5 Makanan Khas Sragen Dengan Rasa Luar Biasa

Posted on

Makanan khas Sragen memang terkenal akan kelezatannya yang tak tertandingi. Berbicara mengenai kabupaten Sragen yang berada di Jawa Tengah, pastinya tidak asing dengan museum manusia purba yang ada di Sangiran. Tidak hanya destinasi wisatanya saja yang menarik, mencicipi kuliner khas-nya menjadi suatu keharusan yang tidak boleh terlewatkan.

Di kota sragen ini terdapat beberapa makanan yang memang memiliki cita rasa menggiurkan misalnya seperti soto girin, botok mercon dan masih banyak makanan khas lainnya. Bagi anda yang ingin menikmati wisata kuliner disragen tentu ini menjadi tujuan yang sangat dinantikan.  Untuk mengetahui makanan apa saja yang paling hitz di sragen berikut ulasannya.

Makanan Khas Sragen

1. Soto Girin

5 Makanan Khas Sragen Dengan Rasa Luar Biasa Makanan

Soto girin merupakan kuliner pertama yang wajib anda coba saat berkunjung bersama keluarga atau teman. Soto legendaris ini menyuguhkan  rasa yang menggugah selera. Mbah girin mulai merintis usaha ini sejak tahun 1954 silam.

Hingga saat ini, cita rasa soto girin tetap terjaga dengan mempertahankan resep dan cara pembuatannya pun masih sama. Inilah rahasia kehebatan yang dimiliki soto girin.

Lihat juga makanan khas jogja

Proses pembuatan kuah dilakukan secara tradisional menggunakan kuali yang terbuat dari tanah liat dengan kayu bakar sebagai perapiannya. Tidak cukup sampai disitu, bumbu-bumbu rahasia pun menjadi kunci utamanya.

Kuah berwarna kuning kecoklatan dengan kaldu yang kental sangat menggoda. Terlebih lagi adanya potongan daging, kecambah, seledri, dan bawang goreng semakin menambah daya tarik untuk segera menyantapnya.

Untuk mencicipinya, datanglah ke Jalan Brigjen Katamso, Sragen Kulon. Maka anda akan terpukau dengan kelezatannya yang menggugah selera.

2. Bothok Mercon

5 Makanan Khas Sragen Dengan Rasa Luar Biasa Makanan

Bagi para pecinta kudapan pedas, cobalah hidangan bothok mercon. Rasa pedas yang teramat sangat akan anda rasakan saat pertama kali menyantapnya.

Dipadukan dengan ikan patin, bothok mercon ini berhasil membuat ketagihan para pelanggannya. Cocok disajikan dengan ditemani teh manis yang panas untuk menetralkan rasa pedas yang serasa melekat di lidah.

Untuk mencicipi bothok yang berabel merco ini, datanglah ke desa Nglombo, kecamatan Sidoharja. Lebih tepatnya di Dusun Tenggak, di depan jembatan Nggawan.

Tidak hanya bisa disajikan di tempat, namun anda juga dapat membawanya sebagai oleh-oleh. Untuk kisaran harga sangatlah terjangkau. Hanya sebesar Rp 3.500,- untuk setiap bungkusnya.

3. Bakso Rusuk Palur

5 Makanan Khas Sragen Dengan Rasa Luar Biasa Makanan

Menyantap hidangan berkuah hangat seperti bakso saat musim hujan memang menjadi suatu hal yang begitu nikmat. Bakso rusuk salur salah satunya.

Nama tesebut melekat pada kuliner satu ini karena adanya potongan rusuk iga sapi sebagai toppingnya. Semangkuk bakso disajikan dengan empat butir bakso dan beberapa potongan rusuk iga sapi.

Taburan bawang merah goreng beserta seledri semakin mempercantik tampilan bakso. Belum lagi tekstur bakso yang empuk dengan kuahnya yang kental.

Ada 3 menu utama yang ditawarkan, yakni bakso biasa, bakso rusuk, serta bakso tetelan. Jadi manakah yang anda pilih? Sebaiknya pilih sesuai selera masing-masing, dan jangan lupa sambangi kedai bakso ini di Jalan Sukowati, Sine, Kecamatan Sragen.

4. Walangan

5 Makanan Khas Sragen Dengan Rasa Luar Biasa Makanan

Makanan khas Sragen selanjutnya yang tak kalah enak adalah walangan. Jajanan tradisional yang dapat anda temukan di kecamatan Sumberlawang, Sragen ini terbuat dari singkong yang diparut.

Selanjutnya ditambahkan gula merah untuk membuatnya terasa manis. Terakhir digoreng dan di diamkan semalaman.

Barulah pada esok harinya, walangan dicampur dengan gula yang telah dicairkan. Dalam satu kali gigitan akan didominasi oleh rasa manis, gurih, dan renyah.

5. Gathot Sragen

5 Makanan Khas Sragen Dengan Rasa Luar Biasa Makanan

Gathot sragen menjadi makanan khas yang tidak boleh dilewatkan. Makanan ini terbuat dari gaplek yang direndam, lalu dicuci berulang kali. Baruah dipotong-potong dan dikukus.

Sebagai penambah rasa, ditambahkan pula garam serta gula jawa. Sebagai pelengkap, diberi taburan kelapa untuk membuatnya semakin gurih. Bahkan kini, gathot telah di inovasi dalam berbagai macam rasa, seperti pisang, nangka, dan lain sebagainya.

Lihat juga makanan khas magelang

Demikianlah 5 makanan khas Sragen yang wajib anda cicipi tatkala berlibur ke Sragen. Menggiurkan? Pastinya. Membuat lidah bergoyang dan ketagihan.

Tags: makanan khas sragen, kuliner sragen 2019, Makanan khas sr, oleh oleh khas sragen

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *