15 Oleh-oleh Khas Banjarmasin Untuk Teman & Keluarga

Banjarmasin merupakan ibukota Kalimantan Selatan. Kota ini merupakan salah satu kota yang populer dengan sebutan Kota Seribu Sungai. Kota yang dikelilingi oleh sungai ini merupakan salah satu kota yang cukup maju di wilayah Kalimantan Selatan. Kota ini dikelilingi oleh aliran sungai Barito yang cukup panjang. Sungai Barito sendiri menjadi sungai yang mendorong roda perokonomian kota Banjarmasin.

Apabila kamu sedang berada di Banjarmasin untuk berbagai urusan, jangan sampai beranjak dari Banjarmasin dengan tangan kosong. Ada berbagai pilihan oleh-oleh khas Banjarmasin yang perlu kamu beli sebagai hadiah untuk orang-orang terdekat. Adapun oleh-oleh tersebut terdiri dari dua bentuk, yakni berbentuk barang dan makanan, seperti yang MakananOlehOleh.com tampilkan berikut ini.

1. Dodol Kandangan

Dodol merupakan makanan yang sudah sangat populer di Garut. Namun bukan hanya di Garut saja bisa ditemukan dodol. Di Banjarmasin, kamu juga bisa menemukan dodol dengan rasa yang nikmat dan begitu legit. Dodol khas Banjarmasin terbuat dari bahan pilihan seperti gula, tepung ketan, dan juga bahan lain yang bermutu tinggi, sehingga aman dikonsumsi.

Oleh-oleh khas Banjarmasin makanan berupa dodol ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Hanya dengan 9000 saja, kamu bisa beli dan pilih aneka varian rasa dari dodol kandangan. Kamu bisa pilih rasa kelapa muda, rasa wijen, dan wajik. Wajik sendiri adalah sebutan untuk beras ketan. Buah tangan khas Banjarmasin ini sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk orang terdekat.

2. Rabuk Ikan

Rabuk ikan mungkin sulit kamu terima maksudnya. Namun saat kamu berjumpa dengan makanan ini, maka kamu akan langsung menyukainya. Rabuk adalah sebutan untuk abon. Rabuk ikan ini terbuat dari ikan haruan yang populer di Banjarmasin. Ikan ini hanya ada di aliran sungai Barito. Rabuk yang terbuat dari ikan haruan ini memiliki rasa dan aroma yang khas serta unik.

Ikan haruan yang notabene merupakan ikan yang beracun, namun di tangan para produsen dan pengrajin, ikan ini disulap menjadi rabuk ikan yang memiliki rasa yang sangat lezat. Kurang lengkap rasanya jika kamu tidak membawa rabuk ikan ini sebagai oleh-oleh khas Banjarmasin Kalsel untuk keluarga terdekat kamu di rumah.

3. Amplang Ikan

loading...

Jika di Balikpapan ada amplang, di Banjarmasin juga bisa ditemukan amplang. Amplang ikan yang ada di Banjarmasin ini terbuat dari ikan pipih yang memiliki rasa luar biasa. Selain itu, bisa juga kamu jumpai amplang ikan yang terbuat dari ikan tengiri. Jenis ikan ini dipilih karena memiliki rasa gurih yang cukup enak untuk dijadikan camilan.

Jika kamu mau membeli amplang ikan sebagai oleh-oleh khas Banjarmasin untuk keluarga di rumah, kamu bisa dengan mudah menemukan toko yang menjual amplang ini di sekitar kota Banjarmasin. Amplang ini ada di seluruh penjuru kota Banjarmasin. Harganya yang cukup terjangkau membuat kamu wajib membawanya sebagai oleh-oleh saat kamu mampir di Banjarmasin.

4. Ikan Seluang Goreng

Ikan seluang merupakan salah satu jenis ikan yang sangat mudah untuk kamu jumpai di aliran sungai di sekitar Asia Tenggara. Ikan ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Ukurannya hanya sekitar 2 sampai 4 inchi saja membuat ikan ini mudah untuk diolah dan digemari. Ikan ini memiliki rasa yang gurih. Di tangan warga Banjarrmasin, ikan ini dibuat menjadi camilan istimewa.

Ikan seluang ini biasanya digoreng hingga kering sehingga membuat ikan ini memiliki tekstur renyah dan juga rasa yang sangat gurih. Kelezatan ikan ini bisa kamu nikmati kapan saja. Sebab penjualnya menjual ikan ini dalam kemasan plastik yang mudah untuk dibawa kemana-mana. Kemasan kedap udara dari plastiknya membuat ikan seluang goreng ini menjadi panganan yang awet.

5. Ikan Sepat Kering

Ikan sepat merupakan spesies ikan yang memiliki ukuran sangat kecil. Bentuk tubuhnya yang pipih membuat ikan ini sangat lezat. Ikan yang memiliki ukuran sekitar 25 cm ini masih satu kerabat dengan ikan gurami. Sebagai ikan tambak, ikan ini mudah dijumpai di kota Banjarmasin. Ikan ini memiliki tekstur daging yang sangat lembut.

Ikan ini bisa digoreng langsung tanpa diberi bumbu. Namun tidak jarang ikan ini diberi bumbu terlebih dahulu sebelum di goreng. Ikan ini diberi bumbu rempah yang sangat khas. Sehingga dengan bumbu rempah yang cukup kuat membuat rasa ikan goreng ini menjadi istimewa. Selain itu, ikan ini dikemas dalam kemasan khusus yang kedap udara yang awet dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Banjarmasin.

6. Kue Rangai

loading...

Oleh-oleh khas kota Banjarmasin satu ini bernama kue rangai. Kue oleh-oleh khas Banjarmasin ini sebenarnya lebih dikenal orang dengan istilah kue sagon. Kue ini bisa dengan mudah kamu jumpai saat momen lebaran. Kue yang memiliki rasa gurih dengan tekstur yang lembut dan kering ini bisa menggoyang mulut dan membuat lidahmu ketagihan.

Kue ini terbuat dari tepung ketan yang diberi bumbu istimewa. Kue kering yang satu ini dipanggang hingga kering sehingga menghasilkan tekstur yang kering di luar namun lumer saat sudah masuk ke mulut. Rasa manis gurih yang ada pada kue ini sangat membuat kamu ketagihan. Kue ini memiliki tekstur yang sangat lembut dengan rasa rempah yang cukup kuat.

7. Keropok Haji Acan

Kerupuk memang sudah menjadi makanan yang cukup populer sebagai camilan enak saat sedang santai. Kerupuk yang biasanya memiliki aroma udang maupun aroma ikan, pada kerupuk ini aroma terasi akan kamu jumpai ketika kamu memakan kerupuk ini. Selain itu tekstur dari kerupuk yang renyah membuat kamu ketagihan untuk terus menikmatinya.

Bagi kamu yang berkunjung ke Banjarmasin, kamu bisa membeli oleh-oleh khas Banjarmaisn bernama Keropok Haji Acan. Kerupuk Haji Acan mempunyai aroma terasi yang kuat. Kerenyahan dan juga gurih dari keropok ini membuat pembeli ingin merasakan kenikmatan menyantap makanan lezat ini sebagai kudapan saat sedang bersantai bersama keluarga.

8. Mandau

Mandau merupakan salah satu senjata khas orang Dayak yang sangat populer. Senjata ini pada jaman dahulu sering digunakan untuk perang. Namun seiring perkembangan jaman, mandau ini digunakan untuk berburu di hutan. Aksesoris khas yang ada pada senjata ini adalah adanya manik-manik yang digunakan pada kepala mandau.

Mandau khas suku Dayak ini pada jaman dahulu lebih populer untuk menandakan kekuasaan atau status sosial dari pemiliknya. Namun mandau kini banyak dipakai sebagai oleh-oleh untuk pajangan di rumah ataupun koleksi. Sebagai informasi, mandau pada beberapa saat kerap digunakan sebagai aksesoris pada baju adat Dayak.

9. Kaos

Kaos memang menjadi salah satu buah tangan yang sering sekali dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang yang ada di rumah. Kaos khas Banjarmasin ini akan memperkuat kesan bahwa kamu sudah berkunjung ke Kota Seribu Sungai ini. Tentu saja yang lebih istimewa dari kaos ini adalah desainnya. Desain unik dari kaos khas Banjarmasin ini hanya bisa kamu jumpai ketika kamu berada di Banjarmasin.

Kaos yang nyaman dan dingin ini bisa kamu pakai untuk jalan-jalan santai atau sekedar kamu pakai di rumah saja. Harga kaos ini juga sangat terjangkau. Hanya dengan mengeluarkan uang 65 ribu rupiah saja, kamu bisa membawa pulang kaos ini untuk orang-orang terdekatmu. Jangan lupa untuk meminta potongan harga apabila kamu membeli lebih dari 1 buah kaos.

10. Batu Permata

Tidak mau kalah dengan Balikpapan, Banjarmasin juga terkenal dengan perhiasan batu perrmatanya. Batu permata khas Banjarmasin, tepatnya Martapura ini memang sangat dikenal dan dikagumi banyak orang. Batu yang dibuat dengan teknik khusus ini merupakan batu yang sangat cantik. Batu ini bisa dijadikan perhiasan dengan tambahan berupa emas maupun perak.

Harga batu permata yang ada di kota Banjarmasin ini juga relatif bervariasi. Ada yang dibawah 100 ribu bahkan ada juga yang harganya di atas 100 ribu, tergantung dari jenis batu yang ingin kamu beli. Batu ini tentu saja menjadi perhiasan wajib yang harus kamu bawa pulang sebelum kamu membeli tiket pesawat atau kapal untuk beranjak dari Banjarmasin.

11. Miniatur Rumah Adat

Miniatur rumah adat bisa kamu pilih untuk kamu bawa sebagai oleh-oleh ketika kamu berada di Banjarmasin. Miniatur rumah adat ini biasanya digunakan untuk promosi wisata yang ada di Banjarmasin. Rumah adat masyarakat Banjarmasin yang dibuat menjadi miniatur ini merupakan salah satu oleh-oleh yang sangat berkesan untuk orang-orang terdekat kamu.

Miniatur rumah adat ini dibuat khusus dan benar-benar murni buatan tangan. Sehingga miniatur ini memiliki harga yang cukup bervariasi. Miniatur ini sangat cocok jika kamu jadikan pajangan di rumah. Pajangan berupa rumah adat ini tentu saja akan menyempurnakan aksesoris yang ada di rumah kamu.

13. Batik Sasirangan

Batik merupakan salah satu jenis kain yang merupakan warisan budaya Indonesia. Kain batik hampir ada di seluruh pelosok nusantara termasuk salah satunya di Banjarmasin. Kain batik khas Banjarmasin adalah batik sasirangan. Kain ini memiliki motif yang sangat khas. Motif batik ini biasanya berupa gambar tumbuhan.

Motif batik ini dilukis secara diagonal, horisontal maupun vertikal. Batik ini ada yang berupa batik tulis, batik cap dan batik cetak. Bagi kamu yang mau memiliki batik isitmewa khas Banjarmasin ini, kamu bisa membeli batik sasirangan yang berupa batik tulis dengan harga cukup terjangkau. Kamu juga bisa membeli batik ini yang sudah dalam bentuk baju istimewa.

14. Sandal

Sandal merupakan alas kaki yang sering dipakai ketika bepergian. Menggunakan sandal, kamu bisa bepergian kemanapun dengan tampilan yang santai. Jika kamu mau membeli sandal khas Banjarmasin, kamu akan menemukan sandal khusus dengan motif dan karakter unik khas Banjarmasin. Sandal ini biasanya berupa sandal jepit yang memiliki beberapa tulisan maupun gambar unik.

Sandal ini biasanya memiliki tulisan “Borneo” ataupun tulisan-tulisan yang menandakan bahwa sandal ini merupakan oleh-oleh khas Banjarmasin. Sehingga jika kamu memakai sandal ini secara tak langsung orang mengenal kalau sandal yang kamu pakai berasal dari Bajnjarmasin. Harga dari sandal ini cukup terjangkau sehingga kamu tak perlu habis kehabisan uang saat membelinya.

15. Kopiah Jangang

loading...

Kopiah biasanya digunakan untuk beribadah. Kopiah ini biasanya dipakai oleh orang-orang alim saja pada awalnya. Namun kini, kopiah ini sudah menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib kamu beli ketika mampir ke Banjarmasin. Kopiah ini terbuat dari akar pohon janggang yang banyak di daerah Banjarmasin. Kopiah ini dibuat dengan tangan tanpa mesin, sehingga kopiah ini menjadi istimewa.

Warna akar tumbuhan yang masih sangat alami membuat kopiah ini sangat disukai sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Banjarmasin. Kamu bisa menjumpai penjual kopiah ini di emperan jalan dengan harga yang relatif terjangkau. Sehingga tidak akan menguras kantong kamu. Kamu bisa membeli kopiah ini dengan harga sekitar 30 ribu hingga 40 ribu rupiah saja.

Itulah pilihan oleh-oleh khas Banjarmasin untuk kamu beli dan berikan kepada sanak saudara, kerabat, dan tetangga di rumah. Jangan lupa untuk memikirkan matang-matang buah tangan yang kamu bawa agar ketika sampai di rumah, buah tangan tersebut tidak mengalami perubahan, semisal makanan basah yang lebih cepat basi jika didiamkan terlalu lama dan sebagainya.

Leave a Reply