10 Makanan Khas Singapura yang Halal

Singapura menjadi salah satu tujuan liburan menarik bagi warga Indonesia yang ingin berlibur ke luar negeri. Alasannya tentu saja karena Singapura memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi.

Lihat juga Makanan Khas Indonesia Terbaik

Selain itu letaknya yang sangat dekat dengan Indonesia juga bisa meminimalkan biaya liburan dari segi transportasi. Dengan biaya yang murah sudah bisa berlibur ke luar negeri. Jika berkunjung ke Singapura jangan hanya berfoto di depan patung Merlionnya saja, tapi juga harus mencicipi aneka makanan khas Singapura semua informasi tentang makanan dan oleh oleh tentu hanya di makananoleholeh.com

Makanan Khas Singapura Halal dan Enak

Jika anda punya rencana liburan ke Singapura dan mencari rekomendasi kuliner apa saja yang harus dicicipi selagi ada disana, di bawah ini 10 daftarnya.

Ada apa saja?

Loading...

1. Laksa Makanan khas Singapura

10 Makanan Khas Singapura yang Halal Makanan

Laksa merupakan salah satu kuliner khas dari Singapura. Masakan ini ada berbagai jenis, mulai citarasa yang mirip kari dan ada juga yang citarasa asam khas Penang. Masakan laksa ini berisi mie, udang, kerang, perkedel ikan, dan tauge cincang. Kuahnya adalah kuah santan pedas berwarna kemerah-merahan.

Salah satu masakan laksa yang paling terkenal lezatnya di Singapura adalah laksa Katong. Laksa Katong ini beralamat di 53 E Coast Rd, Singapura 428771. Laksa Katong merupakan hidangan etnis Tionghoa (kaum peranakan) yang tinggal di wilayah Katong.

2. Ice Kachang

10 Makanan Khas Singapura yang Halal Makanan

Jika anda sedang berkunjung ke Negara Singapura, anda wajib mencoba ice kachang. Ice kachang adalah es serut khas Singapura yang disajikan dalam bentuk ice ball (dipadatkan seperti bola). Di atas es dituangkan sirup dan kemudian dilengkapi dengan anek topping seperti jelly, kolang kaling, jagung, dan kacang merah. Beberapa penjual terkadang juga menambahkan es krim di atasnya.

Es kachang memiliki tampilan warna-warni dengan rasa manis segar yang sangat cocok dinikmati di siang hari saat cuaca sedang panas. Es yang diserut halus akan langsung meleleh di dalam mulut begitu memakannya. Untuk mencicipi ice kachang ini anda bisa mengunjungi Chinatown atau berbagai pusat makanan lainnya di Singapura.

3. Kari Kepala Ikan Singapura

10 Makanan Khas Singapura yang Halal Makanan

Singapura adalah negara yang di dalamnya terdapat banyak suku/etnis. Salah satunya adalah etnis India. Jadi jangan heran jika banyak masakan India yang masuk sebagai sajian khas Singapura. Salah satunya adalah kari kepala ikan (fish head curry). Ikan yang digunakan untuk bahan masakan adalah ikan kakap merah. Sesuai dengan namanya, bagian yang digunakan adalah kepala ikan kakap.

Kari kepala ikan tersebut dimasak dengan cara dikukus kemudian disajikan dengan kari pedas dan sayuran. Biasanya masakan ini dimakan bersama nasi atau roti mantao. Salah satu tempat makan yang menyediakan masakan kari kepala ikan adalah Samy’s Curry Restaurant yang beralamat di 25 Dempsey Road, Singapura. Restauran tersebut telah menyajikan kari sejak puluhan tahun lalu.

4. Hokkien Prawn Mee

10 Makanan Khas Singapura yang Halal Makanan

Hokkien Prawn Mee adalah mie kuning dan bihun yang ditumis bersama bawang putih, telur, udang, cumi, taoge, dan kecap asin. Mie dicelupkan ke dalam kaldu, selanjutnya direbus bersama seafood, baru kemudian digoreng agak kering dengan sedikit kuah. Sudah bisa ditebak berdasarkan namanya, makanan ini adalah salah satu masakan China. Hokkien Prawn Mee diciptakan oleh para pelaut dari Tiongkok Selatan. Biasanya orang menyantap hokkien prawn mee bersama sambal cabai dan limau agar cita rasanya lebih tajam. Jika ingin mencoba masakan ini anda datang saja ke Kims Fried Hokkien Prawn Mee di 62B Jln Eunos, Singapura.

5. Chili Crab

10 Makanan Khas Singapura yang Halal Makanan

Makanan khas Singapura yang berikutnya adalah kepiting cabai / chili crab. Kepiting cabai adalah ramuan dari cangkang kepiting yang dibakar dengan tomat kental, telur, dan saus cabai. Kepiting yang digunakan biasanya adalah kepiting lumpur atau kepiting soka. Jangan khawatir, meski namanya chili crab namun citarasa pedasnya tidak akan menyengat di lidah. Di Singapura, masakan ini menjadi salah satu menu favorit. Untuk menikmatinya, biasanya chili crab dimakan bersama roti mantou.

6. Nasi Ayam Hainan

10 Makanan Khas Singapura yang Halal Makanan

Nasi ayam Hainan adalah kuliner wajib anda saat berkunjung ke Singapura. Kuliner ini bahkan disebut sebagai masakan nasional Singapura. Tak heran jika nasi ayam hainan bisa ditemukan dengan mudah di Singapura baik di restoran besar, kafe, pusat jajanan, hingga di hotel. Semua tempat tersebut menawarkan hidangan yang sama dengan harga bervariasi.

Nasi ayam Hanian adalah sajian daging ayam yang dipotong kecil-kecil atau bisa juga ayam utuh jika disantap dalam kelompok besar. Rasanya semakin nikmat dimakan bersama nasi wangi, sambal pedas, dan pasta jahe. Untuk mencicipi kuliner satu ini anda bisa datang ke Tian Tian Hainanese Chicken Rice yang ada di Maxwell Food Centre.

7. Kaya Toast

10 Makanan Khas Singapura yang Halal Makanan

Kaya Toast merupakan roti yang dibakar dengan arang atau dipanggang membungkus irisan mentega dingin dan olesan kaya melimpah, selai tradisional dari kelapa dan telur. Jajanan satu ini cocok dipadukan dengan secangkir teh atau kopi. Atau disandingkan dengan telur rebus setengah matang yang diberi kecap dan taburan lada putih. Kaya Toast biasanya digunakan sebagai menu sarapan pagi.

8. Fried Carrot Cake

10 Makanan Khas Singapura yang Halal Makanan

Meski namanya carrot cake, tapi makanan ini bukan menggunakan wortel yang berwarna jingga sebagai bahannya melainkan lobak putih. Lobak putih (dijuluki wortel putih) dicampur dengan tepung beras dikukus terlebih dahulu kemudian dipotong dadu. Selanjutnya digoreng dengan telur, bawang putih, bawang bombay, dan chai poh (lobak yang diasinkan).

Terdapat dua varian yang terkenal yaitu fried carrot cake hitam (dengan saus hitam caramel) dan fried carrot cake putih (dengan telur goreng garing yang digoreng hingga warnanya berubah menjadi warna keemasan yang sempurna.

9. Rojak Singapura

10 Makanan Khas Singapura yang Halal Makanan

Rojak Singapura mirip seperti rujak buah atau rujak manis di Indonesia. Rojak merupakan salad lokal dari campuran buah dan sayuran gurih. buah dan sayur yang digunakan biasanya adalah timun, nanas, lobak, tauge, kangkung, mangga muda, jambu air yang belum matang, tahu panggang, dan stik adonan goreng (you char kueh).

Semua bahan tersebut kemudian disiram saus hitam lengket dan ditaburi kacang cincang serta bunga jahe wangi yang dicincang untuk memberikan rasa agak pedas. Saus yang digunakan terbuat dari terasi yang difermentasi, jeruk nipis, gula, dan sambal. Campuran bahan saus tersebut akhirnya menghasilkan citarasa manis, asam, pedas yang menggugah selera.

10. Roti Prata

10 Makanan Khas Singapura yang Halal Makanan

Roti prata merupakan makanan dari etnis/suku India. Negara Singapura memang terdiri dari banyak etnis, jadi jangan heran jika makanan khasnya dipengaruhi oleh berbagai etnis tersebut termasuk dari India. Roti prata adalah roti tipis bersisik yang digoreng. Ada banyak varian roti prata diantaranya roti prata dengan saus kari pedas, keju, pisang, coklat, atau jamur.

Lihat juga makanan khas jerman

Itulah 10 makanan khas Singapura yang lezat dan menarik untuk dicicipi. Jadi kalau anda hendak pergi ke Singapura sudah tidak bingung lagi mau makan apa. Semoga informasi di atas bisa membantu anda.

10 Makanan Khas Singapura yang Halal Makanan

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5