10 Makanan Khas Madura Jawa Timur Yang Nikmat dan Lezat

Posted on

Manakala anda berkunjung atau mampir ke Madura pasti pernah merasakan salah satu sajian makanan khas Madura dari sekian banyak daftar makanan khas Madura berikut ini. Beberapa daerah di Madura seperti Bangkalan, Sumenep serta Pamekasan merupakan daerah yang terkenal dengan makanan khasnya. Dengan demikian jika anda sedang berkunjung atau sedang berencana untuk datang ke Madura jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya.

Berkunjung ke Madura tidak afdol manakala tidak mencicipi makanan khas Madura. Bisa dikatakan kuliner dari Madura ini sangat beragam. Namun yang cukup terkenal di indonesia yaitu sate madura. Bumbu yang dibuat memang berbeda dengan sate lainnya sehingga rasa sate madura sangat enak sekali.

Lihat juga Makanan Khas Kalimantan yang enak dan Terkenal

Berikut makananoleholeh.com merangkum beberapa daftar kuliner dari Madura yang patut masuk dalam list anda. Apa saja makanan khas madura tersebut dan kira-kira manakah yang ingin dicicipi pertama kali? Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat dibawah ini.

10 Daftar Kuliner Khas Madura yang Nikmat dan Lezat

1. Sate Madura 

10 Makanan Khas Madura Jawa Timur Yang Nikmat dan Lezat Makanan

Makanan dari Madura ini masuk dalam daftar pertama jenis makanan yang wajib untuk dikunjungi. Tentu kita semua sudah tidak asing dengan yang namanya sate. Membicarakan sate tentu akan langsung ingat dengan sate Madura.

Bahan yang digunakan untuk membuat sate Madura juga cukup beragam diantaranya daging ayam, daging sapi hingga daging kambing. Adapun bumbu yang digunakan menggunakan bumbu yang terbuat dari kacang, kecap serta beberapa jenis bumbu lainnya.

2. Bebek Songkem Madura

10 Makanan Khas Madura Jawa Timur Yang Nikmat dan Lezat Makanan

Kuliner khas Madura yang kedua yaitu bebek songkem. Mendengar namanya kita semua tentu langsung berfikir jika makanan satu ini menggunakan bebek sebagai bahan utamanya. Memang benar sekali, bebek yang sudah dibersihkan selanjutnya diberi dengan bumbu kemudian ditelengkupkan serta dikukus dengan daun pisang.

Jika sudah matang maka silahkan angkat bebek dari kukusan serta sajikan. Rasa dari makanan satu ini tidak kalah menarik serta enak jika dibandingkan dengan bebek bakar atau jenis bebek goreng lainnya.

Anda bisa mendapatkan makanan ini dengan mudah karena beberapa restoran yang ada di Madura sudah menyediakan jenis kuliner satu ini. Bebek Songkem paling nikmat manakala disajikan bersama dengan sambal, lalapan serta nasi dalam kondisi hangat.

3. Lorjuk Madura

10 Makanan Khas Madura Jawa Timur Yang Nikmat dan Lezat Makanan

Nah kuliner ini merupakan jenis kerang dengan cangkang seperti bambu. Di Madura maka kerang kerap disajikan dalam beragam jenis camilan mulai dari rangginan lorjuk, tumis lojur, lorjuk goreng hingga beberapa macam camilan lainnya dengan menggunakan lorjuk sebagai bahan utamanya.

Lorjuk bisa ditemukan ketika laut sedang surut. Manakala sedang surut maka kerang ini akan terjebak dalam sedimen laut. Berbekal perlengkapan sederhana lorjuk bisa ditangkap dengan mudah. Terkait dengan rasanya, hmm sudah pasti nikmat.

4. Soto Madura

10 Makanan Khas Madura Jawa Timur Yang Nikmat dan Lezat Makanan

Bukan hanya sate saja yang terkenal sebagai hidangan dari Madura melainkan soto juga merupakan makanan khas Madura. Hampir semua daerah yang ada di Indonesia memiliki kuliner soto, akan tetapi setiap daerah memiliki cita rasa serta bahan yang unik dalam pembuatannya.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat soto Madura ini adalah ayam yang sudah ditambahkan dengan bumbu lainnya. Soto Madura akan semakin nikmat manakala disantap dengan nasi hangat kemudian taburan bawang serta juga kentang yang diiris tipis kemudian digoreng.

5. Topak Ladhe Bangkalan

10 Makanan Khas Madura Jawa Timur Yang Nikmat dan Lezat Makanan

Kuliner kelima ini biasanya disajikan manakala perayaan Idul Fitri, tepatnya ketika sedang hari raya ketupat. Topak Ladhe ini merupakan kuliner dari irisan daging, jeroan sapi serta telur.

Nah jeroan sapinya biasanya digantikan dengan daging ayam. Bukan hanya beragam jenis bahan daging melainkan juga diberi potongan kacang panjang serta potongan pepaya muda yang sebelumnya sudah dikukus terlebih dahulu.

Untuk penyajiannya, kuliner satu ini kerap dihidangkan bersama dengan potongan ketupat dia atas piring setelah itu diberi beragam jenis daging, aneka sayur setelah itu ditambahkan dengan topak ladhe. Nah untuk melengkapi bisa juga diberikan bubuk jagung halus atau sambal urap manis.

6. Nasi Serpang Madura

10 Makanan Khas Madura Jawa Timur Yang Nikmat dan Lezat Makanan

Nama kuliner satu ini masih terdengar asing ditelinga akan tetapi untuk masyarakat di Bangkalan makanan ini sudah cukup familiar. Sekilas nasi serpang ini tampilannya mirip dengan nasi campur.

Yang membedakan antara nasi serpang dengan nasi campur adalah pada campuran lauk pauknya serta kuah yang digunakan. Hidangan satu ini terdiri dari nasi hangat, telur asin, kerang, dendeng sapi, pepes tongkol udang, mie soun, tahu, kerupuk kulit yang dicampur dengan kuah santan, rempeyek kacang, dan yang tidak boleh ketinggalan adalah sambal terasi.

Nasi seprang kerap dibungkus dengan daun pisang serta kuliner satu ini banyak disajikan di kawasan Bangkalan.

7. Kaldu Kokot Madura

10 Makanan Khas Madura Jawa Timur Yang Nikmat dan Lezat Makanan

Makanan satu ini memiliki nama yang cukup unik. Bukan hanya namanya saja yang unik melainkan juga bahan yang digunakan juga cukup unik. Dalam Bahasa Jawa Kokot memiliki arti yaitu tulang sapi itu artinya bahan utama dari kuliner satu ini menggunakan tulang sapi yang lengkap dengan tulang sumsumnya juga.

Tulang sapi tersebut setelah itu dimasak dengan cara khusus serta menggunakan bumbu tertentu. Terkait dengan kuahnya, kaldu kokot menggunakan beragam jenis rempah serta tidak lupa ditambahkan kacang hijau di dalamnya.

Kaldu kokot memang cukup unik serta memiliki rasa yang gurih, untuk makannya bisa dengan menggunakan irisan lontong atau nasi yang masih hangat.

8. Rujak Corek Khas Madura

10 Makanan Khas Madura Jawa Timur Yang Nikmat dan Lezat Makanan

Rujak corek sangat nikmat manakala disantap saat siang hari. yang unik dari makanan satu ini yaitu bahan utamanya dengan menggunakan mentimun. Mentimun yang telah dicuci hingga bersih, kemudian dikupas kulitnya. Bagian dalam yang lembut kemudian “dicorek” atau dikeruk, dan dicampur dengan bumbu khusus yang ada di dalam cobek. Setelah diaduk rata dengan bahan bumbu, kemudian bumbu tersebut, dimasukkan ke dalam mentimun yang telah dikeruk dalamnya.

Sedangkan cara mengkonsumsinya adalah dengan menggigit sekaligus menyeruput kuah yang ada di dalam mentimun.

9. Tajin Sobeh Bangkalan Khas Madura

Tajin merupakan sebutan untuk makanan berjenis bubur sedangkan Sobin merupakan nama desa kecil yang ada di kabupaten Bangkalan. Tajin Sobeh Bangkalan kerap disajikan oleh para ibu-ibu berusia lanjut.

Kuliner satu ini memiliki banyak isian serta ada juga yang mirip dengan sumsum atau jenis lainnya. Nah tajin ini kemudian disimpan di atas daun pisang setelah itu diberi gula merah. Untuk rasanya yaitu manis serta gurih.

10. Soto Mata Sapi Khas Madura

10 Makanan Khas Madura Jawa Timur Yang Nikmat dan Lezat Makanan

Nah selain soto Madura ada juga soto mata sapu. Nah soto mata sapi ini sangat pas untuk nada. Seperti namanya soto mata sapi menggunakan mata sapi yang masih utuh serta lengkap dengan tulangnya.

Untuk kuah, soto ini, menggunakan bumbu tertentu. Cara menyajikannya adalah dengan, menggunakan nasi hangat, irisan daging sapi, dan disiram kuah soto mata sapi. Untuk rasa, kuliner yang satu ini, gurih dan hangat. Karena ditambah sambal yang sedikit pedas.

Lihat juga Makanan Khas Jawa Barat Yang Paling Enak

Itulah 10 makanan khas Madura yang bisa anda jadikan sebagai rekomendasi ketika sedang berkunjung ke Madura. Mana yang paling nikmat menurut anda? Yuk langsung cicipi satu persatu.

Tags: MAKANAN KHAS MADURA, 10 makanan khas madura, kue khas madura kabupaten bangkalan jawa timur, kuliner bangkalan, kuliner madura, makanan khas madura peret, nama nama masakan khas madura

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *