10 Makanan Khas Sukabumi Paling Enak dan Terkenal

Posted on

Mengisi waktu liburan dengan mengunjungi suatu daerah memang menjadi aktifitas yang menarik untuk diwujudkan. Dikatakan menarik karena tindakan ini akan memberikan dampak positif bagi pelakunya. Dampak positif yang akan diperoleh adalah munculnya rasa bahagia. Timbulnya rasa bahagia dalam diri akan membuat semangat menjalankan rutinitas harian kembali pulih.

Oleh sebab itulah, maka tidak mengherankan jika daerah dengan banyak obyek wisata selalu rame dengan para pengunjung pada waktu liburan. Salah satu daerah yang dapat dikunjungi di waktu liburan atau senggang adalah sukabumi. Di daerah ini terdapat begitu banyak tempat rekreasi. Selain banyaknya tempat rekreasi, ternyata daerah yang berada di Provinsi Jawa Barat itu memiliki masakan khas yang lezat. Oleh sebab itulah, maka ketika berlibur ke tempat tersebut tidak ada salahnya untuk menikmati masakan khas sukabumi.

Lihat juga Makanan Khas Bali Yang Enak

Siapakah yang tidak kenal dengan Sukabumi? Sukabumi merupakan sebuah nama daerah yang berada di kawasan Jawa Barat. Daerah Sukabumi ini terkenal dengan obyek wisata yang menarik. Keadaan ini menjadikan Sukabumi menjadi tujuan liburan masyarakat tanah air.

Makanan Khas Sukabumi Jawa Barat

Sukabumi memang menjadi daerah di Jawa Barat yang memiliki obyek wisata alam jempolan. Dikatakan jempolan karena pesona alam di kawasan Sukabumi mampu menarik perhatian para wisatawan. Alhasil, Daerah yang berada di Provinsi Jawa Barat ini selalu ramai dengan para pengunjung.

Selain terkenal dengan potensi wisata alamnya, ternyata Sukabumi memiliki daya tarik lainnya. Daya tarik lainnya ini datang dari menu masakan khas atau kuliner. Menu masakan khas dari daerah ini terkenal dengan rasanya yang lezat. Oleh sebab itulah, maka sangat disayangkan jika para pengunjung tidak mencicipinya.

Di daerah Sukabumi Jawa Barat terdapat begitu banyak masakan kuliner. Berbagai jenis hidangan itu memiliki rasa yang nikmat. Maka dari itulah, para pengunjung akan merasa jika belum mencoba masakan kuliner asli Sukabumi. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai berbagai macam masakan asli dari Daerah Sukabumi. Adanya pembahasan ini akan membantu anda yang sedang mencari masakan enak dari Sukabumi. Berikut daftar masakan lezat dari Sukabumi yang perlu diketahui.

1. Surabi Makanan Khas Sukabumi

10 Makanan Khas Sukabumi Paling Enak dan Terkenal Makanan

Surabi Sukabumi menjadi makanan yang begitu terkenal. Makanan ini memiliki keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan surabi pada umumnya. Kuliner surabi Sukabumi dibuat dari bahan dasar berupa buah durian. Alhasil, surabi model ini memiliki rasa khas berupa buah durian. Jenis makanan lezat ini dapat dengan mudah di jumpai pada sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Di sepanjang jalan tersebut, anda dapat menjumpai kue surabi yang dijajakan oleh para penjual.

2. Nasi uduk ungu Sukabumi

10 Makanan Khas Sukabumi Paling Enak dan Terkenal Makanan

Kuliner enak dari Sukabumi selanjutnya adalah nasi uduk warna ungu. Sesuai dengan namanya, hidangan ini memiliki warna ungu. Tentu saja nasi uduk berwarna ungu berbeda dengan daerah lainnya. Pada umumnya, nasi uduk hanya berwarna putih saja. Akan tetapi, nasi uduk dari Sukabumi memiliki warna ungu. Warna ungu dari masakan ini berasal dari bahan buah bit dan ubi ungu yang menjadi campurannya. Seperti hidangan nasi uduk pada umumnya, kuliner khas Sukabumi ini juga dilengkapi dengan berbagai macam lauk. Adapun lauk pauk yang terdapat dalam nasi uduk ungu antara lain tahu dan tempe goreng, telur dadar, daging ayam, sambal dan lalapan.

3. Bubur bunut Sukabumi

10 Makanan Khas Sukabumi Paling Enak dan Terkenal Makanan

Ketika berkunjung ke Sukabumi belum terasa lengkap jika belum mencoba bubur bunut. Pada dasarnya, bubur bunut merupakan masakan kuliner asli dari Sukabumi yang sangat pas untuk dijadikan sebagai sarapan di pagi hari. Bubur bunut tidak akan membuat perut terasa kenyang. Oleh sebab itulah, maka makanan jenis ini perlu anda santap dikala pagi sebelum beraktifitas.

4. Bubur ayam asli Sukabumi

10 Makanan Khas Sukabumi Paling Enak dan Terkenal Makanan

Bubur ayam menjadi sebuah hidangan yang sangat terkenal di nusantara. Selain karena rasanya yang lezat, bubur ayam juga dijual dengan harga terjangkau. Di daerah sukabumi bumi pun juga terdapat kuliner bubur ayam. Bubur ayam khas sukabumi dicampuri dengan ampela dan ati yang telah diberi bumbu. Jenis bumbu yang digunakan untuk ati dan ampela yakni rempah – rempah. Penggunaan takaran rempah – rempah yang pas membuat ati dan amela teras nikmat. Oleh sebab itulah, maka masakan khas sukabumi tersebut begitu populer.

5. Sekoteng Singapore Sukabumi

10 Makanan Khas Sukabumi Paling Enak dan Terkenal Makanan

Meskipun menggunakan nama Singapore, akan tetapi minuman sekoteng menjadi kuliner khas Sukabumi. Minuman jenis ini akan terasa nikmat jika diminum pada waktu malam hari. Keunikan sekoteng dari Sukabumi ini terletak pada adanya kue jahe coklat di dalam minuman. Adanya tambahan jahe coklat membuat minuman terasa semakin nikmat.

6. Roti Priangan Sukabumi

10 Makanan Khas Sukabumi Paling Enak dan Terkenal Makanan

Bagi para penggemar masakan sunda maka perlu mencoba masakan roti priangan. Sesuai dengan namanya, jenis roti ini berasal dari jawa barat. Lebih tepatnya, roti priangan berasal dari sukabumi. Pada waktu berkunjung ke sukabumi, maka anda dapat menjadikan roti priangan sebagai oleh – oleh atau buah tangan.

7. Mie goreng khas Sukabumi

10 Makanan Khas Sukabumi Paling Enak dan Terkenal Makanan

Hidangan khas Sukabumi yang terkenal lezat adalah mie goreng. Mie gorengan menjadi makanan yang banyak disukai masyarakat tanah air. Jenis hidangan yang berbahan dasar mie ini memiliki rasa yang enak. Oleh sebab itulah, maka banyak orang yang menyukai hidangan mie goreng. Di daerah Sukabumi pun juga terdapat kuliner mie goreng. Masakan jenis ini dapat dengan mudah dijumpai pada Jalan Jendral Ahmad Yani.

8. Bolu pisang Sukabumi

10 Makanan Khas Sukabumi Paling Enak dan Terkenal Makanan

Bolu pisang termasuk dalam kuliner Sukabumi yang sayang untuk dilewatkan. Makanan ini dibuat dari bahan berupa buah pisang. Jenis makanan asli Sukabumi ini dapat dijadikan sebagai buah tangan. Hal itu dapat terjadi karena kue bolu pisang khas Sukabumi mampu bertahan selam 1 minggu.

9. Kue mochi

Masakan terkenal dari Sukabumi adalah kue mochi. Pada dasarnya, kue mochi memang menjadi makanan yang paling diburu para wisatawan. Selain karena rasanya yang enak, jenis kue mochi juga memiliki berbagai macam rasa. Tersedia berbagai macam rasa ini membuat para pembeli dapat memilih sesuai keinginan masing – masing. Pemilihan rasa sesuai keinginan masing – masing inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari sebuah kue michi khas Sukabumi.

10. Brandros ata Sukabumi

10 Makanan Khas Sukabumi Paling Enak dan Terkenal Makanan

Masakan khas Sukabumi yang terakhir adalah bandros ata. Pada dasarnya, brandos ata merupakan sebuah masakan kuliner yang berwujud kue. Jenis kue ini sangat cocok untuk teman begadang di waktu malam hari. Brandos ata memiliki rasa yang lezat. Rasa lezat dari makanan ini membuat siapa saja yang mencobanya pasti ketagihan.

Lihat juga Makanan Khas Jember Yang Enak

Oleh sebab itulah, jajanan kue brandos ata begitu digemaei oleh para wisatawan. Bagi anda yang sedang mencari camilan khas ini, maka dapat menemukan para penjualnya di kawasan Jalan Gudang Sukabumi. Kuliner ini akan dijajakan pada waktu malam hari mulai pukul 19.00.

Tags: oleh oleh sukabumi, Makanan khas sukabumi, sukabumi terkenal dwngan apa, Apa saja makanan yang ada di daerah suka bumi, kuliner khas sukabumi, masakan sukabumi, oleh oleh khas sukabumi, oleh olh sukabumi

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *