5 Makanan Khas Gunung Kidul Wajib Buat Oleh-oleh

Posted on

Makanan khas Gunung Kidul bisa dicoba oleh wisatawan saat berkunjung ke daerah ini. Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Wilayah kabupaten ini mencakup sepertiga dari luas DIY. Kondisi topografi Gunung Kidul berupa pegunungan kapur dan perbukitan. Kabupaten ini terkenal dengan daerah yang tandus dan saat musim kemarau sering mengalami kekeringan.

Makanan khas Gunung Kidul menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Hal ini tak lain karena cita rasanya yang unik dan berbeda dengan makanan dari daerah lain. Beberapa makanan bisa dibuat dengan mudah di rumah. Makanan-makanan tersebut antara lain:

Makanan Khas Gunung Kidul

1. Nasi Tiwul

5 Makanan Khas Gunung Kidul Wajib Buat Oleh-oleh Makanan

Nasi Tiwul adalah makanan pokok masyarakat daerah Gunung Kidul. Pangan ini terbuat dari singkong yang sudah dikeringkan ( biasa disebut tepung gaplek ) yang diolah menjadi nasi tiwul. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan manis. Cita rasa itu diperoleh dari campuran gula merah dan kelapa parut pada nasi tiwul itu.

2. Gatot

5 Makanan Khas Gunung Kidul Wajib Buat Oleh-oleh Makanan

Sepintas jika mendengar nama makanan ini seperti sebuah nama orang bukan. Namun Gatot di Gunung Kidul adalah sebuah makanan yang terbuat dari gaplek ( singkong yang telah dikeringkan ) kemudian di kukus dan diberi taburan kelapa parut dan garam. Gaplek menjadi bahan makanan utama Gunung Kidul.Sehingga ada beberapa makanan yang dibuat dari bahan pokok ini.

3. Walang Goreng

5 Makanan Khas Gunung Kidul Wajib Buat Oleh-oleh Makanan

Walang goreng atau belalang goreng adalah salah satu yang paling khas dari Gunung Kidul. Mendengar nama makanannya saja tentu membuat siapa saja akan bergidik ngeri. Namun rasa dari serangga goreng ini tidak semenakutkan saat mendengar namanya.

Lihat juga makanan khas jogja

Walang goreng memiliki cita rasa yang gurih. Karena sebelum di goreng, belalang yang sudah mati dan dibersihkan itu dicampur bumbu perasa agar lebih sedap saat menyantapnya. Makanan ini bisa dijumpai di sepanjang jalan menuju objek wisata pantai di Gunung Kidul.

4. Sayur Lombok Ijo

5 Makanan Khas Gunung Kidul Wajib Buat Oleh-oleh Makanan

Sayur Lombok ijo khas Gunung Kidul terkenal karena cita rasanya yang gurih dan pedas. Sangat cocok disantap dengan nasi hangat. Bahan yang digunakan untuk memasak sayur ini antara lain cabai hijau, tempe, santan  kelapa dan bumbu rempah-rempah.

Cara memasaknya pun cukup mudah. Cukup dengan menumis bahan rempah-rempah tersebut dengan cabai hijau kemudian masukkan tempe dan santan kelapa. Masak hingga matang. Sayur ini biasanya dijajakan di setiap rumah makan yang ada di Gunung Kidul. Karena prose pembuatannya yang cukup mudah biasanya resep sayur ini dibuat di rumah.

5. Urap Trancam

5 Makanan Khas Gunung Kidul Wajib Buat Oleh-oleh Makanan

Urap trancam adalah makanan khas lainnya yang ada di Gunung Kidul. Makanan ini terbuat dari berbagai macam sayuran mentah yang dipotong-potong sesuai selera. kemudian dicampur dengan parutan kelapa yang telah dibumbui. Sayuran yang biasa digunakan adalah potongan kacang panjang, taoge, daun kemangi dan potongan mentimun.

Makanan khas Gunung Kidul wajib dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Meskipun terkenal dengan daerah yang tandus tapi Gunung Kidul menyimpan keindahan alam dan kelezatan kuliner yang tiada duanya. Makanan sederhana namun akan langsung melekat di lidah setiap orang yang mencobanya.

Lihat juga makanan khas klaten

Bahan dasar yang mudah ditemukan dengan cara pembuatannya yang cukup mudah membuat makanan-makanan ini bisa dibuat sendiri oleh wisatawan di rumah. Jadi jangan lupa mencicipi kuliner khas daerah ini saat menikmati berbagai pantai eksotis yang ada di Gunung Kidul.

Tags: makanan khas gunung kidul

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *