ratusan tahun itu??

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *