10 Makanan Khas Jawa Barat Terfavorite

Posted on

Berbicara mengenai makanan khas terdapat satu daerah di Indonesia yang menyimpan beragam makanan khas yang enak dan lezat. Kita semua pasti sudah tahu jika makanan khas Jawa Barat ini banyak macamnya serta hingga popular ke seluruh penjuru nusantara. Dengan cita rasa yang nikmat maka tidak heran jika makanan asli Jawa barat ini banyak digemari oleh pecinta kuliner.

Makanan khas Jawa Barat memiliki ciri khas yaitu pedas. Jika kamu merupakan pecinta makanan pedas maka makanan dari Jawa Barat ini sangat pas bagi lidah kamu semua. Makanan pedas ini bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh. Cabai kerap digunakan sebagai bahan alami penghangat tubuh. Nah untuk kamu yang menghindari makanan pedas maka bisa menuju ke daerah Parahyangan yang tidak pedas.

Lihat juga Makanan Khas Bandung

Selain memiliki cita rasa beda, makanan khas Sunda ini juga terkenal dengan kekreatifannya misalnya menggunakan beberapa bahan yang kurang dikenal namun berbeda dengan di Jawa Barat bahan-bahan tersebut malah bisa menjadi bahan makanan yang nikmat dan lezat.

10 Makanan Khas Jawa Barat

1. Nasi Lengko Jawa Barat

10 Makanan Khas Jawa Barat Terfavorite Makanan

Terkait dengan nasi lengko, ternyata nasi lengko ini merupakan salah satu olahan yang kemudian dipadukan antara nasi yang sudah diisi dengan sayuran serta gorengan. Isiannya biasanya berupa tahu, tempe goreng, daun kucai, mentimun serta tauge. Selain itu ditambah dengan taburan saos kacang yang memiliki rasa yang sangat enak serta yang pasti akan menggoyang lidah semua penikmatnya.

Bagi kamu yang gemar makan pedas maka Lengko ini bisa dipadukan dengan cabai sehingga akan memberikan rasa pedas. Bukan hanya enak lagi nasi lengko ini akan semakin nikmat manakala ditambah dengan daun goreng.

2. Tahu Kuningan Jawa Barat

10 Makanan Khas Jawa Barat Terfavorite Makanan

Seperti dengan namanya sebagian besar tahu dari Jawa Barat ini ditemukan dibeberapa wilayah Jawa Barat. Nah sesuai dengan namanya, tahu kuningan ini merupakan tahu yang berasal dari Kuningan. Tahu kuningan akan semakin nikmat manakala dipadukan dengan menggunakan cabai atau sambal.

Kamu semua tentu sudah tau dengan namanya tahu, ya tahu ini merupakan jenis makanan yang terbuat dari olahan kedelai yang sudah difermentasi sebelumnya. Yang membedakan yaitu tahu Kuningan ini memiliki bentuk yang padat serta rasa yang gurih dan mampu menggoyang lidah kamu semua.

3. Mie Kocok Jawa Barat

10 Makanan Khas Jawa Barat Terfavorite Makanan

Mungkin mie kocok ini kurang familiar terdengar, akan tetapi rasanya jangan diragukan lagi. Mie kocok ini merupakan mie yang sudah dicampur dengan telur sehingga akan menambah rasa yang berbeda.

Pada satu porsi mie kocok ini terdiri dari Mie, sawi, telur serta beberapa bahan makanan lainnya.

Dalam porsi spesialnya Mie Kocok kaya akan kandungan Gizinya, selain terdapat sayur dimana sayur banyak vitaminnya, kebutuhan proteinya juga didapat dari daging. Masakan khas Jawa Barat ini layak untuk dicicipi karena rasanya yang gurih dan enak, serta biaya yang dikeluarkan untuk membelinya tidak terlalu mahal.

4. Lepet Kuningan Jawa Barat

Makanan satu ini sudah cukup terkenal dikarena kerap disajikan saat idul fitri serta idhul adha. Lepet kuningan ini memiliki warna yang agak coklat sehingga berbeda dengan jenis lepet yang biasanya agak menguning warnanya.

Cara pembuatan lepet kuningan ini juga sama halnya ketika membuat lepet pada umumnya yaitu menggunakan daun kelapa sebagai pembungkusnya. Bungkus itu kemudian diikat supaya ketan yang ada di dalam tidak berceceran.

5. Makaroni Panggang Jawa Barat

10 Makanan Khas Jawa Barat Terfavorite Makanan

Macaroni yang dari Bogor ini berbeda dengan macaroni pada umumnya dimana macaroni ini cara penyajiannya dengan cara dipanggang. Di macaroni panggang ukurannya juga lebih panjang manakala dibandingkan dengan macaroni lainnya.

Bukan hanya itu saja, kuliner ini juga berbeda dalam penyajiannya karena sudah ditaburi dengan keju demi menambah rasa gurih dalam makanan tersebut.

6. Karedok Jawa Barat

10 Makanan Khas Jawa Barat Terfavorite Makanan

Karedok merupakan makanan khas Jawa Barat yang menggunakan sayuran segar dengan siraman bumbu kacang. Karedok ini mirip dengan Gado-gado atau pecel. Akan tetapi cara penyajian sayurannya berbeda dan disajikan dengan sayuran mentah.

Beberapa sayuran yang digunakan untuk membuat karedok diantaranya daun kemangi. Kacang panjang, kol, terong serta tauge. Semua bahan tersebut kemudian dipotong dalam ukuran kecil-kecil serta sajikan dengan keadaan mentah meskipun disajikan dengan keadaan mentah namun rasanya tetap nikmat dan lezat.

7. Dorokdok Jawa Barat

Dorokdok merupakan jenis makanan yang berasal dari kota Garut. Sekilas mendengar banyak yang berfikir jika dorokdok ini seperti dodol, padahal masih ada Derokdok yang rasanya tidak kalah enak dengan dodol. Derokdok ini terbuat dengan menggunakan kulit sapi atau kulit kerbau sebagai bahan dasarnya.

Penamaan Derokdok sendiri diberikan karena suara yang muncul ketika kita memakan Derokdok, yaitu akan menghasilkan suara “Dorok Dok Dorok Dok” suara tersebut muncul karena renyahnya krupuk dengan bentuk memanjang ini. Yang menjadikan makanan ini unik karena dibuat dari bahan yang akan mempengaruhi rasa yang didapat.

8. Asinan Bogor Jawa Barat

10 Makanan Khas Jawa Barat Terfavorite Makanan

Yang menjadi ciri khas dari asinan Bogor yaitu adanya duubat yang terbuat dari kuah cabai merah sehingga menghasilkan warna merah serta menghasilkan rasa pedas. Pada satu porsi asinan Bogor terdapat beberapa potongan sayuran atau buah-buahan. Asinan Bogor memiliki tiga jenis yaitu asinan buah, asinan sayuran serta asinan buah serta sayuran.

Taoge serta kol merupakan jenis sayuran yang banyak dipilih dan nantinya akan dipotong kecil-kecil. Adapun mengenai buahnya bisanya menggunakan bengkuang, jambu, salam serta nanas.

Manakala semua bahan tersebut sudah siap maka akan dimasukkan dalam buah atau sayuran dalam kuah. Kamu bisa mendapatkan makanan ini dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar 10 sampai 15 ribuan.

9. Taoge Goreng Jawa Barat

Sekilas mendengar namanya tentu akan langsung mengira jika makanan satu ini terbuat dari toege yang digoreng. Akan tetapi ternyata itu hanya namanya saja karena sebenarnya taoge yang dibuat dengan cara direbus. Nama goreng muncul karena cara perebusannya dengan menggunakan wajan goreng.

Bukan hanya berisi taoge saja melainkan juga terdapat mie rebus, potongan ketupat serta tambahan berupa kuah oncom yang bisa melengkapi makanan tersebut. Dalam pembuatannya taoge goreng ini dibuat dengan menggunakan tambahan tauco dan beberapa tambahan rempah. Penjual akan membuat kuah terlebih dahulu sedangkan untuk mienya akan dibuat ketika sudah ada pesenannya.

10. Soto Kuning Jawa Barat

10 Makanan Khas Jawa Barat Terfavorite Makanan

Seperti namanya, soto kuning ini merupakan soto dengan menggunakan kunyit sebagai bahan dasarnya. Soto Kuning merupakan makanan yang berasal dari kota Bogor yang kemudian disajikan dengan beragam jenis daging sebagai pelengkap seperti daging sapi, ayam, limpa hingga babat.

Daging yang digunakan tersebut memiliki tekstur lembut dimulut dan dicampur dengan kuah soto serta ras kunyit yang nantinya akan menjadikan sensasi makan berbeda. Menikmati soto kuning kurang lengkap jika tidak ditambahkan dengan nasi hangat jangan lupa juga untuk menambahkan sambal .

Lihat juga Makanan Khas Purworejo

Itulah 10 makanan khas Jawa Barat yang siap menggoyang lidah kamu semuanya. Mana yang akan kamu nikmati pertama kali? Makanan khas Jawa Barat sudah terkenal hingga penjuru nusantara karena memang unik dan memiliki cita rasa yang nikmat.

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *