Written by 03:32 Makanan Khas

Oleh-oleh Khas Pemalang

Pemalang merupakan kota kecil di Jawa Tengah. Namun, letaknya yang dekat pantai membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di provinsi ini. Bukan hanya itu, ada setidaknya 10 oleh-oleh khas Pemalang yang layak untuk Anda coba.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Pemalang yang Wajib Dibawa Pulang

Selain pantai, Pemalang juga dikenal dengan wisata kebunnya seperti kebun teh dan strawberi. Tak sedikit juga bangunan-bangunan dan tempat bersejarah yang bisa Kamu kunjungi. Belum lagi dengan adat budayanya juga yang khas.

Lihat juga oleh oleh khas solo

Namun, jika ada keluarga atau orang dekatmu yang terpaksa tak ikut melancong ke kota ini, sebaiknya Kamu jangan melupakan mereka. Minimalnya ya membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. 

Lantas, apa saja oleh-oleh khas Pemalang yang bisa Kamu beli? Berikut ulasannya untuk Anda.

Oleh-oleh Khas Pemalang

Kamir

Oleh-oleh Khas Pemalang

Mungkin istilah kamir terdengar asing di telinga orang Indonesia. Hal itu wajar, soalnya kamir ini sejatinya adalah makanan khas dari Arab. Asal katanya sendiri adalah khamir.

Namun nyatanya, di Pemalang makanan ini banyak bertebaran dan bisa dijadikan pilihan oleh-oleh dari Pemalang. 

Bentuknya mirip dengan kue dorayaki yang ada dalam film serial anak Doraemon. 

Ia merupakan campuran olahan dari tepung terigu, telur dan mentega. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis bisa menemani waktu di perjalanan dan di rumah saat bersantai.

Banyak toko oleh-oleh yang menjual makanan yang awet bertahan 3 hari ini. Kamu tinggal cari saja ya!

Tahu Pletok

Nyatanya, bukan hanya Sumedang saja yang dikenal dengan tahunya yang khas. Pemalang juga punya tahu unggulannya sendiri. Yakni tahu pletok.

Tahu ini dibuat dari tahu biasa yang dibelah dan potongannya diisi dengan isian aci atau sagu yang dicampur bawang putih dan garam. Sekilas mirip dengan batagor bandung.

Memakan tahu pletok sangat cocok jika sambil disajikan dengan kecap pedas atau lalapan lombok. 

Kamu yang suka dengan makanan yang gurih dan renyah, dijamin nagih dengan tahu ini.

Ogel-ogel

Ogel-ogel adalah makanan ringan oleh-oleh khas Pemalang yang bisa jadi opsi untuk Kamu bawa pulang. Bahkan, kalau bisa Kamu borong saja yang banyak.

Rasanya yang gurih dan krenyes-krenyes bisa membuat lidahmu gak berhenti untuk melahapnya satu persatu sampai habis. 

Ogel-ogel ini sendiri terbuat dari bahan dasar tepung ketan. Dalam proses pengolahannya, dicampur dengan bahan lain seperti garam, gula, keju, dan lainnya.

Tentunya bisa Kamu makan sepanjang perjalanan pulang dan berhari-hari kemudian ketika di rumah. Syaratnya ya tadi, belinya harus banyak. Hehe..

Bongko Mento

Bongko mungkin bukan makanan yang asing bagi sebagian dari Kamu. Bisa jadi Kamu pernah mencicipinya juga di kota-kota lainnya.

Namun, bongko mento khas Pemalang ini memiliki perbedaannya tersendiri dibandingkan dengan bongko lainnya. 

Lihat juga oleh oleh khas medan

Bongko mento dibuat dari tepung terigu yang ada isian suwiran ayam serta tumis pepaya di dalamnya. Kemudian, ia dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Oh ya, sebelum dikukus, bongko ini dikucuri dengan santan.

Kedua proses terakhirlah yang barangkali menjadikan bongko ini spesial. Aromanya yang harum dan kuat memberikan tambahan kenikmatan dikala menyantapnya.

Apem Comal

Jika kamu pecinta makanan yang manis-manis, Kamu jangan melewatkan untuk membeli sekaligus membawa pulang apem comal. 

Ini adalah kue yang terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan gula jawa. Itulah sebabnya kue ini rasanya manis. Bentuknya sendiri bulat dengan warna yang kecoklatan.

Anda bisa mendapatkan kue yang satu ini di berbagai toko kue yang ada di Pemalang dengan harga yang sangat murah. Satu buahnya hanya 1000 rupiah saja. Murah kan?

Bandeng Montok

Selain banyak kue-kue yang enak, Pemalang juga memiliki panganan ikan yang juga tak kalah enaknya. Namanya adalah bandeng montok.

Mengapa dinamakan montok? Sebabnya, bandeng ini dijual dengan ukuran yang jumbo. Meskipun dalam satu bungkusnya hanya berisi satu ikan saja.

Bentuknya yang jumbo disebabkan proses pengolahannya yang menggunakan teknik tertentu sebelum dikukus.

Untuk ikan dengan ukuran sebesar yang biasa disajikan, harganya relatif murah. Berkisar 75 ribu rupiah saja.

Kamu bisa membawanya pulang untuk dijadikan oleh-oleh asalkan rumahmu tidak terlalu jauh dan bukan di luar negeri, semisal Zimbabwe atau Timor Leste.

Kraca Pemalang

Kraca atau mungkin Kamu lebih akrab mendengarnya dengan nama keong sawah dan tutut, adalah makanan khas Pemalang yang banyak Kamu temukan jika jalan-jalan di tempat ini.

Kraca pemalang sebetulnya biasa dijadikan makanan teman berbuka puasa di bulan Ramadhan. Meski demikian, tak ada salahnya jika disantap di waktu yang lain.

Kraca pemalang ini biasa dimasak dengan kuah bening dan daun kemangi. Fungsi daun inilah yang melenyapkan aroma amis menyengat dari kraca. 

Memang, kraca ini lebih enak untuk disantap di lokasi. Namun, jika rumahmu hanya beberapa jam dari Pemalang, tak ada salahnya juga Kamu membawanya pulang untuk orang di rumah.

Kerupuk Useg

Rasa-rasanya, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kerupuk khasnya masing-masing. Termasuk diantaranya Pemalang.

Pemalang juga punya kerupuk khas yang memiliki nama kerupuk useg. Kerupuk ini dari bentuknya agak mirip dengan makanan ringan taro, yang memiliki rongga-rongga kotak kecil. 

Harga kerupuk ini terhitung sangat murah. Untuk satu bungkus kerupuk useg yang kira-kira isinya ada 20 kerupuk, harganya hanya 3000 rupiah saja. Murah bukan?

Kamu bisa memborongnya jika Kamu pecinta kerupuk dan selalu  merasa tak lengkap jika makan nasi tanpa kerupuk.

Giar Sale

Olahan pisang memang terkenal enak-enak, termasuk sale pisang. Di Pemalang, Kamu juga bisa membawa pulang oleh-oleh cemilan khas Pemalang ini.

Sale ini diproduksi di Pulosari, salah satu desa yang ada di Pemalang. Terbuat dari pisang ambon berkualitas yang diolah menjadi sale basah dan sale kering.

Untuk sale kering, harganya lebih mahal karena bahannya lebih banyak. Terutama karena ada proses penggorengan yang membutuhkan minyak goreng.

Makanan sale khas Pemalang ini bisa dengan mudah Kamu temukan di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Pemalang. Salah satu brand yang paling terkenal adalah merek GIAR.

Kaos Khas Pemalang

Selain aneka makanan, Kamu juga bisa membeli oleh-oleh jenis lain. Salah satunya adalah dalam bentuk kaos.

Nyatanya, jika Kamu berjalan-jalan ke Pemalang, Kamu akan menemukan banyak penjual kaos. Diantaranya adalah kaos-kaos dengan berbagai sablon yang menunjukan identitas Pemalang.

Persis dengan kaos-kaos yang pernah Kamu temukan juga jika Kamu berjalan-jalan ke Jogja, Bandung, atau Bali.

Lihat juga oleh oleh khas bogor

Tentu saja, membeli kaos sebaiknya jangan dilewatkan. Mengingat ini adalah oleh-oleh yang relatif awet. Kamu bisa membelinya untuk orang-orang rumah dan kerabat dekat.

Itulah setidaknya 10 oleh-oleh khas Pemalang yang dapat Kamu beli jika datang ke kota yang ngapak ini. Hal yang terpenting, tentu saja pastikan persediaan uang cukup ya! Semoga bermanfaat!

Last modified: 30 November 2020