19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang

Apakah anda sedang mencari oleh-oleh khas Korea Selatan? Korea Selatan adalah salah satu destinasi wisata yang banyak mendapat soroton berbagai kalangan semenjak beberapa tahun belakangan ini. Negara ini indah di setiap 4 musimnya. Bulan Maret sampai Mei, pengunjung bisa menikmati taman bunga di musim semi. Bulan Juni sampai Agustus, pengunjung bisa pergi ke pantai atau mendaki gunung di musim panas. Bulan September sampai November, kita masih bisa mendaki atau ikut memanen padi, ubi, dan buah-buahan.

Bulan Desember sampai Februari, kita dapat bermain ski atau merayakan tahun baru dan natal di musim dingin. Selain pesona alamnya, tidak sedikit pengunjung yang tertarik dengan budayanya, sejarahnya, kulinernya, dan macam-macam aspek lainnya yang dimiliki setiap negara. Disini makananoleholeh.com telah menemukan bebearpa Oleh-Oleh Khas Korea Selatan yang bisa anda bawa pulang. Selain itu bisa merupakan benda-benda buatan yang terinspirasi dari aspek-aspek tersebut atau bahkan sesederhana makanan khas negaranya. Jika bingung menentukan oleh-oleh khas korea selatan, berikut kami sarankan beberapa

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang

1. Hanbok korea

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Ini adalah oleh-oleh khas korea selatan yang pertama adalah Hanbok ini merupakan pakaian tradisional yang dipakai masyarakat Korea. Lebih tepatnya, pakaian ini adalah pakaian yang dipakai pada Dinasti Joseon untuk dipakai pada acara formal, semi-formal, perayaan, atau festival. Umumnya, cinderamata khas Korea Selatan ini memiliki warna yang cerah, garis yang sederhana, dan tidak bersaku. Pada perayaan-perayaan tertentu, baju tradisional ini masih dipakai hingga sekarang, seperti halnya baju tradisional Indonesia seperti di bali, jakarta dan jawa. Tidakkah anda ingin mencoba memakainya juga?

Memang, ini bukanlah oleh-oleh khas korea selatan yang terbilang murah. Hanbok wanita yang sudah termasuk atasan dan bawahan, dipatok dengan harga mulai dari KRW 150.000. Semanta untuk hanbok laki-laki, harganya akan dimulai dari KRW 130.000. Perlu anda ingat baik-baik. Semakin bagus bahan dan ornamennya, semakin mahal harga yang harus dibayarkan. Pilihlah yang sesuai dengan budget anda tapi tetap cukup bagus untuk dipakai atau diberikan sebagai cinderamata. Dongdaemun dan Gwangjang market adalah contoh tempat di mana anda dapat menemukan hanbok diperjualbelikan.

2. Buchae korea

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Buchae sebenarnya lebih mudah dikenal sebagai kipasnya orang Korea. Oleh-oleh khas korea selatan ini dulunya merupakan simbol seonbi atau sarjana dengan kehidupan sederhana. Tentunya, anda pernah melihatnya paling tidak dalam drama-drama kerajaan Korea, bukan? Namun, jaman sudah berubah dan kini kipas ini adalah bagian dari aksesoris pelengkap hanbok. Jika anda membeli hanbok, tidak ada salahnya anda lengkapi dengan aksesoris yang satu ini. Baik itu laki-laki maupun perempuan, tidak ada larangan membawa buchae ketika berbusana tradisional. Malahan, anda justru terlihat lengkap dengannya.

Ada 2 jenis buchae yang bisa anda pilih juga. Yang pertama bentuknya bulat dan didominasi warna utama, seperti merah, biru, dan kuning. Sementara, yang kedua bentuknya adalah kipas lipat putih dengan lukisan sederhana dan tulisan hangul yang nampak seperti dibuat dengan menggunakan kuas layaknya tulisan jaman dulu. Anda dapat memilih jenis buchae manapun. Kipas ini praktis dibawa ke mana-mana dan sangat berguna digunakan ketika cuaca sedang panas. Oleh-oleh khas Korea Selatan ini juga cukup menjadi oleh-oleh tanpa harus ditambah dengan oleh-oleh hanbok.

3. Sabun Korea

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Nah yang satu ini oleh-oleh khas korea selatan tidak harus selalu berupa benda-benda mahal. Bagaimana jika kita mencoba sesuatu yang unik dalam kesempatan ini? Tahukah anda bahwa sabun korea juga bisa menjadi cinderamata yang patut untuk dipertimbangkan. Sabun ini adalah sabun yang terbuat dari alam. Bentuknya bundar dan dibuat dengan simbol samtaeguk. Simbol ini sebenarnya adalah 3 bentuk tanda koma yang dijadikan satu dan membentuk lingkaran. Namun, sabun ini bukan hanya souvenir yang tidak bermanfaat apa-apa. Sabun ini bukan sesuatu yang tujuannya hanya akan dipajang jika diberikan sebagai oleh-oleh.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, sabun ini terbuat dari bahan-bahan alami. Bahan-bahan tersebut adalah kulit kering jeruk yang disebut Jinpi, kenari kupas yang disebut Yulpi, dan daun murbei yang disebut Ppongip. Seperti namanya, sabun ini digunakan untuk mandi. Baunya yang harum tentu akan sangat memuaskan pemakainya. Namun, tahukah anda bahwa sabun ini sehat untuk badan? Sabun ini dapat mengobati alergi kulit, luka, jerawat. Selain itu, sabun ini juga dapat merapatkan pori-pori dan mengencangkan kulit. Bukankah ini bisa jadi pilihan sempurna kita?

4. Buncheong korea

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Jika anda mempunyai budget lebih untuk membelikan oleh-oleh khas korea selatan yang lebih mahal, bagaimana jika kita coba pilih keramik? Salah satu keramik yang kami sarankan di sini adalah Buncheong. Buncheong memiliki warna khas hijau biru atau abu-abu kehitaman. Oleh-oleh wisata khas KorSel ini terinspirasi dari seni Goryeo Cheongja di akhir Dinasti Goryeo. Buncheong yang diproduksi di awal Dinasti Joseon bentuknya lebih penuh dan dinamis. Buncheong Dinasti Goryeo dibuat dengan dilapisi lapisan putih sebelum akhirnya diglasir lalu dibakar dalam tungku dengan menurunkan oksigennya.

Hasil yang didapat berupa keramik dengan dekorasi lapisan putih dan glasir berwarna hijau biru pucat. Jenis keramik ini tentu berbeda dengan keramik hijau pada umumnya. Dengan dekorasi khas dinastinya, Buncheong menjadi oleh-oleh yang tepat bagi anda pecinta budaya dan sejarah. Industri keramik pada masanya pun menceritakan masa lalu di mana industry ini hampir mati karena pengrajinnya banyak yang diculik dan tungkunya yang dibakar hancur pada tahun 1592. Meski yang anda beli bukan Buncheong dari jamannya, oleh-oleh ini akan tetap jadi pajangan yang berharga.

5. Onggi korea

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Benda-benda yang memiliki asal usul bersejarah juga tidak selalu merupakan barang-barang yang dari dulu bernilai tinggi dan hanya dimiliki oleh orang kalangan atas saja. Tahukah anda? Penduduk Korea jaman dulu selalu menggunakan Onggi di rumahnya. Onggi adalah sejenis tempayan yang dibuat dari tembikar. Onggi ini dulunya digunakan untuk menyimpan makanan tradisional. Makanan-makanan tradisional itu meliputi kimchi, jeotgal, kecap asin (ganjang), saus gochujang, deonjang, dan masih banyak lagi. Biasanya, orang dulu kerap menjejerkan banyak Onggi di pekarangan rumahnya.

Memang, jaman sudah berubah dan orang-orang dapat menggunakan tempat-tempat modern untuk menyimpanan makanannya sekarang. Akan tetapi, tentu masih ada orang-orang yang menggunakan Onggi dalam kehidupan sehari-harinya, walaupun jumlahnya tidak banyak. Meskipun rata-rata ukurannya besar, Onggi dapat menjadi oleh-oleh khas korea selatan yang tentunya lebih terjangkau. Dengan Onggi, mungkin anda atau orang yang ingin hadiahi dapat menggunakannya untuk mencoba membuat makanan tradisional Korea dengan cara yang tradisional pula. Bukankah oleh-oleh ini juga menarik?

6. Sujeo korea

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Seperti halnya di Indonesia, alat makan juga bisa menjadi hadiah ulang tahun, souvenir pesta pernikahan, dan cinderamata. Jika alat makan khas Korea adalah yang anda cari, Sujeo adalah jawabannya. Meskipun Sujeo sering dipahami sebagai sendok saja, tetapi sebenarnya Sujeo adalah set alat makan dalam kuliner Korea. Set alat makan ini berupa sendok dan sumpit. Dibandingkan negara-negara lain yang juga menggunakan sendok dan sumpit, Sujeo milik Korea inilah yang lebih unik. Umumnya, sumpit dikenal sebagai alat makan yang terbuat dari kayu, begitu juga di Indonesia.

Namun, di Korea, sendok dan sumpit sama-sama merupakan alat yang dibuat dari bahan logam, seperti kuningan, perunggu, perak, ataupun baja yang pastinya tahan karat. Sujeo biasanya dikemas dengan karton atau dibungkus dengan kantong kain. Jika dibungkus dengan kain, kain yang digunakan adalah kain bordiran khas Korea. Selain itu, bordirannya juga bermotifkan simbol-simbol umur panjang. Bagaimana? Bahkan alat makan bisa menjadi oleh-oleh khas korea selatan yang berarti. Tentunya, memberikannya pada orang lain berarti kita berharap dan mendoakan mereka berumur panjang.

7. Kosmetik Korea

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Kesempatan anda pergi ke luar negri dapat anda manfaatkan sebaik-baiknya untuk berburu kosmetik buatannya. Daripada harus mengimpor dari luar negri, tentu harganya lebih murah bila kita beli langsung dari tempat asalnya. Ada banyak perusahaan-perusahaan kosmetik Korea yang ternama hingga seluruh dunia. Tidak ada salahnya kita memberikan oleh-oleh khas korea selatan kosmetik seperti ini, bukan? Oleh-oleh ini pun bukan sekedar oleh-oleh biasa. Ini adalah barang berkualitas yang akan membuat penerimanya senang pastinya. Salah satu perusahaan ternamanya adalah Amore Pacific.

Perlu anda ketahui bahwa perusahaan ini menempati urutan ke-12 sedunia sebagai perusahaan kosmetik yang top kualitasnya. Beberapa produknya adalah Mamonde, Laneige, Etude House, Innisfree, dan Sulwhasoo. Ada juga perusahaan LG Household & Health Care dengan produknya; The Face Shop, SU:M37, dan Whoo. Perusahaan ABLE C&C juga cukup membuat nama dengan produk, seperti Missha. Ada banyak pilihan yang bisa anda pilih tentunya. Harganya cukup terjangkau, tapi kualitasnya tidaklah murahan. Karena itu, kosmetik Korea dapat menjadi oleh-oleh yang tidak salah.

8. Topeng Talchum

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Mungkin anda sudah mengetahui hal ini sebelumnya, tapi Korea juga dikenal karena pertunjukan tradisionalnya. Pertunjukan yang kami maksudkan di sini adalah pertunjukan seorang lakon bertopeng dan berkostum yang menari diselingi dengan dialog dan diiringi dengan lagu. Pertunjukan tradisional ini sudah ada sejak jaman Korea dulu dan dikenal dengan nama Talchum atau Talnori. Kostum dan topeng yang dikenakan tentu saja adalah kostum dan topeng tradisional. Yang kami sarankan di sini sebagai oleh-oleh khas korea selatan tak lain adalah topeng Talchum itu sendiri. Apakah anda tertarik?

Seperti halnya Indonesia dan negara-negara lain yang masih mempertahankan tarian tradisionalnya, topeng-topeng tariannya dijual dengan berbagai bentuk dan warna. Karena ini adalah topeng tari tradisional, tentu saja banyak bentuk wajahnya yang seram. Namun, jika mengingat nilai tradisinya, topeng ini dapat menjadi koleksi berharga. Berikan pada teman atau saudara anda yang tertarik dengan budaya, sejarah, dan tradisi orang Korea. Mereka akan mengapresiasi pemberian anda dan menyimpannya dengan baik. Anda pun boleh membelinya untuk dikoleksi sendiri jika anda tertarik.

9. Hanji korea

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Pernahkah anda mendengar soal Hanji dari Korea? Hanji sebenarnya adalah kertas Korea. Namun, Hanji bukanlah kertas yang dianggap sepele oleh orang Korea. Hanji diartikan sebagai kertas kehidupan. Dikatakan bahwa Hanji dimanfaatkan oleh orang-orang Korea dari lahir sampai mati. Bagaimana tidak? Hanji ini digunakan orang-orang di sana dalam perlengkapan sehari-harinya. Bahkan keperluan rumah tangga pun memerlukan Hanji sebagai bagiannya. Mulai dari buku, dinding, jendela, lantai, bahkan sampai peti mati sekalipun, Hanji mereka gunakan untuk kebutuhan tersebut.

Umumnya, kertas dibuat dari bahan sodium hidroksida. Namun, kertas Korea yang satu ini malahan dibuat dari kulit pohon mulberi yang lebih dikenal di sana dengan nama Chomok. Memang, ada 3 jenis pohon mulberi yang tumbuh di Korea dan digunakan untuk pembuatan kertas. Namun, setiap jenisnya baik untuk penggunaan tertentu saja. Mulberi Mayopjong, bagus digunakan untuk kertas lantai karena bertekstur keras dan tipis dengan sedikit serat. Sementara Yoyojong bagus untuk kertas kaligrafi karena tebal dan berserat panjang lembut. Cobalah oleh-oleh khas Korea Selatan ini.

10. Tteok korea

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Karena yang kita bicarakan adalah oleh-oleh khas korea selatan, tentunya kita tidak akan lupa mempertimbangkan oleh-oleh dalam bentuk panganan, bukan? Salah satu panganan yang kami rekomendasikan adalah Tteok. Tteok adalah kue yang terbuat dari serealia. Beras dan ketan adalah bahan utama yang digunakan untuk membuat kue ini. Tergantung daerahnya, cara pembuatannya bisa berbeda dari satu tempat ke tempat yang lain. Tteok biasanya dibuat untuk perayaan-perayaan tertentu, seperti perayaan musim dan perayaan tahun baru. Tentu saja, rasa kue Korea ini tidak perlu diragukan lagi.

Seperti halnya kue pada umumnya, Tteok memiliki rasa yang manis. Namun, tentu saja kue ini memiliki rasa yang berbeda. Rasa khas Korea ini pun bervariasi juga. Perlu anda ketahui juga bahwa Mungkin wajar bila Tteok sebagai kue dibuat dengan cara ditumbuk, dikukus, dan direbus. Akan tetapi, anda perlu tahu bahwa Tteok sebenarnya juga bisa ditumis dan digoreng. Jika ditumis dan digoreng, Tteok bisa dicampur bahkan dengan sayuran dan daging, atau dibuat sup berbumbukan kecap asin, garam dapur, dan bawang putih. Tteok adalah panganan unik cocok untuk cinderamata.

11. Daegeum korea

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Apakah ada salah satu kerabat anda yang pecinta seni musik tradisional dari berbagai daerah bahkan berbagai negara? Jika iya, Daegeum adalah instrumen yang tepat untuk anda berikan sebagai oleh-oleh untuknya. Apa itu Daegeum? Instrumen ini adalah suling besar yang terbuat dari bambu khas Korea. Kekhasannya bukan hanya sekedar fakta asal usulnya. Suling setiap negara tentu berbeda-beda, tidak hanya dari segi bentuknya tapi juga dari segi suara yang dihasilkannya. Membran yang ada pada Daegeum sebenarnya yang menyebabkan alat ini bersuara berat dan terdengar melankoli.

Dulunya, suling ini sering digunakan dalam permainan musik istana. Namun, alat musik ini juga digunakan dalam permainan musik rakyat. Permainannya dapat dilakukan solo ataupun orkestra. Tentu saja, kita masih dapat memainkannya sekarang. Jika anda tertarik, pertimbangkan membeli Daegum untuk oleh-oleh teman atau kerabat. Baik untuk dikoleksi ataupun dimainkan, anda tidak akan salah memilih alat ini sebagai cinderamata yang benar-benar khas dari Korea. Bagi yang tahu atau pernah melihat alat musik Korea, pastinya mereka menyadari dari mana asal suling besar ini.

12. Gingseng

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Seperti yang seharusnya anda ketahui, Korea dikenal dengan sebutan Negeri Ginseng. Bagaimana tidak? Ginseng tumbuh liar di hutan-hutan lebat yang ada di pegunungan sejak jaman dulu. Sekarang, ginseng merahnya dibudidayakan karena khasiatnya yang penting untuk kesehatan. Orang-orang Korea jaman dulu menganggap ginseng adalah hadiah yang diberikan oleh dewa gunung. Karena itu, ketika penggali ginseng menemukan dan akan menggalinya, doa-doa tertentu harus dipanjatkan. Bahkan mereka diharuskan untuk berkata dan bertindak dengan hati-hati juga.

Dari sini kita dapat melihat betapa orang jaman dahulu menghargai ginseng liar yang dikenal dengan nama sansam ini. Kini, Korea membudidayakan ginseng merah. Harganya memang sangat mahal, tapi anda perlu tahu bahwa ginseng merah dapat dijadikan tonik bahkan membantu mengobati kanker. Selain itu, sekarang ginseng sudah digunakan untuk memproduksi makanan, minuman, dan bahkan produk kecantikan. Tidak ada salahnya bila anda memilih produk-produk yang terbuat dari ginseng untuk diberikan saat pulang ke tanah air. Oleh-oleh semacam ini akan sangat bermanfaat.

13. hangwa korea

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Jika mengenai masalah panganan, Korea adalah salah satu negara yang mempertimbangkan unsur kesehatan makanannya. Panganan sehat yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh adalah Hangwa. Hangwa ini sehat karena bahannya merupakan produk pertanian yang ditanam tanpa menggunakan bahan kimia. Waktu membuatnya pun cenderung lama dan dibutuhkan keterampilan memasak yang khusus untuknya. Karena itulah, hasil akhir panganan ini tentu juga tidak biasa. Meski tidak diproses dengan pengawet sekalipun, Hangwa tidak cepat basi dan gizinya tetaplah terjaga dengan baiknya.

Tentu saja, kue yang satu ini memiliki bentuk dan rasa yang tidak biasa-biasa saja. Hangwa dibuat dari bahan, seperti gandum, madu, dan biji-bijian, termasuk kacang pinus, wijen, walnut, kenari, dan jujube. Orang-orang Korea juga menggunakan pewarna alami untuk memberikan warna pada kuenya, sementara kacang pinusnya digunakan untuk mendekorasinya agar terlihat menarik dan cantik. Biasanya, Hangwa dibungkus dalam kotak dengan beberapa sekat besar dan banyak sekat kecil di setiapnya. Hasil akhir kemasan dengan kue di dalamnya terlihat istimewa untuk oleh-oleh.

14. Goryeo Cheongja Korea

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Sebelumnya kita sudah membahas jenis keramik yang menjadi khas akhir Dinasti Goryeo. Kali ini, tidak ada salahnya jika kita mempertimbangkan keramik yang benar-benar menjadi khas dinastinya. Ya, kami membicarakan keramik hijau Goryeo di sini. Keramik ini lebih tepatnya dikenal dengan nama Goryeo Cheongja. Seperti namanya, keramik ini berwarna biru kehijauan. Warna inilah yang menjadi ciri khas keramik ini. Selain itu, Goryeo Cheongja juga dibuat dengan metode pengglasiran khusus. Keramik jenis ini bernilai tidak kecil tentunya. Memang, teknik pembuatannya ini dari Cina.

Meski begitu, pengrajin pada masa Goryeo berhasil menciptakan gaya dan metode berbeda, sehingga menghasilkan keramik hijau yang berbeda dari yang lainnya. Dulunya, keramik ini digunakan sebagai perabot rumah tangga dan karya seni bernilai. Sekarang, Goryeo Cheongja memang masih dibuat sebagai peralatan rumah tangga, seperti vas bunga, pembakar dupa, kotak perhiasan, dan guci. Namun, keramik ini juga kini dibuat sebagai peralatan dapur, seperti mangkuk, piring, teko, tempayan, dan cawan. Salah satunya mungkin bisa anda pilih sebagai oleh-oleh wisata.

15. Doen jang jigae korean

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Jika teman dan kerabat atau bahkan anda sendiri suka memasak kuliner dari berbagai macam negara, tentu anda akan membutuhkan racikan bumbunya, bukan? Indonesia memang negara yang kaya rempah-rempah, tapi tidak ada salahnya mencoba racikan dari negara lain. Korea misalnya, memiliki Doenjang untuk menjadi bahan pertimbangan anda. Oleh-oleh rempah dari Korea ini merupakan jenis saus yang secara manual masih sering dibuat oleh penduduk Korea, terutama yang tinggal di daerah pedesaan. Doenjang sebenarnya adalah saus yang dibuat dari kedelai yang direbus.

Rebusan kedelai ini kemudian dikeringkan dengan sinar matahari. Setelah itu, kedelai yang kering akan dibentuk menjadi persegi. Pada proses ini, tentu saja terjadi proses fermentasi. Setelah fermentasi di bawah sinar matahari, kedelai dipindah ke tempat hangat untuk melanjutkan prosesnya. Setelah dimasukkan dalam tempayan dan diberi air garam, barulah hasilnya yang kita sebut dengan nama Doenjang. Doenjang biasanya dimakan dengan bahan lain, seperti bawang putih, minyak wijen, dan pasta cabai. Jika anda tertarik, belilah dan bawa pulang untuk diberikan.

16. bantal korea

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Bagaimana dengan bantal? Tentu saja, bantal yang kami maksud di sini bukanlah bantal yang sering kita temui dan pakai di Indonesia. Ini juga bukan bantal dengan bentuk modern yang dipakai di berbagai negara. Jika berbicara mengenai rupanya, bantal ini Nampak seperti bantal yang digunakan orang-orang istana dan bangsawan pada jaman dahulu. Orang biasa pun menggunakannya, walaupun tidak sebagus milik orang berpunya. Jika anda sering melihat drama kerajaan, anda dapat perhatikan bantal-bantal yang dipakai tokoh-tokohnya. Biasanya, bentuknya persegi dan berwarna.

Berbeda dari yang lain, batal ini tidak berisi kapuk atau bahan isi bantal pada umumnya. Lebih tepatnya, bantal khas Korea ini diisi dengan biji gandum. Belum ada bukti otentik tentang khasiat kesehatannya. Akan tetapi, gandum dalam bantal dikatakan dapat menopang kepala dan leher sembari menyesuaikannya. Oleh karena itu, kita bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Oleh-oleh khas Korea Selatan semacam ini tentu tidak akan ditolak oleh penerimanya, bukan? Bagaimana pun juga ini adalah cinderamata yang bermanfaat bagi penggunanya dan tidak sekedar dipajang.

17. Teh Korea

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Teh juga merupakan ide yang bagus untuk oleh-oleh wisata anda dari Korea Selatan. Ada banyak jenis teh di dunia ini. Bahkan di Korea pun ada banyak yang bisa menjadi pilihan anda. Perlu anda ketahui bahwa jenis-jenis teh yang negara ini tawarkan bukan hanya variannya saja dan tanpa manfaat apa-apa. Seperti halnya oleh-oleh kue yang kita bahas sebelumnya, bahannya adalah bahan pilihan yang dipastikan benar manfaatnya. Selain itu, pembuatannya pun bukan pembuatan biasa.

Hal ini juga negara ini tawarkan untuk teh-tehnya. Teh hijau dan teh ginseng adalah favorit banyak orang Korea. Namun, ada juga teh jahe untuk meredakan demam, teh garut untuk mengatasi diare dan pegal-pegal baru, teh ssanghwa tonik meredakan demam dan mengatasi kelelahan, teh mint untuk menyegarkan pikiran dan mengendorkan syaraf tegang, teh yuzu untuk mengatasi masuk angin dan flu, teh beri goji untuk menambah tenaga, dan masi banyak lagi untuk menjadi pilihannya.

18. Pernak-Pernik Hallyu

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Apakah anda penggemar selebriti Korea, baik itu aktor drama, penyanyi, penari, boyband, dll? Jika iya, tentunya anda tidak mungkin melewatkan kesempatan membeli pernak-pernik yang berkaitan dengan idola anda, bukan? Industri hiburan Korea memang sedang mendunia. Banyak fans-fans selebriti Korea yang berasal dari berbagai belahan dunia. Asalkan ada cukup dana, anda dapat membeli oleh-oleh khas korea selatan berupa souvenir selebriti di Korea dan beberapa tempat lainnya selagi anda masih berwisata di negeri ini.

Beberapa tempat yang kami maksudkan di sini adalah Insadong, Myeongdong, Namdaemun, dan Dongdaemun. Anda akan menemukan pernak-pernik K-Pop di tempat-tempat ini. Tentunya, ada gerai resmi yang bisa anda kunjungi juga. Gerai resmi Korea untuk souvenir selebriti ada di Everysing, SM Pop-up Store, YG Shop, dan K-Story. Harganya tidak akan murah pastinya. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika anda membeli souvenirnya untuk diberikan pada teman atau keluarga bila cukup dana.

19. Kimchi (Kemasan)

19 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan Untuk Dibawa Pulang Oleh-oleh

Satu makanan yang tidak boleh anda lewatkan jika berwisata ke Korea adalah kimchi-nya. Pastinya anda pernah mendengar nama makanan Korea ini sebelumnya. Kimchi sudah mendunia dan mulai disukai banyak orang. Kimchi sebenarnya adalah sayuran yang diawetkan dengan garam. Karena fermentasinya, kimchi memiliki rasa yang unik karena asam amino dan asam laktatnya. Setelah itu, kimchi dibumbui dengan macam-macam rempah-rempah, seperti bawang putih dan cabai merah.

Terkadang, makanan ini juga dibumbui dengan bawang Bombay, wortel, bawang perei, jahe, biji wijen, buah pir, tiram, ebi, kastanye, kastalone, biji tanaman pinus, ganggang laut, dan masih banyak lagi. Biasanya kimchi dimakan langsung, tapi kadang juga dimakan bersama nasi, roti, dan lainnya. Oleh-oleh khas Korea Selatan ini tentu saja ada yang dijual dalam bentuk kemasan. Karena itu, anda tidak perlu khawatir membawanya pulang ke tanah air karena makanan ini masih dapat bertahan. Oleh-oleh khas Korea Selatan dapat berupa macam-macam benda, seperti keramik, alat musik, dll. Namun, oleh-olehnya juga bisa makanan dan produk khasnya.

tempatwisataindonesia.id
Review
5