20 Minuman Buka Puasa Yang Enak dan Segar

Posted on

Minuman buka puasa yang segar selalu menggugah selera. Saat berbuka puasa adalah saat yang paling ditunggu. Berbuka dengan minuman yang segar merupakan salah satu keharusan. Karena berpuasa seharian akan mengurangi cairan dalam tubuh kita. Oleh karena itu, saat berbuka kita perlu mengembalikan cairan tubuh.

Minuman segar biasanya akan lebih disukai dibanding minuman yang hangat. Misalnya es teh, es cendol, ataupun es kelapa muda. Minuman segar dan manis terasa lebih cocok untuk menghilangkan dahaga. Walaupun yang lebih baik adalah meminum air putih terlebih dahulu untuk menetralkan tubuh. Air dingin / air es cenderung mengagetkan syaraf tubuh yang berpuasa 12 jam.

Minuman segar kekinian makin berkembang seiring waktu. Untuk berbuka puasa, tak hanya es cendol ataupun es teh, tapi terdapat berbagai varian lainnya. Mulai dari jus buah, es campur, milkshake, es kepal milo, es pelangi, es pisang ijo, es serut, dan lainnya. Berbagai macam minuman ini dapat diolah sendiri dengan mudah di rumah. Berikut beberapa minuman berbuka puasa yang simpel dan mudah dibuat.

Minuman Berbuka Puasa yang Sehat

20 Minuman Buka Puasa Yang Enak dan Segar Makanan
Minuman Berbuka Puasa yang Sehat

Air Kelapa

Minuman untuk berbuka puasa yang satu ini pasti sudah tak asing lagi. Air kelapa menjadi salah satu minuman pelepas dahaga terfavorit. Tak hanya segar, air kelapa juga memiliki rasa yang unik. Rasa air kelapa yang manis masam dengan daging kelapa yang empuk menjadikan minuman ini paling banyak dicari.

Tak hanya saat berpuasa, air kelapa juga menjadi primadona saat berlibur ke pantai. Rasa segar dari air kelapa memang terbukti dapat mengembalikan cairan tubuh. Untuk menu berbuka puasa, air kelapa memang cocok.

Dari pada membeli air kelapa yang dijual di warung, alangkah lebih sehat jika kita membuatnya sendiri. Biasanya, jika kita membeli es kelapa muda di warung, maka sudah diberi campuran. Air kelapa yang dijual tidak murni dan biasanya telah dicampur dengan air biasa. Penjual juga biasanya menambahkan pemanis sintesis sehingga manis es kelapa tidak murni lagi.

Untuk membuat es kelapa muda sangatlah mudah. Pilihlah kelapa muda karena akan memiliki air yang lebih manis dan daging yang lembut. Tambahkan es batu dan sedikit gula aren agar menambah rasa gurih dan manis alami. Potong-potong daging kelapa, campurkan ke dalam air kelapa dan sajikan untuk menu penghilang dahaga saat berbuka.

Jus Buah

Jus buah juga merupakan salah satu minuman buka puasa yang mudah dan simpel. Selain itu, meminum jus buah juga dapat menggantikan asupan buah sehari-hari. Jus buah adalah minuman yang sehat karena mengandung vitamin dari buah langsung. Berbeda dengan jus kemasan, jus dari buah asli akan lebih segar.

Ada bermacam buah yang dapat dijadikan jus. Buah naga, mangga, apel, jeruk, melon, alpukat, jambu, nanas, dan lainnya bisa dijadikan jus. Selain itu, sayuran juga bisa dijadikan jus seperti wortel dan tomat. Selain jus dari satu buah, kita juga bisa membuat jus campuran dari bermacam buah.

Cara membuat jus ini juga sangat mudah. Kita hanya butuh buah yang ingin dijus, es batu, air, dan blender. Kupas buah dan hilangkan bijinya. Masukkan ke dalam blender, tambahkan es dan sedikit air. Setelah buah diblender, saring jus hingga tersisa airnya. Sebagian buah memiliki ampas jika diblender, namun sebagian lagi tidak sehingga bisa langsung dituang.

Jus buah yang sehat tidak perlu tambahan gula ataupun susu. Rasa manis alami dari buah lebih nikmat dan menyegarkan. Satu buah segar bisa dijadikan 2 gelas jus buah yang sehat. Tidak perlu menambahkan air terlalu banyak karena akan mengurangi rasa dari buah tersebut.

Air Putih

Selain jus buah, minuman sehat yang bisa dijadikan penghilang dahaga saat berpuasa adalah air putih. Saat dalam keadaan tidak berpuasa, tubuh kita memerlukan 8 gelas air putih setiap harinya.  Cairan dalam tubuh akan berkurang jika kita tidak meminum air putih dengan cukup.

Air  putih juga sangat menyehatkan. Selain netral dan tidak memiliki perasa, air putih sangat menyegarkan. Air putih juga membantu dalam proses detoksifikasi dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan air putih, maka akan menyebabkan kelelahan, pusing, dan sebagainya.

Meminum air putih saat sahur dan berbuka sangat penting. Sebelum memasukkan makanan dalam tubuh, minumlah satu gelas air putih. Ini akan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi lebih cepat. Selain itu, air putih juga membantu melancarkan pencernaan.

Campuran Air Putih dan Buah

Campuran air putih dan buah mungkin bisa disebut sebagai jus. Namun, jika tidak diblender, maka cuah akan utuh dan tidak menyatu dengan air. Campuran buah dengan air putih ini juga bisa menjadi alternative minuman buka puasa yang sehat.

Buah yang dapat digunakan untuk minuman sehat nan segar ini misalnya buah mangga. Buah mangga mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh. Selain itu, buah mangga juga memiliki rasa dan aroma yang harum. Untuk membuat minuman dari campuran air putih dan buah mangga yang segar ini, diperlukan beberapa bahan.

Siapkan mangga yang tidak terlalu manis dan masam, gula putih, air putih, dan es batu. Rebus air dan gula putih secukupnya hingga mendidih. Jika sudah mendidih, diamkan agar air gula tersebut dingin. Kemudian, kupas mangga dan potong dadu. Masukkan potongan mangga ke dalam air gula, dan tambahkan es batu.

Jika tidak ingin menggunakan es batu, masukkan campuran buah mangga dan air gula ke dalam kulkas. Biarkan beberapa jam hingga dingin dan mangga tercampur dengan air gula. Sajikan ketika waktu berbuka puasa tiba. Minuman ini selain sehat, pastinya juga menyegarkan.

Campuran Susu dan Buah

Campuran susu dan buah juga bisa menjadi pilihan menu untuk berbuka puasa. Menu ini bisa disamakan dengan salad buah atau sop buah. Salad buah juga merupakan menu sehat. Salad buah biasanya terdiri dari berbagai macam buah yang dicampur susu, keju, dan mayonnaise.

Membuat salad buah di rumah juga mudah dilakukan. Kini sudah banyak varian salad buah yang dikombinasi dengan coklat, greentea, oreo, maupun rasa lainnya. Untuk bahan yang dibutuhkan adalah buah sesuai selera. Bisa saja apel, melon, anggur, pir, mangga, jeruk. Kemudian untuk sausnya bisa menggunakan mayonnaise dan susu.

Semua buah dipotong dadu dan dicampur dengan susu dan mayonnaise. Setelah tercampur, masukkan dalam wadah lalu tambahkan toping sesuai selera. Bisa menggunakan keju, coklat, oreo, greentea, ataupun cream cheese. Salad buah ini enak dinikmati dalam keadaan dingin, jadi sebaiknya disimpan dalam kulkas terlebih dahulu.

Selain salad, campuran buah dengan susu juga bisa menjadi sop buah. Bahan yang dibutuhkan adalah buah berbagai macam, susu, es batu, air, dan sirup. Potong buah dengan bentuk dadu atau menggunakan cetakan buah. Campurkan air dengan susu dan sirup hingga mendapatkan manis yang diinginkan. Masukkan buah dan es batu lalu sajikan.

Minuman Segar Untuk Buka Puasa

20 Minuman Buka Puasa Yang Enak dan Segar Makanan
Minuman Segar Untuk Buka Puasa

Es Kelapa

Es kelapa muda adalah minuman yang tak dapat dilewatkan ketika berbuka puasa. Segarnya air kelapa dengan tambahan gula aren dan es batu akan menghilangkan dahaga seketika. Es kelapa menjadi minuman yang populer karena mudah didapatkan dan juga menyegarkan.

Saat bulan puasa maupun tidak, es kelapa tetap menggoda. Variannya juga tidak hanya es kelapa saja, namun biasanya pedagang menambahkan gula atau sirup. Walaupun bertambah manis, namun tidak mengurangi rasa khas kelapa muda. Tak hanya air kelapa, daging kelapa juga sangat diminati sebagai campuran minuman.

Es Campur

Es campur juga menjadi minuman favorit saat berbuka. Minuman ini biasanya terdiri dari berbagai macam isian sehingga disebut es campur. Es campur biasanya terdiri dari tape singkong, buah nangka, cendol, kelapa muda, cincau , sirup, dan es serut.

Minuman ini biasanya juga dicampur dengan santan kelapa yang sedikit encer dan juga susu kental manis. Santan kelapa akan memberikan rasa gurih sedangkan susu akan menambah rasa manis.

Es ini memiliki cita rasa yang khas karena terdiri dari berbagai rasa. Ada rasa asam dari tape, rasa manis dari sirup dan susu, dan rasa gurih dari kelapa dan santan. Sedangkan buah nangka akan memberikan aroma harum yang menggoda selera.

Es Buah

Es buah atau juga sop buah adalah salah satu minuman yang bergizi. Terdiri dari potongan buah yang segar dengan tambahan susu dan sirup. Biasanya sop buah ini disajikan dengan es batu yang diserut.

Beberapa orang juga menambahkan rumput laut dan cincau sebagai topping es buah. Selain sehat dan menyegarkan, es buah ini sangat cocok untuk berbuka puasa.

Es Kopyor

Es kopyor adalah es yang berisikan kelapa muda dengan kuah gula aren. Es ini sangat menyegarkan walaupun tanpa banyak isian. Hanya daging kelapa, buah nangka, dan juga es batu sudah sangat menyegarkan.

Es kopyor ini juga sangat mudah ditemukan di pedagang kaki lima atau pinggir jalan.  Jika ingin membuatnya di rumah pun sangat mudah. Bahan yang diperlukan dapat dibeli di pasar.

Es Dawet

Es dawet merupakan minuman khas Jawa Tengah. Minuman ini juga sering tersedia dalam acara adat seperti resepsi pernikahan. Minuman ini sangat segar karena terbuat dari santan kelapa, kuah gula aren, dan juga dawet.

Dawet atau cendol ini biasanya terbuat dari sari daun pandan dan tepung kanji. Terkadang dawet ini juga berwarna hitam karena terbuat dari maram atau arang. Namun, jangan khawatir karena dawet tersebut aman untuk dikonsumsi.

Minuman Buka Puasa yang Mudah Dibuat

20 Minuman Buka Puasa Yang Enak dan Segar Makanan

Es Teh

Es teh adalah minuman untuk berbuka puasa. Kita hanya butuh the, gula putih, air panas, dan juga es batu.

Sesuai anjuran, berbuka harus diawali dengan sesuatu yang manis. Es the ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Membuat es teh juga sangat mudah dan cepat. Es the bisa dibuat ketika menjelang waktu berbuka puasa.

Es Cincau

Es cincau yang segar terbuat dari sari daun suji. Es cincau ini terasa segar karena campuran dari santan kelapa dan juga gula aren. Tambahan es batu akan membuat es cincau lebih segar.

Selain itu, es cincau juga mudah untuk dibuat. Daun suji yang didinginkan beberapa jam akan membeku dan bertekstur seperti jelly atau agar-agar. Cincau ini tidak memiliki rasa karena sebaiknya memang tidak ditambahkan pemanis.

Es Semangka

Terdengar kurang familiar dengan nama minuman yang satu ini. Tapi es semangka benar-benar cocok untuk berbuka puasa.  Semangka adalah buah yang segar karena mengandung 90% air. Sehingga buah ini ditambah dengan air es dan sirup akan sangat menyegarkan.

Es Buah Melon

Buah melon sudah sangat populer sebagai buah yang kaya akan air. Buah ini juga mengandung vitamin dan manfaat detoks bagi tubuh. Membuat es buah melon akan sangat mudah.

Campurkan buah melon yang telah dipotong-potong kemudian tambahkan air es dan susu atau sirup. Hidangkan selagi menjelang berbuka puasa agar lebih segar.

Minuman Buka Puasa yang Enak dan Sederhana

20 Minuman Buka Puasa Yang Enak dan Segar Makanan

Es Kelapa Muda dan Alpukat

Buah alpukat sangat mengandung nutrisi yang baik. Membuat es buah kelapa dengan alpukat sangatlah mudah. Bahan yang dibutuhkan yaitu daging buah kelapa, alpukat, gula aren, air es, dan susu.

Potong daging buah kelapa dan alpukat sesuai selera. Tambahkan air es, gula aren, dan susu kental manis sesuai selera. Aduk hingga merata dan sajikan selagi dingin.

Es Jelly dan Susu

Jelly adalah favorit anak-anak. Untuk menyajikan minuman simpel dari jelly, bisa menggunakan campuran jelly dan susu. Jelly juga memiliki beberapa varian, sehingga akan menambah cita rasa.

Masukkan jelly dengan rasa yang diinginkan, tambahkan sirup 2 sdm, dan tambahkan air. Aduk hingga sirup tercampur dengan air lalu tambahkan es batu.

Es Kurma dan Susu

Kurma dalah buah yang dapat ditemui saat bulan puasa tiba. Memakan kurma juga dianjurkan sebagai pembuka saat buka puasa.selain dimakan secara langsung, kurma juga dapat diolah menjadi es yang segar.

Siapkan kurma yang telah dibuang bijinya. Siapkan susu, gelas, dan air. Pastikan menggunakan susu kental manis plain / tanpa rasa. Kemudian masukkan susu dan air, aduk hingga tercampur. Setelah itu masukkan potongan kurma dan sajikan untuk berbuka puasa.

Es Nata De Coco, Kurma, dan Cincau

Campuran nata de coco, kurma, dan cincau adalah kombinasi yang sangat lezat. Selain mengandung nutrisi, sajian yang satu ini sangat menyegarkan untuk berbuka puasa. Kurma, nata de coco, dan cincau bisa disajikan dengan kuah santan dan gula aren. Atau juga bisa disajikan dengan susu dan sirup.

Es Tarik Cincau

Es tarik yang melegenda ini sangat cocok untuk berbuka puasa. Teh tarik ini bisa juga disajikan dengan cincau sebagai pelengkap. Tambahan cincau akan menambah rasa segar pada es tarik.

Biasanya es tarik hanya berisi campuran susu dan the yang dikocok hingga tercampur. Namun, topping cincau akan menambah varian rasa pada es tarik ini. Es tarik ini dapat disajikan dengan air dingin menggunakan es, ataupun air hangat tanpa es.

Rekomendasi minuman segar yang cocok untuk berbuka puasa. Seluruh minuman tersebut bisa dengan mudah disajikan dan dibuat di rumah dengan bahan yang sederhana.

Tags: es sederhana untuk buka puasa, gambar makanan dan minuman berbuka puasa, minuman sehat berbuka puasa

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *